6 Trik Mengakali Kamar Mandi Tanpa Ventilasi Biar Nggak Lembap, Pengap, dan Tetap Wangi

Kamar mandi tanpa ventilasi

Sebagai ruangan di dalam rumah yang paling sering digunakan selain kamar tidur, kamar mandi perlu perhatian khusus. Keluhan yang sering muncul adalah kamar mandi yang lembap, pengap, dan bau. Terlebih kalau kamar mandi ini nggak punya ventilasi yang menunjang sirkulasi udara. Kalau nggak segera diatasi, bau dari kamar mandi bisa menyebar ke semua bagian rumah.

Advertisement

Nah, lalu gimana kalau desain kamar mandinya sudah mentok dan nggak memungkinkan untuk diutak-atik lagi atau direnovasi? Terapkan trik-trik di bawah ini agar kamar mandi tanpa ventilasi di rumahmu nggak bikin lembap, pengap, atau bau dan menyebar ke ruangan sekitarnya.

1. Untuk menjaga kebersihan kamar mandi, pisahkan area kamar mandi yang kering dan basah

pisahkan area kering dan basah via www.smartsrl.net

Pemisahan area ini bertujuan agar nggak semua lantai kamar mandimu basah dan menjaga kamar mandi tetap bersih dan minim kelembapan. Jika memungkinkan, pasang tirai pada area shower atau area yang digunakan untuk mandi. Sementara area yang berdekatan dengan kloset dan wastafel dibiarkan tetap kering.

Dengan begitu, kamar mandi tanpa ventilasi akan lebih bersih dan nyaman untuk digunakan.

Advertisement

2. Pasang exhaust fan untuk mengatasi bau yang terjebak di kamar mandi dan menetralkan sirkulasi udara

pasang exhaust fan via www.texaskoa.com

Exhaust fan ini akan menjaga sirkulasi udara di dalam kamar mandi tetap lancar sehingga menghalangi bau yang terjebak. Alat ini juga bikin kamar mandi nggak terlalu panas sehingga lebih nyaman untuk digunakan. Nah, akan lebih efektif lagi jika kamu menggunakan heater atau alat pemanas agar kamar mandi cenderung nggak lembab dan cepat kering setelah digunakan.

3. Letakkan tanaman hijau untuk mengurangi kepengapan dan mempercantik tampilan kamar mandi

letakkan tanaman hias via www.homedit.com

Kamar mandi tanpa ventilasi biasanya cenderung pengap. Maka, cobalah meletakkan tanaman hijau di area kamar mandi untuk mengatasinya. Tanaman ini juga bisa difungsikan sebagai hiasan dan memberi kesan kamar mandi yang asri. Kamu bisa menanam beberapa tanaman yang ampuh memperlancar sirkulasi udara seperti lidah mertua, anggrek, atau sirih gading.

4. Sebagai cadangan, kamu bisa gunakan produk penyerap kelembapan yang bisa didapatkan di toko-toko terdekat

alat penyerap kelembapan via www.amazon.com

Memang nggak mudah menghilangkan bau dan kelembapan pada kamar mandi yang tanpa ventilasi. Jika dengan 3 cara sebelumnya, masalah kamar mandimu ini belum teratasi juga, cobalah menggunakan produk penghilang kelembapan pada kamar mandi. Produk ini biasanya diletakkan pada bagian dekat langit-langit sehingga bau kamar mandi nggak terlalu menyengat.

Advertisement

5. Pasanglah cermin di kamar mandi untuk menciptakan ilusi ruangan yang lebih luas dan lebih terang

menaruh cermin via atap.co

Cermin sangat membantu dalam memberikan efek visual yang luas pada kamar mandi. Selain itu, cermin juga memberikan efek  terang karena bisa memantulkan cahaya. Tempatkan cermin pada bagian bawah sebelah kanan atau bagian atas sumber cahaya untuk menciptakan efek terang pada kamar mandi. Kamu pun bisa memasang cermin panjang pada salah satu dinding atau dua cermin sekaligus pada sudut yang berlawanan.

6. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan kamar mandi setiap harinya untuk meminimalisir bau kurang sedap yang menyengat

membersihkan rutin via www.youtube.com

Kamar mandi tanpa ventilasi yang cukup sempit dan nggak ada akses langsung dengan udara luar, baiknya selalu dibersihkan secara teratur. Ini adalah langkah yang sangat baik untuk mencegah kotoran menumpuk dan pada akhirnya menyebabkan bau pada kamar mandi. Hindari menggantung handuk atau pakaian di dalam kamar mandi, letakkan saja terpisah di bagian luar.

Nah, jika trik-trik di atas sudah kamu terapkan, niscaya kamar mandimu yang tanpa ventilasi itu nggak akan mudah lembap, pengap, dan memunculkan bau yang nggak sedap lagi. Selamat mencoba, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

salt of the earth, light of the world

CLOSE