Enak dan Nggaknya Pakai Kulkas Mini yang Jadi Primadona Anak Kosan. Bebas Bunga Es Katanya

Kulkas mini

Selain jumlah pintunya, ada beberapa ukuran kulkas yang bisa dipilih. Jika kamu masih tinggal di rumah kontrakan kecil atau bahkan kos-kosan, belum lagi bujetnya terbatas, kulkas mini bisa jadi solusinya. Jika dibandingkan dengan kulkas kebanyakan, ukuran kulkas mini portable jauh lebih kecil dan ringkas, sehingga cocok ditempatkan di ruang mungil seperti kos-kosan atau kontrakan paviliun.

Advertisement

Dibalik kepraktisannya, kulkas mini murah memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Sebagai gambaran, berikut Hipwee Tips jabarkan plus minus penggunaan kulkas mini terbaik agar bisa dijadikan bahan pertimbangan. Termasuk ketika membeli kulkas mini bekas.

1. Kulkas mini sudah pasti hemat tempat karena kecil ukurannya

hemat tempat | credit: Real Holmes via www.realhomes.com

Baik kulkas mini Sharp maupun kulkas mini Gae, ukurannya pasti lebih kecil daripada kulkas pada umumnya. Karena cukup ringkas, kulkas jenis ini bisa ditempatkan di mana saja dan nggak akan makan ruang. Bahkan ditaruh di bawah kolong meja atau dalam lemari penyimpanan pun bisa. Enaknya lagi, kamu nggak akan kesulitan mendorongnya kalau mau dipindah-pindah. Super praktis, bukan?

2. Karena jarang muncul bunga es, kulkas mini jadi mudah dibersihkan

gampang dibersihkan | credit: VadimVasenin via id.depositphotos.com

Sama dengan kulkas biasa, kulkas mini harga mahal juga harus dibersihkan. Jika dibandingkan dengan kulkas biasa, membersihkan kulkas mini jauh lebih mudah dan nggak bikin capek. Apalagi kulkas mini juga jarang punya bunga es, kecuali jenis kulkas mini freezer.

Advertisement

Untuk membersihkannya, cukup keluarkan semua stok bahan dan makanan, kemudian lap bagian dalam dan luarnya. Sebelum stok dimasukkan kembali, cek dulu tanggal kedaluwarsanya. Kalau sudah ada yang basi, langsung singkirkan saja.

3. Daya listrik kulkas mini lebih kecil daripada kulkas biasa, jadi kamu bisa sedikit berhemat membayar tagihan listriknya

hemat listrik | credit: Ernest Brillo via unsplash.com

Selain hemat tempat, kulkas mini juga lebih hemat listrik. Daya listriknya sedikit lebih kecil daripada kulkas biasanya. Terutama untuk jenis kulkas mini yang nggak memiliki freezer. Tapi jumlah tagihan listriknya pun tergantung dari pemakaian maupun merek kulkas listrik yang digunakan. Baiknya jangan terlalu sering membuka-tutup kulkas untuk hal nggak penting. Sebab, hal tersebut bisa menyebabkan naik turun daya yang berpengaruh pada tagihan listriknya.

4. Harga kulkas mini umumnya lebih murah daripada kulkas biasa. Bahkan tak mustahil mendapatkan harga kulkas mini murah dibawah 1 juta

Advertisement

murah harganya | credit: Space4deal via space4deal.com

Untuk merek kulkas mini tertentu, harganya bahkan nggak sampai 1 juta lo! Meski begitu, material body dan kualitas produknya tetap terjaga. Bisa awet tahunan juga kok selama pintar perawatannya. Kalau pengin lebih murah lagi, bisa membeli kulkas mini second. Tapi pastikan kamu sudah mengecek kualitas sebelum membayarnya. Jangan sampai kena iming-iming harga murah tapi ternyata kalah kualitasnya.

Kurang rasanya membahas kulkas mini jika tak menyinggung kekurangannya juga. Berikut beberapa kekurangan kulkas mini.

1. Kulkas mini tak bisa digunakan untuk menyimpan banyak barang karena ukurannya terbatas

penyimpanan terbatas | credit: Nytimes via www.nytimes.com

Karena ukurannya relatif kecil, kulkas mini nggak bisa digunakan untuk menyimpan banyak makanan maupun stok bahan. Paling-paling cuma muat untuk menaruh beberapa camilan dan stok minuman kaleng saja. Ya, sepadanlah dengan harga maupun kepraktisannya.

2. Beberapa jenis kulkas mini juga tak memiliki freezer atau pendingin

nggak ada freezer atau pendinginnya | credit: ABC Net via www.abc.net.au

Jenis kulkas ini biasanya hanya digunakan untuk menaruh stok bahan kering atau bahkan produk perawatan wajah saja. Mengingat harga kulkas mini yang murah, sebenarnya wajar saja. Ya, apa sih yang mau diharapkan dari harga kulkas mini 500 ribuan, ya praktisnya aja palingan. Setidaknya tetap bisa digunakan untuk menyimpan stok bahan.

3. Pengaturan suhu pada kulkas mini lebih terbatas daripada kulkas biasa

pengaturan suhu | credit: Monchai Tudsamalee via jp.123rf.com

Pengaturan suhu dalam kulkas merupakan satu elemen penting yang tak boleh lewat dipikirkan. Walau sejujurnya kulkas mini ini menarik, sayangnya pengaturan suhunya lebih terbatas. Biasanya kulkas mini tak bisa disesuaikan derajat suhunya, jadi cuma dibesar-kecilkan saja tanpa tahu angka derajatnya. Padahal dengan mengetahui derajat suhunya, kamu bisa menyesuaikan dingin kulkas dengan barang yang disimpan.

Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan kulkas mini, kamu jadi punya pertimbangan yang matang. Ingatlah kebutuhan serta luas ruang yang akan digunakan untuk menaruh kulkasnya. Kalau memang memungkinkan, boleh beli kulkas mini terbaik sesuai anggaran. Tapi jangan gegabah memutuskan agar tak menyesal kemudian.

Gelombang resesi mulai menghampiri, bagaimana kalian mempersiapkan diri menghadapinya? Isi survei berikut ini.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE