Semakin hari, lembaga kursus bahasa Inggris semakin menjamur saja. Memang, tuntutan untuk fasih dalam bahasa asing semakin tinggi juga. Tak hanya dari segi profesional, namun juga dari kehidupan sehari-hari.

Tapi untuk lancar berbahasa Inggris, kita nggak harus kursus ini-itu, kok. Layaknya skill yang lainnya, bahasa Inggris juga bisa kita pelajari dengan mandiri. Syaratnya hanyalah stok kesabaran dan ketekunan yang tinggi. Tak usah menghabiskan uang untuk kursus, 7 cara ini juga bisa membuat bahasa Inggrismu meningkat terus!

1. Demi listening skill yang tajam, plester bagian bawah TV-mu dengan lakban. Pastikan juga subtitle di laptopmu sudah dinonaktifkan.

TV dilakban via www.octanecreative.com

Advertisement

Melatih kemampuan listening-mu sebenarnya mudah saja. Salah satu caranya adalah dengan menyingkirkan subtitle dari layar kaca serta laptop yang kamu punya. Dengan begini, kamu jadi “terpaksa” mendengarkan para aktor atau bintang tamu di layar kaca dengan lebih seksama. Awalnya mungkin memang bikin kewalahan, tapi lama-lama telingamu akan makin terbiasa.

Aktivitas ini menuntut kesabaran tinggi. Jangan langsung menyerah jika ada kalimat yang sulit dimengerti. Pause dan replay bagian itu berkali-kali sampai kamu akhirnya berhasil menangkap apa yang dibicarakan. Kalau perlu, mintalah bantuan teman yang lebih jago berbahasa Inggris. Dia bisa menjelaskan kalimat-kalimat yang sulit kamu tangkap, sampai akhirnya kemampuan listening-mu layak disebut meningkat.

2. Beli notebook mungil nan unyu untuk diary. Tulis curhatanmu dalam bahasa Inggris di sini setiap hari

Menulis adalah cara paling efektif untuk membuatmu sadar pada kendala dan keterbatasanmu dalam berbahasa Inggris. Tapi tak hanya itu, kamu juga akan terlatih untuk menciptakan cara agar keterbatasan-keterbatasan ini tidak menghalangimu dalam berkomunikasi.

Advertisement

“Hmm… gimana kalau aku tulis kalimat yang lebih sederhana? Kalau “I don’t have money” ‘kan bisa juga tuh?”

(Saat mau menulis “Saya sedang bokek” tapi kamu nggak tahu bahasa Inggris-nya ‘bokek’.)

Kamu tak harus membuat karya tulis yang serius. Tuliskan saja curhatan sehari-harimu dalam sebuah diary khusus. Supaya kamu bersemangat menulis, belilah buku catatan yang mungil dan cantik. Setiap malam sebelum tidur, isilah 1-2 halaman buku catatan itu dengan apa saja yang terjadi di hari yang sama.

“I woke up really late today, thanks to my sister who pranked me and turned my morning alarm off.

Had to run to make it to the office on time. Now thinking about how I should prank my sister back…”

3. Follow akun-akun yang fokus memberi tips berbahasa Inggris. Dengan ini, skill-mu akan terasah secara gratis!

Belajar dari Twitter via twitter.com

Twitter adalah media sosial terbaik yang ada saat ini untuk mengakses berita dan informasi. Di Twitter, kamu juga bisa menemukan banyak akun yang fokus memberi tips dalam berbahasa Inggris. Misalnya saja:

Tak hanya grammar, akun-akun di atas juga sering membagikan kata baru atau vocab yang sangat berguna untuk sehari-hari. Mereka juga rutin mengulas kesalahan-kesalahan umum dalam berbahasa Inggris agar kita tak terjebak pada kesalahan yang sama. Dijamin, kamu nggak akan menyesal sudah follow mereka.

4. Tak ada salahnya mempelajari asal-usul kata. Dengan teknik ini, kamu bisa tahu arti kata baru bahkan sebelum membuka kamusmu

Belajar asal-usul kata bisa banyak berguna via www.swelnus.com

“Kata yang ada unsur ‘mal’-nya itu pasti artinya jelek, deh. ‘Malfunction’, ‘malpractice’, ‘malware’. ‘Mal’ itu ‘kan artinya ‘salah’ atau ‘sakit’, dari bahasa Prancis.”

“Kalau ‘break’ itu ‘kan artinya pecah atau putus. Berarti ‘break up’ itu putus hubungan, ‘kan?”

Mempelajari asal-usul kata bisa sangat membantumu saat ingin mengetahui arti suatu kata baru. Tak hanya itu, teknik ini juga sangat membantu meningkatkan skor TOEFL dan IELTS-mu.

Tak perlu sampai harus menghafal akar kata layaknya sarjana bahasa. Kamu hanya perlu memfamiliarkan diri dengan unsur-unsur pembentuk kata yang umum ditemui dalam bahasa Inggris. Misalnya ‘mal-‘, ‘dis-‘, atau ‘trans-‘. Dengan mengetahui arti unsur-unsur kata ini, kamu bisa memperkirakan makna kata asing yang dibentuknya bahkan sebelum membuka kamus.

5. Mau bahasa Inggrismu terdengar lebih alami? Memilih swear words atau umpatan yang tepat adalah kunci

Damn! via Twitter.com

Kata Ibu, mengumpat itu tidak baik. Ehem — tapi tahu nggak sih alau kamu sebenarnya bisa belajar bahasa Inggris dari umpatan alias swear words? Dalam situasi dan kondisi yang tepat, swear words sebenarnya bisa menunjang pesan dan memperkuat emosi dalam kalimat yang kamu sampaikan. Bahasa Inggrismu juga akan terdengar lebih alami karena orang native pun pada kenyataannya sering menggunakan swear words.

Supaya tidak vulgar, gunakan swear words yang masih termasuk “aman” saja. Contohnya:

  • ‘Damn’ (buat mengekspresikan emosi marah, kesal, atau malah kekaguman)
  • ‘Dang’ (‘damn’ versi lebih informal)
  • ‘Holy cow!’
  • ‘Mothersmucker!’
  • ‘Oh, man…’
  • ‘Geez…’

6. Bikin hobimu “go international”. Manfaatkan forum online untuk bertemu sesama penghobi dari luar negeri — sekaligus melatih bahasa Inggrismu sehari-hari

Manfaatkan forum seperti Reddit via reddit.com

Entah itu manga, buku, atau fotografi, setiap orang pasti punya hobi. Daripada hanya kamu tekuni di dalam kamar, kenapa tidak bawa saja hobimu “go international”? Misalnya kamu suka segala hal berbau fotografi. Cobalah bergabung dengan salah satu forum internasional berbahasa Inggris yang banyak terdapat di internet. Lewat sini, kamu bisa berinteraksi dengan fotografer dari seluruh dunia dan bertukar ilmu. Selain skill fotografimu akan berkembang, kamu juga bisa melatih kemampuan bahasa Inggris lewat interaksimu dengan mereka. Sekali mendayung, dua-tiga pulau terlampaui!

7. Traktir dirimu makan enak setiap tak sengaja melakukan kesalahan berbahasa yang fatal. Dengan begini, “takut salah” takkan menghalangi usahamu untuk belajar

traktir makan es krim

Selama masih belajar, kita sering takut melakukan kesalahan dan terlihat konyol di depan teman-teman. Padahal, melakukan kesalahan adalah cara paling cepat untuk menguasai bahasa Inggris. Kalau kita takut salah terus, kapan belajarnya?

Jadi supaya kamu tidak takut melakukan kesalahan lagi, cobalah lakukan hal baik untuk diri sendiri tiap kamu melakukan kesalahan fatal. Contohnya nih:

  1. Salah tenses–> traktir dirimu sebotol minuman di minimarket
  2. Salah pronunciation fatal, sampai teman bicaramu gagal mengerti –> traktir dirimu makan siang enak

Silakan diutak-atik saja, dan sesuaikan dengan budget yang kamu punya. Pokoknya, jangan sampai bahasa Inggrismu stuck di level itu-itu saja karena kamu takut melakukan kesalahan berbahasa. 🙂

Belajar bahasa Inggris tak harus lewat lembaga kursus, kok. Justru bisa jadi, cara yang paling efektif adalah dengan mempelajarinya secara mandiri. Semoga 7 tips di atas bisa membantu menjadikan bahasa Inggrismu semakin lancar. Pasti bisa kok, asal kamu selalu punya stok kesabaran!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya