Viral di Tiktok, Benarkah Harus Keramas Dua Kali Biar Bersih?

Fungsi sampo yang pertama dan kedua katanya berbeda, loh.

Tutorial keramas yang benar kayaknya nggak ada habisnya. Dari dulu, kita sudah sering banget liat artikel atau video dari para ahli rambut dan kita nggak tahu harus ngikutin yang mana. Sekarang, lagi-lagi muncul video di Tiktok yang menjelaskan cara keramas. Katanya, sih, kita perlu banget ngikutin yang satu ini karena cara yang lain salah. Wah, kok bisa seyakin itu, ya?

Harus keramas 2 kali

Video keramas

Tangkapan layar video yang menunjukkan cara keramas dengan benar | Sumber: @amy.does.some.hair via www.tiktok.com

Advertisement

Sebuah video yang diunggah oleh pengguna @amy.does.some.hair jadi viral karena ia memberitahu rutinitas keramas yang benar. Sampai sekarang, video itu sudah disukai sebanyak 1,5 juta kali. Menurut Amy, yang merupakan mantan penata rambut, kita harus menggunakan sampo sebanyak 2 kali.

Dalam video tersebut, ia mengingatkan penonton untuk lebih fokus membersihkan kepala, bukan rambut. Bilasan sampo pertama mengangkat kotoran dan minyak dari kulit kepala kita, sedangkan yang kedua untuk membersihkan dan menutrisi rambut kita.

Walaupun kabarnya kita nggak boleh terlalu banyak memakai sampo, Amy menjelaskan kalau metode ini membersihkan sebum atau minyak yang dibuat oleh kulit kepala. Kalau kulit kepala kita sehat, maka rambut kita juga akan sehat.

Advertisement

Benarkah begitu?

Seorang wanita dikeramasi

Seorang wanita dikeramasi di salon | Foto oleh RODNAE Productions dari Pexels via www.pexels.com

Mengutip Glamour, ahli rambut Anabel Kingsley mengatakan metode ini efektif untuk kamu yang keramasnya nggak setiap hari. Ini semua tergantung jumlah produk, minyak, dan polusi yang menumpuk di kepalamu. Lagipula, proses keramas 2 kali ini untuk memastikan rambutmu benar-benar bersih dari kotoran. Kalau kamu keramas setiap hari, kamu nggak perlu pakai sampo 2 kali karena rambutmu nggak kotor-kotor amat.

Cara keramas supaya rambutmu nggak rusak

Wanita mengeringkan rambut

Rambut seorang wanita dikeringkan dengan handuk | Foto oleh RODNAE Productions dari Pexels via www.pexels.com

Istilah ‘mencuci rambut’, kata Kingsley, harusnya diubah jadi ‘membersihkan kulit kepala’ saja. Hal ini karena yang kotor bukan rambut, tapi kulit kepala kita yang menghasilkan keringat dan minyak. Karena itu, cara membersihkan kepala kita yang benar menurutnya adalah sebagai berikut:

Advertisement
  1. Saat keramas, basahi rambutmu secara menyeluruh dan ratakan sampo di bagian akar rambutmu dan bagian bawah kulit kepalamu yang di dekat tengkuk.
  2. Pijat kulit kepala dengan lembut tapi kuat selama kurang lebih 1 menit.
  3. Turunkan dan ratakan busa yang ada di kepala ke helaian rambutmu beberapa kali dengan lembut. Kamu nggak perlu menggosok rambutmu supaya nggak rusak.
  4. Jangan menumpuk rambutmu di atas kepala supaya nggak kusut dan rusak. Biarkan saja rambutmu tergerai.
  5. Bilas kepalamu dengan baik sampai nggak ada lagi sampo yang tersisa dan airnya jernih. Ulangi langkah-langkah di atas kalau kamu memang mau keramas dua kali.
  6. Aplikasikan kondisioner dari bagian tengah ke ujung rambutmu, kemudian bilas lagi sampai bersih.

Nah, demikian penjelasan mengenai perlunya keramas pakai sampo dua kali. Yang jelas kalau terlalu sering dan banyak pakai sampo kan nggak bagus juga. Jadi Seperlunya saja dan disesuaikan dengan kondisi rambutmu. Semoga bermanfaat, ya!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE