Menginap di hotel sudah menjadi kebutuhan hampir semua orang, khususnya mereka yang sedang dinas ke luar kantor atau pun traveling. Beberapa aktivitas harian, seperti tidur, mandi dan makan pun dilakukan di dalam kamar hotel. Untuk menunjang aktivitas tersebut, pihak manajemen tentu sudah menyediakan peralatan khusus di dalam kamar hotel. Salah satunya adalah handuk atau towel. Asal kamu tahu, nggak semua handuk yang tersedia di hotel itu digunakan untuk mengeringkan tubuh setelah mandi. Khususnya di hotel mewah, biasanya disediakan berbagai jenis handuk yang punya fungsi masing-masing.

Nah, daripada salah pakai, yuk cari tahu jenis dan fungsi masing-masing handuk yang disediakan di kamar hotel berbintang berikut ini!

1. Handuk yang paling kecil dan letaknya ada di meja wastafel atau kabinet itu namanya wash cloth

itu lo yang ada di samping sabun-sabun via ru.ivigorhk.com

Advertisement

Wash cloth merupakan handuk kecil yang biasanya berbentuk persegi. Handuk ini biasanya diletakkan di meja wastafel atau kabinet bersamaan dengan sederetan amenities atau perlengkapan mandi lainnya di kamar mandi. Handuk ini fungsinya sama dengan spons, bisa untuk membersihkan wajah atau untuk seluruh badan.

Cara memakainya adalah dengan meneteskan sabun pada handuk yang sudah dibasahi, baru kemudian diusapkan ke tubuh atau untuk mencuci wajah saja. Menggunakan wash cloth dianggap lebih efektif untuk mengangkat sel kulit mati, ketimbang hanya mengusapkan sabun ke kulit saja.

2. Beda lagi dengan hand towel yang fungsinya untuk mengeringkan tangan setelah dicuci di wastafel

biasanya digantung atau diletakkan di atas wastafel via arcovis.com

Seperti namanya, handuk ini digunakan untuk mengeringkan tangan setelah mencucinya. Biasanya berbentuk persegi panjang, tapi nggak terlalu lebar dan tergantung di dekat wastafel. Hand towel juga bisa dipakai untuk mengeringkan tangan setelah mencuci muka atau kapan pun tanganmu basah dan butuh dikeringkan. Kalau sudah dipakai untuk mengeringkan tangan, jangan dipakai untuk wajah lo, ya.

3. Nah, kalau bath towel yang ukurannya cukup besar baru dipakai untuk mengeringkan setengah badan dan rambut setelah mandi

ini buat rambut atau tubuh bagian atas via www.westinstore.cn

Advertisement

Handuk ini berbentuk persegi panjang dengan ukuran sedang, biasanya terlipat rapi dan diletakkan di rak gantungan baju dan handuk di dalam kamar mandi. Handuk ini gunanya untuk mengeringkan rambut setelah selesai keramas dan badan bagian atas. Duh, ribet banget. Terus handuk yang buat keseluruhan badan yang mana coba?

4. Bath sheet ini yang paling lebar, ini lo yang bisa dipakai untuk membungkus seluruh badan setelah mandi

bath sheet yang paling besar dan tebal via ru.ivigorhk.com

Handuk ini berguna untuk mengeringkan seluruh badanmu setelah mandi. Baiknya jangan pakai handuk super lebar ini untuk mengeringkan rambutmu karena bakal lama keringnya dan kesulitan memakainya lagi nanti. Biasanya, pihak manajemen menyediakan 2 buah bath sheet untuk satu kamar. Jadi, nggak perlu bingung kehabisan handuk kalau ingin membungkus badan selepas mandi, atau jika kamu membawa teman menginap dalam satu kamar.

5. Kadang disediakan juga bath robes atau jubah mandi biar kamu nggak kerepotan melingkarkan handuk setelah mandi. Tinggal pakai kayak baju

langsung pakai kayak baju via www.cpallavirao.com

Beberapa hotel, terutama yang bintangnya udah banyak juga menyediakan bath robes atau jubah mandi. Bahannya lembut sehingga bisa cepat mengeringkan badan setelah dipakai. Bisa digunakan setelah selesai mandi atau berenang. Jubah mandi jenis ini biasanya juga dilengkapi dengan kerah dan ikat pinggang. Kalau kamu sempat menikmati spa di hotel, juga bakal menggunakan jubah ini.

6. Sama-sama berbentuk seperti handuk, bath mat ini bukan dipakai buat badan lo, tapi buat keset. Perhatikan, ya!

Ini buat keset lo ya! via travelingyuk.com

Bath mat ini bentuknya juga persegi panjang, tapi ukurannya sedikit lebih lebar dari hand towel. Biasanya diletakkan di atas kloset atau udah ada di lantaiIngat, handuk ini bukan untuk tangan atau badan, tapi untuk diletakkan di lantai kamar mandi untuk menghindari terpeleset karena lantai yang basah. Beberapa hotel membuat bath mat dengan warna yang berbeda, tapi banyak juga yang menyediakan semua handuk dengan satu warna saja. Makanya, jangan sampai keliru lo ya!

Gimana, sudah tahu kan sekarang jenis handuk hotel dan masing-masing fungsinya? Jadi, jangan sampai keliru lagi lo. Nah, kalau kamu pengen minta ganti handuk yang dengan yang baru, cukup letakkan handuk kotormu di lantai, maka petugas kebersihan hotel akan menggantinya saat membersihkan kamarmu. Semoga bermanfaat!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya