Tips Memilih Keramik Kamar Mandi dan 8 Pilihan Motifnya. Anti Kepleset dan Bisa Tabrak Warna

Keramik kamar mandi

Jika pada ruangan lain keramik hanya dipakai untuk lantai, tapi tidak pada kamar mandi. Karena ukuran ruangannya kecil dan relatif basah, keramik di kamar mandi juga biasa dipasang di dindingnya. Tujuannya supaya tembok tak mudah berjamur dan lebih gampang dibersihkan. Selain mengecek kualitas keramik dari segi ketebalannya, kamu juga mesti memperhatikan motif yang dipilih. Terutama jika keramik mau dipasang di kamar mandi berukuran kecil. Pertimbangan betul letak pemasangan keramik, apakah hanya untuk lantai dan tembok atau juga pada bak kamar mandinya. Meski kelihatan sepele, ini akan memengaruhi desain kamar mandi.

Advertisement

Sebenarnya, ada banyak motif keramik kamar mandi yang bisa dipakai, tapi memilih mana yang pas dan sesuai desain maupun selera tidaklah mudah. Nah, trik sederhana memilih keramik kamar mandi dari Hipwee Tips ini bisa dipraktikkan. Ada juga beberapa rekomendasi motif keramik kamar mandi yang bisa dijadikan referensi.

Untuk memilih warna keramik kamar mandi yang bagus, cek kualitas dan sesuaikan motif dengan desain kamar mandi

Sah-sah saja membeli keramik kamar mandi murah asalkan kualitasnya memang layak dijagokan. Begini tips memilih keramik kamar mandi yang pas.

1. Pastikan materialnya nggak licinĀ 

Advertisement

keramik anti licin via designerati.co.uk

Alih-alih memakai keramik berbahan glossy yang licin, mending gunakan yang nggak terlalu mengilat dan sedikit bertekstur. Selain lebih aman, material keramik ini gampang dibersihkan dan bebas lumut. Segera sikat tiap kali ada noda supaya nggak berbekas.

2. Sesuaikan ukuran dengan luas kamar mandiĀ 

Advertisement

sesuai dengan luasnya via www.casaindonesia.com

Gunakan keramik berukuran besar untuk kamar mandi besar supaya nggak kelihatan kecil. Tapi jika kamu memang pengin memakai keramik kecil, baiknya pilih yang berpola saja. Pada kamar mandi kecil, ukuran keramiknya bisa lebih eksploratif. Boleh kecil atau justru kombinasi besar kecil. Kalau kesulitan menemukan ukuran yang tepat, satu keramik bisa dibagi dua saja. Nah, nanti sisa potongannya bisa dipasang pada sudut kamar mandi yang melengkung.

3. Pilih keramik dengan tone warna yang sama

warna sama via www.intiland.com

Memakai banyak warna keramik boleh-boleh saja, tapi kalau ukuran kamar mandimu kecil, cara ini malah bikin ruangan kelihatan sumpek. Pakailah keramik satu warna biar kelihatan lebih elegan dan bisa menetralkan suasana. Ketimbang warna kontras, pilihlah warna netral seperti abu-abu ataupun putih agar kamar mandi kelihatan lebih cerah.

4. Eksplorasi pemilihan bentuk dan pemasangan keramikĀ 

eskplorasi bentuk via www.dijabodetabek.id

Kebanyakan kamar mandi menggunakan keramik berbentuk kotak. Tapi kalau kamu pengin kelihatan beda, coba eksplorasi bentuk keramiknya, bisa pakai keramik dengan bentuk heksagonal atau bahkan bulat. Agar lebih unik, pemasangannya juga bisa diselang-seling. Selama warnanya senada, kamar mandi nggak akan kelihatan norak dan lebay kok.

5. Gunakan keramik dengan warna yang lebih kontras sebagai statement wall

warna kontras via www.anvilthemovie.com

Ukuran kamar mandi memang kecil, tapi bukan berarti desainnya nggak penting. Saat memilih motif keramik kamar mandi minimalis, usahakan untuk menyiapkan beberapa pattern atau warna keramik yang beda dengan lainnya. Nantinya keramik ini dapat dipasang di tengah kamar mandi untuk dijadikan focal point. Tak perlu banyak, cukup sediakan 5 sampai 10 keramik saja sudah cukup kok. Kalau bisa warna dan motifnya yang lebih kontras daripada keramik lainnya.

Delapan motif keramik kamar mandi berikut bisa dijadikan referensi. Pola dan warnanya cocok untuk kamar mandi ukuran kecil

1. Keramik kamar mandi motif batuĀ 

keramik motif batu via idea.grid.id

Keramik kamar mandi batu alam memang tak lekang oleh zaman. Kelihatannya kuno tapi nyatanya bikin kamar mandi tampak elegan. Selain warna bumi kecokelatan, kamu juga bisa menggunakan keramik batu alam berwarna abu-abu gelap untuk mendesain kamar mandi bertema industrialis.

2. Keramik kamar mandi motif kayu

keramik motif kayu via www.mandore.id

Warna cokelat keramik motif kayu dapat memberi kesan hangat dan rileks dalam kamar mandi. Supaya berbeda dan terkesan unik, padukan motif kayu dengan pola lain yang lebih kontras dan berwarna terang. Yakin deh, kamar mandimu nggak akan kelihatan kuno, justru lebih kekinian dan estetis.

3. Keramik kamar mandi modern pola heksagonal

keramik kamar mandi heksagonal via id.pinterest.com

Selain kelihatan lebih artistik, kerapatan keramik kamar mandi heksagonal juga dapat membuatmu aman dari kepleset. Ukuran dan warna keramiknya bisa disesuaikan dengan desain dan tema kamar mandi. Untuk kamar mandi modern, gunakan keramik heksagonal berwarna putih dan hitam.Ā  Sedang pada kamar mandi sederhana, gunakan keramik heksagonal berwarna merah bata supaya tak terlihat kuno.

4. Keramik kamar mandi warna hijau motif sisik ikan

keramik kamar mandi motif sisik ikan via id.pinterest.com

Motif fish scale atau sisik ikan ini biasanya digunakan pada kamar mandi bergaya Victoria. Berkat gradasi warna tosca-nya yang cantik, kamar mandi jadi terkesan lebih sejuk dan tenang. Sama halnya dengan motif keramik kamar mandi minimalis, pola ini juga dapat membuat ruangan kelihatan lebih luas dan eye catching. Dibanding pada lantai, motif ini lebih sering digunakan untuk mengisi tembok kamar mandi yang dekat wastafel atau shower.

5. Keramik kamar mandi warna pinkĀ motif kotak-kotak

keramik kamar mandi motif kotak-kotak via homeninteriors.com

Supaya motif kotak-kotak keramik nggak terkesan kuno, cobalah pilih yang berwarna terang seperti pink misalnya. Warnanya yang cantik akan membuat penggunanya betah berlama-lama di kamar mandi. Tapi baiknya gunakan keramik berwarna pink hanya pada separuh dinding saja. Untuk lantai, tetap gunakan keramik kamar mandi berwarna netral seperti putih atau abu-abu, tapi tetap dengan motif yang sama.

6. Keramik kamar mandi elegan motif marmer

keramik kamar mandi marmer

Biasanya, motif marmer cuma dipakai untuk kamar mandi utama saja karena harganya yang cukup mahal. Berkat desainnya yang simpel tapi elegan, motif marmer dapat membuat kamar mandi terlihat lebih mewah. Apalagi jika kamu menambahkan dekorasi lain seperti lampu lantai, tanaman hijau, dan juga aksen gold sebagai tambahan. Tak perlu ragu untuk memakai keramik kamar mandi bermotif marmer ini ke seluruh ruangan. Nggak akan kelihatan norak, justru makin mewah dan elegan.

7. Keramik kamar mandi modern motif zig-zag

keramik kamar mandi zig-zag via www.cleanipedia.com

Meski terkesan berantakan, motif zig-zag justru dapat membuat kamar mandi terasa lebih dinamis. Padukan dua warna kontras pada keramik agar kelihatan lebih atraktif dan menarik. Namun, jangan sekali-kali kamu memadukan motif ini dengan pola lainnya. Selain aneh, tabrak motif seperti ini malah bikin capek mata. Kecuali kalau kamu menggabungkan motif ini dengan keramik kotak-kotak yang penempatannya berbeda.

8. Keramik kamar mandi Stamford

keramik kamar mandi Stamford via today.line.me

Salah satu produk dari keramik kamar mandi Roman yang paling populer yakni motif Stamford ini. Motif ini cocok buat kalian yang suka kamar mandi berwarna cerah tapi lebih vintage.Ā Selain di kamar mandi, motif ini juga banyak dipakai untuk menghias dapur dan juga teras rumah lo!

Banyak juga ya, pilihan motif keramik kamar mandi yang bisa dipakai. Beberapa di antaranya cocok untuk digunakan kamar mandi minimalis. Tapi jika ingin beda dari lainnya, gunakan pola atau motif yang unik seperti sisik ikan atau Stamford untuk menghiasi area kamar mandi. Selama pemilihan warna keramik dan dekorasi bisa disesuaikan, kamar mandimu tak akan terkesan lebay kok!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE