Kesalahan Menata Kulkas yang Bikin Makananmu Cepat Rusak. Cara yang Benar: Sesuaikan dengan Rak

Menata isi kulkas

Habis beli telur, karena ingin lebih awet, siapa hayoo yang sering meletakkannya di rak atas pintu kulkas? Padahal cara ini membuat kandungan telur rusak dan kesegarannya pun pelan-pelan berkurang.

Kalau ngomongin soal isi kulkas, ternyata menata dengan rapi saja tidak cukup. Penyimpanan dan penataan kulkas bukan cuma soal keindahan tapi harus memperhatikan tempat dan suhu. Tujuannya supaya makanan tidak cepat busuk dan mudah terkontaminasi.

Nah, kamu udah tahu belum aturan menata kulkas yang benar? Dengan rumus 4 rak atas-bawah, bahan makananmu di kulkas dijamin bisa tahan lama. Kamu hanya perlu memahami mana saja 4 rak di dalam kulkas serta fungsinya, maka kesalahan penataan isi kulkas nggak akan terulang.

Kulkas memiliki 4 rak utama

Kulkas dua pintu atau satu pintu punya susunan yang sama, yakni memiliki 4 rak utama. Syarat agar bisa menata isi kulkas dengan benar, kamu harus pahami setiap rak dengan fungsinya masing-masing. Bagian paling atas kulkas disebut dengan top shelf. Tapi, bagian ini bukan freezer atau ruang pembeku. Kalau kulkasmu memiliki freezer di bagian atas, maka rak top shelf berada tepat di bawahnya.

Selanjutnya, bagian tengah kulkas yang disebut dengan middle shelves. Biasanya, bagian ini tersusun dari dua rak sekaligus. Di bawah rak bagian tengah, ada rak bottom shelf atau meat shelf. Sementara itu, crispers drawers terletak paling bawah dan memiliki bentuk yang berbeda seperti rak-rak sebelumnya. Selalu ingat 4 bagian ini, ya. Pasalnya, menata isi kulkas harus disesuaikan dengan jenis bahan makanan dan tempat raknya.

Tempat terbaik menyimpan telur di kulkas

Dengan mempertimbangkan aturan 4 rak tersebut, telur seharusnya nggak disimpan di pintu kulkas. Soalnya, pintu kulkas terutama bagian atas sering mengalami fluktuasi suhu yang menyebabkan telur lebih mudah busuk.

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE