Letak Tanaman Menurut Fengshui. Dekatkan Keberuntungan, Jauhi Kesialan!

Kalau rumahnya sempit, sebaiknya nggak maksa nanem tanaman banyak-banyak

Saat ini telah banyak pemilik rumah yang menghias rumahnya dengan menambahkan tanaman hias maupun pepohonan guna menambah keindahan dan kenyamanan pada rumahnya. Namun ternyata, menghias rumah dengan tanaman tentu tidak boleh sembarangan, lo. Karena menurut fengshui, tanaman dapat mendatangkan rejeki bagi para pemilik rumah, sehingga sangat penting untuk menghias rumah dengan menyesuaikan fengshui, bagi yang mempercayai filosofinya.

Advertisement

Lalu, bagaimana langkah untuk menghias rumah dengan tanaman yang sesuai dengan fengshui? Nah, Sobat Hipwee dapat simak tips-tips berikut ini agar tanaman yang ada pada rumah SoHip dapat membawa keberuntungan.

1. Tambahkan beberapa tanaman di depan rumah

letak tanaman menurut fengshui

di depan rumah via Depositphotos

Menambahkan tanaman di depan rumah dipercaya dapat menarik energi positif bagi pemilik rumah. Hal tersebut dikarenakan tanaman melambangkan pertumbuhan dan perkembangan para penghuni rumah, baik dalam segi spiritual, intelektual, maupun ekonomi.

Pastikan juga tanaman yang berada di halaman rumah telah memiliki lima elemen fengshui, yakni kayu (hijau), tanah (kuning), api (merah), air (biru, keabuan, atau kehitaman), dan logam (putih). Kelima elemen fengshui tersebut dikatakan dapat mewakili alam semesta, sehingga mampu mendatangkan energi baik kepada sang pemilik rumah.

Advertisement

2. Letakkan tanaman di sisi jalan masuk

Posisikan tanaman di area halaman rumah yang tidak mengganggu arah jalan masuk ke dalam rumah. Pastikan jalan masuk tersebut tidak tertutup oleh tanaman. Akan lebih baik bila menempatkan tanaman di kedua sisi jalan masuk karena dipercaya dapat berguna sebagai aktivator energi.

Selain itu, meletakkan tanaman di kedua sisi jalan masuk juga dapat menambahkan kesan rumah yang lebih rindang karena dikelilingi oleh pepohonan atau tanaman yang didominasi dengan warna hijau.

Apa perbedaan desain rumah ideal menurut anak VS orang tua? Selengkapnya di Fungsi Vs Estetika, Ini Nih Alasan Orang Tua dan Anak Suka Beda Pendapat Masalah Desain Rumah

Advertisement

3. Kenali tanaman pembawa untung dan sial

Kenali Tanaman Pembawa Untung dan Sial

Jangan salah pilih, ini tanaman pembawa untung dan sial | Credit: instagram.com/dhita_travesti

Pemilihan tanaman untuk ditanam di area rumah juga tidak boleh sembarangan. Terkadang, banyak pemilik rumah yang hanya memilih tanaman maupun pepohonan yang besar agar halaman rumah dapat terlihat lebih teduh dan terhindar dari panas matahari yang menyengat. Namun, dalam ilmu fengshui, masing-masing tanaman ternyata dapat membawa keberuntungan atau kesialan.

Sebaiknya pilih tanaman yang memiliki bunga dengan warna yang cerah dan mencolok, sebab bunga dengan warna-warna yang indah memiliki simbol bagi perkembangan dan pertumbuhan para pemilik rumah. Selain itu, SoHip juga bisa menambahkan tanaman perdu yang disebut sebagai pembawa relasi dan perkembangan, tanaman buah yang membawa kemakmuran, hingga tanaman bambu yang mampu mengusir energi negatif bagi pemiliknya. Hindari untuk menanam pohon pepaya, tanaman kapas, dan tanaman kaktus di dalam rumah, karena menurut fengshui, ketiga jenis tanaman tersebut dapat membawa kesialan dan menarik energi buruk ke dalam rumah.

4. Perhatikan ukuran tanaman agar tidak mengganggu

Bila pepohonan besar ditanam di halaman depan rumah dengan cara berderet, maka berdasarkan fengshui, pepohonan tersebut dipercaya dapat menangkal energi negatif yang akan masuk ke dalam rumah. Tak harus ditanam di halaman depan rumah, bila memiliki area halaman belakang yang cukup luas, SoHip dapat menanam pepohonan besar tersebut di area halaman belakang rumah. Lalu, untuk tanaman yang berukuran kecil dan sedang dapat diletakkan di halaman depan rumah untuk mempercantik teras rumah.

Pola penataan dalam fengshui mencerminkan beberapa pola yang sangat sesuai dengan konsep artistik dan lanskap modern, yakni seperti naga hijau di sisi kiri, macan putih di sisi kanan, burung beo di depan rumah, dan ksatria hitam yang berjaga di bagian belakang rumah.

5. Sesuaikan jumlah tanaman dengan ukuran rumah

Jumlah tanaman

Sesuaikan jumlah tanaman dengan ukuran rumah | Credit: instagram.com/sakdiah136

Jumlah tanaman juga harus menyesuaikan dengan ukuran rumah agar tidak membuat rumah terkesan sempit. Bila rumah hanya berukuran kecil dan minimalis, sebaiknya jangan paksakan diri untuk menanam terlalu banyak tanaman dan pepohonan. Atur penempatan tanaman dengan baik agar dapat dapat menyesuaikan tanaman dengan kondisi rumah yang terbatas.

Misalnya, bila lebar rumah SoHip hanya berukuran 12 meter, maka SoHip dapat menanam maksimal enam jenis tanaman agar tidak terlalu memenuhi rumah dan tidak membuat rumah menjadi sempit karena terlalu dipenuhi oleh tanaman.

6. Pastikan posisi dan arah tanaman sudah tepat

Jangan salah arah dan posisi

Hati-hati dalam memilih posisi dan arah tanaman | Credit: instagram.com/yuliaulva

Meletakkan tanaman pada rumah juga memerlukan pertimbangan yang matang, lo. Sebab posisi dan arah tanaman dapat memengaruhi energi yang diterima oleh pemilik rumah. Arah yang tepat dapat mendatangkan energi positif, sedangkan arah yang salah dapat mengundang energi negatif bagi para pemilik rumah.

Sebaiknya, perhatikan posisi dan arah orientasi tanaman agar menyesuaikan dengan aturan fengshui. Jangan sampai keliru dalam menentukan posisi dan arah tanaman, karena arah yang terbalik dapat memunculkan energi yang negatif.

Nah, itu tadi enam tips yang dapat SoHip coba untuk menata tanaman yang sesuai dengan ilmu fengshui. Jadi, pastikan jangan salah dalam menatanya, ya. Nanti bukan keuntungan yang didapat, tetapi malah kesialan. Jangan sampai, deh!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE