Cara Menghilangkan Jerawat Punggung Lewat Kebiasaan Hingga Pakai Sabun Khusus. Dijamin Alus!

Jerawat punggung

Kehadiran jerawat punggung sering tak disadari karena lokasinya yang berada di bagian belakang tubuh. Sama seperti di wajah, jerawat punggung pun bisa meninggalkan bekas hitam jika tak ditangani dengan benar. Umumnya, jerawat punggung disebabkan oleh penumpukan sebum dan sel kulit mati yang menyumbat folikel atau pori-pori kulit. Hal ini biasa terjadi karena kadar hormon yang nggak stabil.

Advertisement

Sebenarnya jerawat punggung karena hormon saja tak bisa menimbulkan peradangan yang serius. Tapi jika kamu melakukan kebiasaan yang bisa memicu penyebabnya, jerawat punggung akan lebih sering muncul dan bahkan meninggalkan bekas.  Berikut beberapa faktor penyebab jerawat punggung dan beberapa cara mengatasinya.

Penyebab jerawat punggung yang banyak dialami

1.  Seprai yang kotor dan jarang dicuci

seprai kotor via www.infia.co

Seprai sering jadi tempat berkumpulnya kuman dan bakteri yang bisa memicu jerawat punggung. Untuk mencegahnya, cucilah seprai tiap satu minggu sekali.

Advertisement

2. Pakaian yang terlalu ketat dan dipakai terlalu lama

kaus ketat via www.elle.com

Pakaian ketat bisa memicu jerawat punggung dan dada karena kulit jadi kesulitan bernapas. Tentunya, hal ini bisa memicu keringat lebih banyak dan membuat sebum menumpuk di pori-pori kulit.

Advertisement

3. Faktor gesekan, seperti penggunaan tas punggung atau alat olahraga

pakai tas punggung via asia.nikkei.com

Ternyata gesekan mekanis ini bisa menstimulasi kelenjar yang memicu jerawat punggung. Walau tak berbahaya, namun hal ini tetap harus diwaspadai.

Selain tiga hal di atas, jerawat punggung juga dapat disebabkan oleh faktor genetik maupun penggunaan obat tertentu. Tapi tak perlu khawatir, karena jerawat punggung bisa dicegah dan juga disembuhkan jika belum mengalami peradangan serius.

Salah satu cara mencegah jerawat punggung dan lengan ialah dengan melakukan kebiasaan sederhana berikut

1. Mandi setelah berolahraga 

mandi setelah olahraga via blackdoctor.org

Keringat yang menempel di punggung terlalu lama bisa memicu sebum dan menyebabkan jerawat muncul. Untuk mencegahnya, segeralah mandi setelah berolaharaga tapi tunggu sampai suhu tubuh mulai turun agar tak mengalami masalah kesehatan lain.

2. Jauhkan rambut dari punggung

ikat rambut via www.allthingshair.com

Rambut turut berkontribusi dalam penambahan minyak dan kotoran di bagian belakang tubuh. Makanya, jika rambutmu cukup panjang, cobalah ikat dan keramas lebih sering agar tak memicu jerawat punggung.

3. Kenakan pakaian yang longgar dan menyerap keringat 

pakai kaus longgar via www.aliexpress.com

Pakailah kaus berbahan katun yang lebih longgar agar penumpukan keringat tak memperparah jerawat punggungmu. Khusus cewek, pilih atau atur tali bra sedikit lebih longgar agar kulit punggung bisa bernapas.

4. Lakukan eksfoliasi punggung 

scrub punggung via www.eviama.com

Sel kulit mati yang menumpuk dan menyumbat pori mesti dibersihkan dengan scrub agar tak jadi jerawat punggung. Makanya, kamu disarankan buat melakukan eksfoliasi satu minggu sekali dengan scrub untuk jerawat punggung berbutiran halus sebagai tindak pencegahan.

5. Gunakan tabir surya di punggungmu 

pakai tabir surya via www.fox47news.com

Terutama jika kamu sering melakukan aktivitas luar ruangan dengan pakaian terbuka. Namun, pastikan untuk memilih tabir surya yang bebas minyak dan memiliki tekstur ringan agar tak menyumbat pori-pori.

Kalau jerawat punggung terlanjur muncul, coba sembuhkan dengan menggunakan beberapa produk untuk menghilangkan jerawat punggung berikut

Tak perlu khawatir, jerawat punggung bertahun-tahun bisa dihilangkan dengan menggunakan produk yang mengandung Benzoil peroksida, retinoid, Asam alfa hidroksi, dan antibiotik. Biasanya, obat ini akan diresepkan dokter jika jerawat punggungmu mulai meradang. Bahkan dokter akan memberimu pil kontrasepsi untuk mengontrol hormon dan membuat produksi minyak menurun. Namun jika ternyata jerawat punggungmu belum begitu meradang, coba obati dulu dengan menggunakan produk berikut.

1. Some by Mi jerawat punggung varian AHA/BHA/PHA 30 Days Miracle Cleansing Bar

Sabun Some by Mi via www.tokopedia.com

Sesuai namanya, produk ini mengandung tiga jenis asam yang bisa mengangkat sel kulit mati, membersihkan pori-pori, serta menghilangkan kemerahan pada kulit. Sabun jerawat punggung dari Negeri Gingseng ini bisa dibeli di sini dengan harga 130 ribu.

2. Dettol Anti Bacterial Original Bodywash

sabun Dettol via shopee.co.id

Sabun Dettol untuk jerawat punggung ini memiliki kandungan pH seimbang yang nggak bikin kulit jadi kering. Produk ini bekerja dengan mengangkat kuman dan kotoran di permukaan kulit agar tak jadi pemicu jerawat di punggungmu. Sabun untuk jerawat punggung ini bisa dibeli di sini.

Selain sabun, gunakan juga bedak untuk jerawat punggung atau bahkan obat jerawat punggung di apotik Kimia Farma. Berikut rekomendasi produknya.

1. Bedak Herocyn

bedak Herocyn via www.bukalapak.com

Berkat kandung Srecip sulphur dan Salicylic acid di dalamnya, jerawat punggung gatal bisa diredakan dengan menaburkan bedak ini. Meski sebenarnya produk ini tak bisa menghilangkan jerawat punggung tapi setidaknya ini bisa dipakai untuk meringakankan gejalanya. Jika berminat, produk ini bisa dibeli di sini.

2. Nourish Beauty Care Acne Gel

obat jerawat Nourish Acne Gel via shopee.co.id

Obat jerawat yang sering digunakan pada wajah ini ternyata juga pada dipakai untuk punggungmu lo! Tak cuma mengeringkan jerawat, produk ini juga bisa mencegah peradangan dan mempercepat regenerasi kulit berkat kandungan Sіlanedіol salіcylate dan Hydrolyzed collagen di dalamnya. Acne gel ini bisa didapatkan di sini.

Ada pula bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi jerawat punggung. Bisa dicoba sebagai alternatif pertama lo!

1. Cuka apel 

pakai cuka apel via www.omninatural.co.uk

Bersifat anti inflamasi dan anti bakteri, cuka apel dapat menghambat peradangan pada punggung yang berjerawat. Bahkan bahan ini juga dapat menyeimbangkan kadar pH kulit sehingga terbebas dari masalah iritasi lainnya. Nah, begini cara memanfaatkan cuka apel untuk mengobati jerawat punggung.

Campur satu sendok cuka apel dengan segelas air putih, kemudian usap ke area punggung yang berjerawat. Diamkan 10 menit lalu bilas dengan air hangat dan oleskan pelembap setelahnya.

2. Tea Tree Oil (minyak pohon teh)

pakai tea tree oil via www.theclearskinessentials.com

Minyak esensial ini memiliki sifat antiseptik dan antiinflamasi alami yang bisa menembus ke dalam kulit dan membantu mengeringkan jerawat dengan cepat. Bahkan, minyak ini juga dapat mengurangi peradangan seperti kemerahan maupun bengkak. Begini cara mudah menggunakannya.

Teteskan tea tree oil di atas kapas kemudian oles ke area punggung yang berjerawat. Diamkan selama 15 sampai 20 menit lalu bilas dengan air hangat. Lakukan rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Madu

Berperan sebagai antibiotik dan antibakteri alami, madu dapat mengurangi jerawat di punggung dan mencegah infeksi lainnya. Pemakaian madu untuk jerawat pun cukup mudah.

Oles madu ke area punggung yang berjerawat dan diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air hangat lalu ulangi proses ini dua sampai tiga kali sehari.

Beberapa orang sering khawatir saat jerawat punggungnya melebar ke dada. Tapi sebenarnya, kamu pun tak perlu begitu khawatir kalau nggak mengalami gejala lainnya. Namun jika ingin memastikan, segera konsultasi ke dokter atau layanan medis terdekat untuk mendapatkan diagnosis maupun saran penyembuhan yang tepat.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE