7 Kegiatan Sederhana ini Bikin Jantungmu Sehat. Jangan Tunggu Berobat

Mumpung masih muda, jaga jantungmu agar tetap prima kinerjanya

Jantung adalah salah satu organ yang memiliki peran penting dalam tubuh yang bertugas untuk memompa darah ke seluruh tubuh setelah paru-paru membersihkan darah dari kotoran. Oleh karena itu, sangat penting bagi setiap orang untuk menjaga kesehatan jantungnya. Tidak cukup hanya dengan mengonsumsi makanan-makanan yang sehat, jantung juga perlu dilatih agar fungsinya dapat maksimal dan bisa bekerja hingga masa tua datang.

Advertisement

Pasalnya, di dalam jantung ada jaringan-jaringan sel yang berfungsi untuk memompa darah. Jika jaringan-jaringan ini melemah maka kinerja jantung juga ikut menurun, serta akan menimbulkan masalah kesehatan. Sobat Hipwee pasti ingin memiliki jantung yang sehat, kan? Nah, berikut beberapa kegiatan yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung.

1. Berolahraga rutin setiap hari akan memperkuat jantung

kegiatan agar jantung sehat

Olahraga

Tidak bisa dimungkiri jika olahraga adalah salah satu cara paling ampuh untuk menjaga kesehatan tubuh, tidak terkecuali jantung. Sobat Hipwee bisa melakukan olahraga seperti berjalan kaki, renang, aerobik, atau bersepeda untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Menurut situs Mayo Clinic, berolahraga selama 30-60 menit per hari bermanfaat untuk menurunkan penyakit jantung. Hal ini disebabkan jantung yang memompa darah dengan kuat selama berolahraga.

Advertisement

2. Tidur cukup sangat bermanfaat untuk menjaga berat badan, mental, hingga fungsi jantung

kegiatan agar jantung sehat

Photo by Kinga Cichewicz

Menurut John Higgins, yang merupakan ahli jantung di McGrovern Medical School Houston, tidur yang cukup bisa mengurangi hormon stres, tekanan darah tinggi, dan membuat perasaan bahagia.

3. Menari bagus untuk mejaga kesehatan jantung karena gerakannya yang seperti kardio.

kegiatan agar jantung sehat

Photo by Andre Hunter

Menari juga bisa memperkuat jantung sehingga bisa meningkatkan kapasitas paru-paru. Selain itu, sobat Hipwee bisa mendapatkan antidepresan alami dengan menari.

4. Selain bermanfaat untuk menghilangkan stres, meditasi juga dapat menjaga kesehatan jantung

kegiatan agar jantung sehat

Photo by Windows

Terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa meditasi selama 20 menit dan dilakukan 2 kali setiap hari bisa menurunkan tekanan darah tinggi secara efektif.

Advertisement

5. Memperbanyak aktivitas yang menyenangkan dapat menimbulkan perasaan bahagia dan membuat kita tertawa, aliran darah pun meningkat fungsinya

kegiatan agar jantung sehat

Photo by Artem Kniaz

Menurut penelitian Harvard Heart Publishing, tertawa bisa meningkatkan fungsi arteri dan aliran darah. Selain itu, menurut penelitian lain, tertawa atau senyum lepas bisa mengurangi radang pada arteri dan menambah kolesterol baik di dalam tubuh.

6. Melakukan aktivitas di luar ruangan bisa menyerap vitamin D yang bagus untuk kesehatan jantung

kegiatan agar jantung sehat

Photo by Honey Yanibel Minaya Cruz

Dengan melakukan aktivitas luar ruangan, tubuh sobat Hipwee akan menerima vitamin D dari sinar matahari.  Di mana salah satu manfaat vitamin ini adalah mencegah serangan jantung.

7. Mendengarkan lagu favorit juga bisa melancarkan peredaran darah

kegiatan agar jantung sehat

Photo by Jackson Simmer

Lagu favorit dapat meningkatkan mood dan menambah produksi oksida nitrat yang berfungsi untuk mengendurkan arteri supaya aliran darah lancar. Kegiatan ini baik dilakukan setengah jam setiap hari.

Nah, itulah beberapa kegiatan yang sobat Hipwee bisa lakukan untuk bisa menjaga kesehatan jantung. Tidak sulit, bukan? Yuk, jaga kesehatan jantung kita agar tetap sehat hingga hari tua!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE