7 Alasan Harus Punya Celana Training yang Serbaguna

Ngomongin fungsi celana training, kebanyakan orang pasti langsung berpikir untuk kegiatan olahraga. Anggapan ini nggak salah, tapi belum sepenuhnya tepat. Mengapa? Soalnya, kegunaan celana olahraga bukan cuma itu aja, bahkan sebenarnya bisa dipakai untuk banyak aktivitas indoor maupun outdoor.

Advertisement

Meskipun tampak simpel dan nggak modis sama sekali, celana training wanita maupun celana training pria memiliki fungsi/kegunaan yang beragam. Sayang sekali kalau kamu nggak punya satu celana training, lo. Padahal kamu bisa merasakan 8 kegunaan celana training ini.

1. Saat cuaca dingin seperti di musim hujan, celana training bisa menjadi penyelamat untuk menghangatkan tubuh

kegunaan celana training

Celana training untuk tidur | Credit: health.detik.com

Celana training disebut juga track pants atau sweat pants. Biasanya, celana ini didesain dengan potongan longgar agar penggunanya mudah bergerak, terutama saat sedang berolahraga. Walaupun pada awalnya, celana ini difungsikan sebagai celana olahraga, tapi makin ke sini makin banyak orang yang memakainya untuk aktivitas sehari-hari, seperti tidur.

Bahan celana training cukup beragam, salah satunya terbuat dari kain diodara. Jenis kain ini terkenal dengan kelembutannya dan terkesan mewah, apalagi kalau terkena pancaran matahari atau lampu terang. Warnanya terlihat sangat mengilap. Selain itu, kain diodara terasa hangat di kulit karena ada bulu-bulu halus di bagian bawahnya. Makanya, celana training cocok banget dipakai tidur saat musim hujan atau cuaca sedang dingin-dinginnnya.

Advertisement

2. Ternyata, saran penggunaan celana training untuk olahraga berdasarkan faktor kesehatan. Jadi, bukan mengada-ada~

kegunaan celana training

Dipakai untuk olahraga | Credit: Pxhere

Ketika berolahraga seperti jogging, ada baiknya kamu menggunakan celana training, SoHip. Ini bukan tanpa alasan, lo. Celana training yang umumnya dirancang agak longgar dan punya daya serap keringat sangat tepat digunakan untuk olahraga. Dalam ilmu medis, pakaian ketat yang digunakan untuk olahraga justru memicu terjadinya gangguan pernapasan, kram, dan gangguan peredaran darah.

Nggak hanya itu saja, celana training lebih baik digunakan untuk olahraga karena mampu menyerap keringat. Tahukah kamu kalau keringat yang terjebak di kulit dan nggak bisa diserap pakaian dapat menyebabkan beragam masalah kesehatan? Kalau nggak pakai celana training, kesehatanmu pun bisa terancam. Kamu nggak mau, kan?

3. Ketika menginap di rumah teman atau saudara, celana training bisa jadi pilihan paling tepat dan praktis untuk dibawa

Celana Training

Packing untuk menginap | Credit: Wikimedia

Dari segi kenyamanan, celana training sudah nggak diragukan lagi. Kalau dilihat dari kepraktisannya, celana training juga masih juaranya. Bagaimana tidak? Celana ini mudah dibawa ke mana-mana sekaligus nyaman digunakan di mana saja. Saat menginap di rumah orang lain, kamu bisa membawa celana training sebagai celana ganti. Kamu bisa membawa baju tidur atau kaos yang nyaman sebagai atasan yang cocok untuk celana training.

Advertisement

4. Kamu akan ikut outbound? Pakai celana training saja yang mendukungmu untuk bergerak aktif

Celana Training

Outbound dengan menggunakan celana training | Photo by SMA Negeri 7 Yogyakarta on Flickr

Ketika akan mengikuti permainan outbound, kamu harus menyiapkan stamina karena kegiatannya memang cukup menguras energi. Kamu harus lincah bergerak. Nah, untuk mendukung pergerakanmu selama outbound, kamu bisa menggunakan celana training. Ada jenis-jenis celana training pria dan celana training wanita yang bisa kamu pilih. Kamu hanya perlu memilih jenis bahan dan model yang paling cocok dengan preferensimu saja.

5. Terbayang nggak kalau celana training bisa membuat hubunganmu dengan orang lain lebih harmonis? Ini buktinya~

Celana Training

Meminjamkan celana training | Credit: phila.gov

Pernah nggak sih teman atau saudara sepupu meminjam celana training ke padamu? Ya, betul sekali, SoHip. Biasanya orang membutuhkan lebih dari satu celana training ketika akan mengikuti kegiatan seperti kemah/camping di sekolah. Ketika orang terdekatmu membutuhkan celana training, kamu bisa meminjamkannya. Bukankah menyenangkan bila kamu bisa membantu orang lain? Hubungan kalian pun terjalin dengan harmonis karena bisa saling mengandalkan.

6. Siapa bilang nggak bisa tampil modis dengan celana training? Selama lihai memadu-padankan…

Celana Training

Tampil modis dengan celana training | Photo by plain-me select shop 男裝 on Flickr

Seiring waktu, style celana training wanita dan celana training pria makin beragam. Modelnya pun nggak cuma itu-itu saja. Selama bisa memadukan baju yang cocok untuk celana training, kamu bisa tampil stylish di keseharian. SoHip yang memakain hijab pun nggak perlu khawatir. Ada banyak referensi OOTD celana training hijab yang bisa jadi inspirasi untuk hang out bareng teman-teman.

7. Celana training sangat nyaman dan praktis untuk dipakai saat mendaki gunung atau traveling. Solusi untuk kamu yang bingung memilih baju ganti

Celana Training

Pakai celana training untuk mendaki gunung | Credit: Pxhere

Salah satu hal yang cukup membuat pusing saat traveling atau mendaki gunung adalah memilih pakaian pengganti. Dibutuhkan kecerdikan agar pakaian tetap cukup dikenakan, tapi nggak bikin barang bawaan membludak. Jika tidak, ujung-ujungnya rencana liburan malah berantakan dan nggak menyenangkan.

Celana training bisa jadi solusi paling efektif untuk rencana liburanmu. Daripada membawa banyak celana, mengapa nggak bawa celana training saja yang bisa digunakan tidur atau jalan-jalan, tapi tetap tampil stylish?

Secara kegunaan dan tingkat kenyamanan, celana training memang sebaiknya dimiliki setiap orang, ya, SoHip? Kalau pun bingung harus membeli training yang seperti apa,  ada banyak rekomendasi nama celana olahraga wanita dan celana olahraga pria yang bisa jadi rujukan.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE