Perbelanjaan dapur menjadi salah satu aspek yang menghabiskan cukup biaya. Bagaimana tidak, hampir setiap hari kita menggunakan barang di dapur untuk keperluan memasak, makan, dan yang lainnya. Padahal, memasak merupakan kegiatan rumah tangga utama yang paling sering dilakukan untuk memenuhi asupan tubuh.

Nah, supaya uangmu nggak cepat habis karena melakukan kesalahan dalam mengelola kebutuhan dapur, berikut beberapa hal yang perlu kamu hindari.

1. Niat hati pengen diet dengan menyediakan makanan yang sehat-sehat, tapi kantong malah sekarat

atur bujet diet via tabloidpeluangusaha.com

Advertisement

Kebanyakan makanan untuk diet lebih mahal daripada makanan biasa. Makanya, pilihlah diet yang disesuaikan dengan bujetmu. Nggak perlu muluk-muluk, yang ada asupan dietmu nanti malah berhenti di tengah jalan lantaran nggak sanggup bayar, kan sayang~

2. Kecanduan delivery makanan setiap hari karena malas masak

jangan sering pesan makan di luar via tubikstudio.com

Menurut penelitian, memesan makanan bisa membuatmu lebih boros lima kali lipat. Meski ada promo sekalipun, kamu tetap akan jadi implusif setelahnya. Hal ini juga berlaku untuk pemesanan bahan makanan yang digunakan untuk masak sehari-hari lo!

3. Membeli bahan baku siap masak juga bisa bikin pengeluaran dapurmu membengkak

mending belanja di pasar via tubikstudio.com

Membeli sayur yang sudah dipotong dan siap masak justru bikin pengeluaranmu meningkat lo! Dengan membeli sayuran utuh yang belum dipotong, kamu justru bisa menggunakan seluruh bagiannya untuk dimasak. Kan, jadi irit!

4. Jika ingin lebih hemat, kamu wajib menyimpan bahan masakanmu dengan tepat

simpan yang benar via blogunik.com

Advertisement

Banyak orang yang hingga saat ini belum tahu cara menyimpan bahan makanan dengan benar. Kalau sudah begini, bahan makanan justru jadi cepat basi dan busuk sehingga nggak bisa digunakan lagi.

5. Setelah berbelanja, jangan buang plastik yang diberikan pembeli untuk tempat belanjaanmu

bawa kantung belanja via www.ayocirebon.com

Dewasa ini, hampir semua swalayan bikin aturan untuk membeli kantong belanjaan. Supaya nggak boros, kamu bisa menyimpan kantong bekas belanjaanmu untuk dipakai belanja lagi lo! Meski nggak seberapa, tapi hal ini bisa membuatmu jauh lebih hemat.

6. Nggak memanfaatkan freezer dengan maksimal juga menjadi salah satu hal yang bikin kamu jadi lebih boros

simpan di freezer via www.thespruceeats.com

Beberapa makanan yang bisa dibekukan baiknya kamu simpan dalam freezer supaya lebih awet dan bisa digunakan kembali. Misalnya saja, jus buah yang ingin kamu buat smoothie agar lebih awet dan nggak mudah busuk.

7. Mendadak beli bahan makanan setiap kali ingin makan juga menjadi penyebab pengeluaranmu membengkak

belanja sekalian via www.teras.id

Kalau ingin lebih hemat, belilah bahan makanan langsung banyak sekaligus. Hal ini dilakukan supaya kamu nggak perlu bolak-balik belanja dan jadi lebih impulsif.

8. Saat ada sisa makanan, baiknya nggak langsung kamu buang begitu saja

jangan langsung dibuang via medium.com

Daripada membuang, kreasikan beberapa sisa makanan menjadi makanan lain yang layak konsumsi. Banyak kok varian makanan yang bisa kamu coba. Namun, tetap perhatikan dulu keutuhan gizinya, ya!

9. Makan banyak daging juga bisa bikin pengeluaranmu membengkak lo!

kurangi daging via www.youtube.com

Biaya makan yang dikeluarkan untuk beli daging ternyata jauh lebih mahal daripada untuk beli sayur. Bahkan, penelitian pun menemukan, dengan mengurangi konsumsi daging setiap tahun, kamu bisa berhemat hingga belasan juta lo!

10. Kalau ingin lebih hemat, belilah produk makanan sesuai musimnya. Terutama untuk buah-buahan, ya!

belanja buah dimusimnya via www.youtube.com

Buah yang dijual di luar musim biasanya memiliki harga yang relatif lebih mahal. Jika ingin berhemat, belilah buah-buahan yang sedang musim saat itu.

11. Terakhir, kebiasaan belanja tanpa membuat perencanaan terlebih dulu

list bahan belanja via infopromodiskon.com

Jika kamu nggak membuat perencanaan dengan matang, akan ada banyak bahan makanan yang dibeli padahal sebetulnya nggak dibutuhkan, alhasil nggak kepakai. Baiknya kamu tulis terlebih dulu bahan-bahan yang memang kamu butuhkan untuk dibeli.

Jika hal-hal di atas masih saja dilakukan, jangan heran kalau kamu bakal sering mengalami kekurangan uang di akhir bulan. Kalau nggak ingin hal ini terjadi, baiknya hindari hal-hal di atas mulai sekarang, ya! Biar bisa menabung untuk hal lain juga, kan?

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya