Fakta Tentang Buah Naga Merah, Putih, dan Kuning yang Jarang Orang Tahu. Bedanya Apa sih?

Jenis buah naga

Udah tahu kan kalau buah naga itu nggak cuma yang warnanya merah atau keunguan aja?

Buah eksotis yang masih satu keluarga dengan tanaman kaktus ini asalnya dari Amerika Latin, tapi sudah banyak dibudidayakan di Indonesia — yang iklimnya juga cocok untuk pertumbuhannya. Tapi tahukah kamu, kalau buah naga ini nggak cuma berwarna merah saja? Ada juga lo buah naga yang daging buahnya berwarna putih, bahkan kehitaman.

Advertisement

Sebenarnya apa sih bedanya? Kali ini Hipwee Tips bakal paparkan perbedaan buah naga merah, putih, dan kuning baik dari kandungan dan manfaatnya buat tubuh. Baca sampai tuntas, ya!

Buah naga dengan warna merah yang cerah mengandung antioksidan yang lebih tinggi ketimbang dua jenis lainnya

buah naga merah paling populer via meramuda.com

Buah naga merah memiliki kulit yang lebih tebal dengan sisik yang rapat. Ukurannya pun lebih besar daripada buah naga putih dan kuning. Keunggulan buah ini adalah kandungan antioksidan, kalsium, dan fosfornya yang tinggi yang bermanfaat untuk mencegah radikal bebas, kanker, dan penuaan dini. Bahkan, buah ini melindungi tubuh dari obesitas, penyakit hati, gula darah tinggi, dan penyakit jantung karena mengandung betasianin.

Rasanya memang nggak semanis buah naga merah, tapi buah naga putih mengandung vitamin C yang baik untuk kulit

buah naga putih rasanya nggak begitu manis via www.fruitbouquets.com

Buah naga putih cenderung berukuran lebih kecil, kulitnya berwarna merah cerah dengan sisik yang renggang. Karena rasanya agak asam dan sedikit mengandung gula alami, buah naga putih ini cocok untuk dikonsumsi penderita diabetes. Dagingnya yang berwarna putih juga kaya akan vitamin C dan antioksidan yang baik untuk kulit.

Advertisement

Buah naga dengan kulit yang berwarna kuning ini sama-sama punya daging buah putih di dalamnya, besarnya cuma segenggam tangan aja

buah naga kuning langka di pasaran via bobo.grid.id

Warna kuning yang dimaksud adalah pada bagian kulit (dan sedikit berduri), sedang daging buahnya berwarna putih. Bedanya, buah naga satu ini rasanya sangat manis meski ukurannya paling kecil dari ketiga jenis buah naga yang sedang kita bahas. Vitamin A dalam buah naga kuning juga lebih banyak, sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Harga buah naga kuning tergolong mahal karena masih belum banyak yang membudidayakannya.

Meski tampilan, rasa, dan kandungan di dalam ketiga buah naga ini berbeda-beda, semuanya layak dikonsumsi karena baik untuk menunjang asupan serat dan vitamin dalam tubuhmu. Kalau sudah pernah mencoba semuanya, buah naga mana yang paling kamu suka?

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

salt of the earth, light of the world

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE