Usia yang kian bertambah idealnya disertai dengan perilaku yang makin dewasa. Apalagi jika dilengkapi dengan keahlian-keahlian khusus yang bikin kamu lebih mandiri. Malahan kamu jadi nggak tergantung dengan orang lain lagi.

Walau mungkin butuh waktu supaya bisa melakukannya, nantinya kamu bakal bersyukur karena suatu saat bisa mumpuni dalam hal-hal tertentu. Toh, di kemudian hari akan banyak tantangan hidup yang membuatmu memerlukannya. Makanya, cek 9 keahlian berikut ini biar kamu lebih mandiri dan nggak perlu mengandalkan orang lain ke depannya nanti.

1. Perencanaan bujet tiap bulan itu penting banget. Bukannya kamu kelak bakal berumah tangga?

coba dari sekarang bikin budget via unsplash.com

Advertisement

Jangan sepelekan perencanaan bujet tiap bulannya. Karena kelak hidupmu harus berbagi dengan pasangan, anak, dan keluarga besar. Jadi, sebaiknya mulailah belajar menyusun bujet dari sekarang agar nanti terbiasa mengatur keuangan.

2. Belajar bilang ‘tidak’ atau berani menolak sesuatu jika nggak sesuai dengan nilai-nilai yang kamu pegang

belajar bilang “nggak” via unsplash.com

Siapa sangka kalau kata singkat seperti ‘tidak’ ternyata sulit diungkapkan banyak orang. Apalagi bagi mereka yang orangnya nggak enakan. Ujung-ujungnya dirimu sendiri yang bakal merasa berat melakukannya.

3. Latih diri untuk belajar menerima kritik dari orang lain biar jadi pembenahan untukmu di masa depan

menerima kritik via unsplash.com

Dalam menjalani hidup, kamu akan menghadapi banyak orang dari latar belakang yang berbeda. Tentu nggak semua orang bakal ada di pihakmu atau menyetujui apa pun opinimu. Coba latih diri untuk menerima kritik dari orang lain dan jadikan itu sebagai pembenahan ke depannya.

4. Memahami konsekuensi pada tiap apa yang kamu pilih dan lakukan

memahami konsekuensi via www.pexels.com

Advertisement

Mau nge-gym konsekuensinya keluar biaya lumayan, mau nongkrong sampai larut malam bakal kurang tidur. Atau mau pindah kerja, maka harus rela mulai lagi adaptasi di lingkungan baru.

Biasanya, makin dewasa kamu, maka akan makin banyak kesempatan yang bisa kamu coba dibanding semasa sekolah dulu. Dengan usia yang makin bertambah, kamu harus tahu konsekuensi yang didapatkan dari apapun yang kamu pilih dan lakukan.

5. Pahami table manner dengan baik. Siapa tahu bisa berguna buat jenjang karier

table manner itu perlu lo via unsplash.com

Table manner sering dipandang nggak begitu penting lantaran yang utama adalah momen makan-makannya. Tapi, table manner cukup bermanfaat dan dapat berguna di dunia kerja saat kamu bertemu klien atau orang-orang penting. Terutama untuk memberikan impresi. Siapa tahu bisa memengaruhi jenjang kariermu, kan?

6. Pahami kebijakan asuransi kesehatan deh. Jangan asal ikutan saja

ikut asuransi dan memahaminya via www.aarp.org

Asuransi kesehatan perlu banget kamu punya. Selain buat jaga-jaga, kamu pun jadi lebih tenang untuk menghadapi masa depan. Namun, kamu perlu teliti seperti harus memahami maksud kebijakan tiap asuransi kesehatan. Dengan memahami kebijakannya, kamu jadi tahu plus-minus yang harus dipertimbangkan.

7. Tentukan kebahagiaanmu sendiri. Salah satu hal yang nggak mudah dilakukan nih!

temukan kebahagiaanmu sendiri via www.pexels.com

Sadar nggak kalau menentukan kebahagiaan sendiri itu nggak mudah? Kamu kerap meminta pendapat orang lain lantaran nggak cukup percaya diri untuk melakukannya. Yakinlah bahwa kamu punya kendali atas diri sendiri, jadi harus bisa menentukan dirimu bisa bahagia karena apa.

8. Pertolongan pertama yang bisa berguna sekali saat situasi darurat

pertolongan pertama dasar via www.pexels.com

Ketika berada dalam situasi darurat, nggak ada salahnya kamu pelajari teknik pertolongan pertama. Nggak cuma saat itu saja, nantinya juga bakal berguna saat berkeluarga. Cara ini bisa bantu kamu lebih tenang ketika sedang menghadapi situasi darurat.

9. Belajar jahit kancing biar nggak perlu sebentar-bentar ke tukang jahit

belajar jahit kancing baju via pixabay.com

Mau pengeluaranmu jadi lebih hemat? Coba deh belajar jahit yang gampang kayak kancing baju. Ya, maklum saja karena kancing baju gampang banget copotnya. Daripada ke tukang jahit, mending kamu jahit sendiri ya, kan?

Kalau mau beneran jadi orang ‘dewasa’, maka kamu harus bersedia menyempatkan waktu buat belajar keahlian yang nggak diajarkan di bangku sekolah tadi. Bukan untuk kepentingan di masa-masa sekarang saja kok manfaatnya, tapi di kemudian hari juga. Biar lebih mandiri dan nggak ngandelin orang lain lagi.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya