5 Manfaat Kulit Pisang untuk Wajah dan Aturan Pakainya. Efektif Tumpas Keriput dan Jerawat

Kulit pisang

Jangan buru-buru buang kulit pisang, sebab sampah organik ini ternyata dapat digunakan kembali. Selain manfaat kulit pisang untuk tanaman, kebaikan kulit pisang lainnya pun ternyata cukup banyak. Bahkan manfaat kulit pisang jika dikonsumsi dapat menurunkan kolesterol dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh lo! Kalau olahan kulit pisang mungkin sudah pernah kamu tahu, lantas bagaimana dengan masker kulit pisang? Ternyata selain manfaat kulit pisang untuk gigi, manfaat kulit pisang untuk jerawat juga nggak kalah ampuh. Tak heran jika masker kulit pisang mulai banyak digunakan untuk mengatasi beragam masalah kulit.

Advertisement

Selain dibuat masker, cara menggunakan kulit pisang untuk wajah ternyata cukup beragam. Masing-masing manfaat memiliki metode atau cara penggunaan yang berbeda. Misalnya untuk mendapatkan manfaat kulit pisang untuk jerawat, penggunannya cukup ditempel saja. Supaya manfaat kulit pisang untuk wajah benar-benar didapatkan, berikut cara mudah mengaplikasikannya. Tenang, nggak serumit mendapatkan manfaat kulit pisang untuk rambut kok!

Meski kulit pisang adalah sampah organik biasa, namun dengan pengolahan dan pemanfaatan yang tepat, kulit pisang dapat digunakan untuk banyak hal. Tentunya hal ini tak lepas dari kandungan kulit pisang yang beragam

kandungan dalam 100 gram kulit pisang | credit: needpix via www.needpix.com

Meski kandungan nutrisi di kulit pisang nggak sebanyak buahnya, tapi sampah organik ini memiliki manfaat yang nggak kalah menarik. Selain untuk wajah, manfaat kulit pisang untuk luka serta manfaat kulit pisang untuk bibir tak perlu diragukan lagi ÔÇö meski belum banyak yang mempraktikkan. Dalam 100 gram kulit pisang, terkandung vitamin B sebanyak 0,12 mg, vitamin C 17,05 mg, protein o,32 gr, kalsium 715 mg, zat besi 1,60 mg, serta fosfor 117 mg. Selain itu, kulit pisang juga memiliki kandungan lain seperti air, zink, mangan, dan karbohidrat walau jumlahnya nggak begitu besar, melansir laman Halo Doc.

Berkat kandungan di dalamnya, kulit pisang mulai banyak dimanfaatkan untuk mengatasi beragam masalah kulit wajah atau bahkan keluhan kesehatan lain. Berarti, kegunaan kulit pisang untuk pupuk hanyalah satu dari sekian banyak manfaat yang ada.

Manfaat kulit pisang untuk wajah ternyata nggak cuma buat jerawat saja. Namun untuk meminimalisir efek samping kulit pisang untuk wajah, cara pemakaiannya mesti benar

Berikut beberapa manfaat kulit pisang untuk wajah dan cara mudah mengaplikasikannya. Nggak harus dijadikan masker kok, cukup dioles ke kulit wajah langsung pun sudah bisa dirasakan manfaatnya.

1. Kulit pisang dapat mengempiskan jerawat dan menghilangkan bekasnya 

Advertisement

bisa mengempiskan jerawat | credit: beautyvigour via www.beautyvigour.com

Berkat kandungan nutrisi di dalamnya, kulit pisang dapat membantu mengempiskan jerawat dan membuat bekasnya hilang hanya dalam hitungan hari. Bahkan dalam laman Daily Mail, seorang blogger kecantikan bernama Habiba pun turut membagikan pengalamannya menggunakan kulit pisang untuk mengatasi jerawat. Berikut cara pakai kulit pisang yang sering dipraktikkan Habiba.

  1. Ambil beberapa kulit pisang lalu oleskan ke bagian wajah yang berjerawat atau di area yang mungkin akan tumbuh jerawat.
  2. Sembari dioles ke kulit, tekan-tekan dan gosok kulit pisang secara lembut. Diamkan selama satu jam lalu bilas dengan menggunakan air hangat.
  3. Tepuk-tepuk wajah menggunakan handuk bersih kemudian aplikasikan pelembap alami seperti minyak zaitun supaya jerawat lebih cepat kempis dan bekas hitamnya menghilang.

Kalau mau digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat, kulit pisang yang dicampur dengan kunyit juga lumayan ampuh lo! Cukup blender kulit pisang dengan kunyit bubuk lalu aplikasikan sebagai masker seperti biasanya. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air hangat dan jangan lupa keringkan wajah lalu aplikasikan pelembap untuk meminimalisir efek sampingnya.

2. Tanda penuaan dini seperti keriput juga bisa dikurangi dengan menggunakan kulit pisang lo!

kulit pisang dan madu | credit: beauty blog via beautyblog.data.blog

Untuk mendapatkan manfaat yang lebih optimal, kulit pisang bisa dicampurkan dengan sedikit madu. Dengan penggunaan rutin dua kali seminggu, kerutan di wajahmu akan berangsur membaik dan kulit jadi sedikit lebih kencang. Bahkan flek hitam pun bisa sedikit memudar lo!

Ambil bagian dalam kulit pisang lalu haluskan dan campur dengan satu sendok teh madu. Aplikasikan masker ke wajah selama 15 menit kemudian bilas dengan air hangat.

3. Masker kulit pisang bisa dimanfaatkan untuk menghidrasi kulit kering 

kulit pisang dan lemon | credit: Little Things via www.littlethings.com

Kandungan vitamin A dalam kulit pisang dapat mengunci kelembapan kulit wajah dan mengembalikan keelastisannya. Untuk menggunakannya, kamu bisa mencampur kulit pisang dangan sedikit perasan lemon yang mengandung banyak vitamin C dan asam sitrat.

Blender kulit pisang dan tembahkan dua sampai tiga sendok makan perasan air lemon lalu aplikasikan ke wajah. Diamkan selama 15 menit sampai masker mulai kering kemudian cuci dengan air hangat. Aplikasikan toner untuk meminimalisir efek sampingnya.

4. Scrub kulit pisang untuk mengangkat sel kulit mati

scrub kulit pisang dan gula | credit: budgetbytes via www.budgetbytes.com

Sebelum berjerawat, lebih baik bersihkan dulu kotoran, sel kulit mati, dan juga sebum dengan memanfaatkan scrub kulit pisang. Kamu dapat mencampurkan kulit pisang yang sudah dihaluskan dengan sedikit gula lalu oles pada permukaan kulit sambil lakukan pijatan perlahan-lahan. Jika sudah, diamkan dulu selama 10 menit kemudian bilas dengan air hangat. Pastikan kulit tak sedang meradang saat mengaplikasikan scrub alami ini.

5. Melindungi kulit dari radikal bebas dan meremajakannya 

masker pisang dan oatmeal | credit: Retikul via www.retikul.hu

Karena memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, kulit pisang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan meremajakannya. Kamu dapat mencampurkan kulit pisang dengan oatmeal, gula, dan juga susu supaya manfaatnya lebih optimal.

Blender kulit pisang dengan dua sendok oatmeal, gula pasir, dan juga susu. Oleskan masker pisang ke wajah dan lakukan pijatan lembut selama 5 menit. Diamkan masker sekitar 20 sampai 30 menit kemudian bilas dnegan air hangat. Gunakan satu sampai dua kali seminggu untuk hasil yang lebih maksimal.

Sayangnya, masker pisang memiliki efek samping jika pemakaiannya kurang tepat. Apalagi kalau kulitmu cukup sensitif

sayangnya punya efek samping | credit: style craze via www.stylecraze.com

Penggunaan masker kulit pisang yang terlalu lama dan terlalu sering dapat menyebabkan iritasi kulit. Tak cuma itu saja, kulit pisang juga bisa mengurangi minyak alami kulit dan membuatnya jadi lebih kering kalau dipakai terlalu sering. Lambat laun, mungkin kamu juga akan mengalami reaksi alergi seperti wajah merah, gatal, dan juga meradang.

Untuk menghindari hal yang tak diinginkan, pakailah masker pisang sesuai kebutuhan, maksimal dua kali dalam seminggu dan pengaplikasiannya pun nggak lebih dari 30 menit. Setelah selesai, pastikan masker kulit pisang benar-benar dibersihkan dan nggak meninggalkan bekas di wajah untuk meminimalisir risikonya. Sebelum dipakai, kulit pisang juga harus dicuci dulu supaya terhindar dari bahan kimia yang mungkin menempel di kulit pisang.

Kalau sekiranya kulitmu cukup sensitif dan sedang meradang, lebih baik jangan gunakan masker kulit pisang ini. Sekalipun manfaat kulit pisang begitu menggoda, tapi belum tentu aman untuk semua kulit wajah. Daripada malah makin bermasalah, mending hindari efek sampingnya, ya.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE