Selain Tingkatkan Imun, ini 8 Keunggulan Madu Hitam yang Juara. Pantas Mahal Harganya

Madu hitam

Madu memang dikenal memiliki sejuta manfaat, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Baru-baru ini karena pandemi banyak yang memilih untuk konsumsi madu hitam sebagai pembentuk antibodi alami. Lantas apa sih yang membuat madu ini berbeda dengan yang biasa?

Advertisement

Melansir dari Kompas, madu hitam adalah cairan yang dihasilkan oleh lebah jenis Apis mellifera yang mengonsumsi nektar dari bunga pohon mahoni atau pohon pelawan sehingga madu ini memiliki rasa yang pahit. Madu hitam terbaik memiliki kandungan serupa dengan madu pada umumnya. Bedanya, kandungan gula yang dihasilkan lebih rendah, makanya madu hitam harganya jauh lebih mahal. Nah, berikut ini sederet fakta dan manfaat madu hitam yang ampuh untuk kesehatan. Yuk, simak!

1.  Madu hitam asli punya manfaat menangkal radikal bebas dan mencegah penyakit kronis. Kandungan flavonoidnya bahkan ampuh meningkatkan daya tahan tubuh

madu hitam I Photo by AntonMatyukha via id.depositphotos.com

Madu hitam Baduy biasanya yang paling diincar karena proses pembuatannya alami tanpa perasa atau ditambahkan air. Banyak yang membandingkan madu hitam vs madu biasa siapa yang paling unggul? Dari segi kandungan, madu hitam lebih berkhasiat, sebab ada senyawa asam fenolat dan flavanoid yang berfungsi sebagai antioksidan alami untuk menghambat aktivitas radikal bebas di dalam tubuh.

Cara mengonsumsi madu hitam untuk kesehatan cukup mudah, kamu bisa mengonsumsi 2 kali sebanyak 2 sendok sehari untuk hasil yang maksimal. Hindari menambahkannya dengan makanan manis, tahan dulu saja rasa pahitnya, ya.

Advertisement

2. Madu hitam untuk pengidap diabetes juga diperbolehkan, terlebih kandungan gulanya lebih rendah dari madu biasa

mencegah diabetes I Photo by Steve Buissinne via pixabay.com

Madu hitam bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes karena kandungan glukosanya rendah. Sementara kandungan alkaloid yang tinggi mampu menurunkan kadar gula dalam darah. Untuk penderita diabetes yang mengalami gangguan penglihatan, manfaat madu pahit ini bisa menjernihkan mata yang buram. Selain itu, keluhan frekuensi buang air kecil berlebih saat malam hari bisa sedikit dikurangi dengan mengonsumsi madu hitam.

3. Bagimu yang memiliki gejala sakit lambung, madu hitam bisa menjadi pilihan untuk dikonsumsi. Sebab punya sifat dasar sebagai antibiotik

madu hitam I Photo by Sonja Langford via unsplash.com

Mengutip dari Klikdokter, madu hitam memiliki sifat dasar sebagai antibiotik sehingga dapat mengurangi gejala sakit lambung yang disebabkan oleh infeksi bakteri Helicobacter pylori. Walaupun gejala sakit lambung jarang menimbulkan komplikasi serius, namun jika nggak segera diobati atau diminimalisir dampaknya bisa berakibat fatal yang berujung munculnya luka yang cukup dalam dan lebar di lambung lo!

4. Memberikan efek menenangkan setelah dikonsumsi, madu hitam bisa mengatasi batuk dan mencegah permasalahan di saluran pernapasan

Advertisement

ilustrasi tubuh yang lelah I Photo by Elnur_ via id.depositphotos.com

Berdasarkan laporan jurnal medis “Child Pediatric Health”, madu hitam dapat mengurangi frekuensi batuk yang dialami anak-anak pengidap bronkitis. Madu ini dinilai cukup efektif diberikan kepada orang yang belum mencoba pengobatan apa pun untuk mengatasi masalah batuk dan pernapasan.

Banyak produk terkenal yang beredar di Indonesia, sebut saja madu hitam Propolis, madu hitam Sumbawa, madu hitam 99 hingga madu hitam Az Zikra yang harganya pun beragam. Namun, perhatikan keasliannya sebelum membeli, di antara cirinya antara lain bertekstur kental, nggak lengket dan berbuih saat dipanaskan, serta tak mudah larut dalam air.

5. Madu hitam punya khasiat untuk meningkatkan ketahanan tubuh dan stamina. Meski begitu, konsumsinya nggak boleh berlebihan, ya!

madu I Photo by Mae Mu via unsplash.com

Berdasarkan penelitian yang dilakukan laboratorium nutrisi olahraga Universitas Memphis, Amerika Serikat, madu ternyata sebanding bahkan lebih baik daripada air glukosa untuk menunjang kemampuan tubuh atlet. Maka dari itu, ada khasiat madu hitam untuk pria yang berfungsi sebagai stamina. Cukup konsumsi 50-80 gram per hari supaya hasilnya maksimal dan nggak berlebihan.

6. Selain itu, madu jenis ini juga mampu menurunkan gejala asam urat berupa nyeri dan pembengkakan pada sendi

madu hitam I Photo by Alexkich via id.depositphotos.com

Manfaat madu hitam pahit selanjutnya adalah untuk meringankan kondisi gejala asam urat. Jika kamu merasakan kondisi nyeri pada sendi, pembengkakan, hingga sulit untuk bergerak secara leluasa, konsumsi madu hitam dipercaya mampu meringankan, sebab senyawa antioksidan dapat mempercepat pemulihan proses peradangan.

7. Antioksidan flavanoid dalam madu hitam dipercaya mampu melancarkan aliran darah ke otak, termasuk meredakan gejala yang berkaitan dengan alergi

ilustrasi alergi I Photo by Brittany Colette via unsplash.com

Madu hitam juga berfungsi menghasilkan antioksidan untuk mempercepat regenerasi sel-sel saraf di luar otak dan sumsum tulang belakang. Mengonsumsi secara rutin mampu meningkatkan daya ingat, sebab kandungan di dalamnya bisa membantu melancarkan aliran darah ke otak. Madu ini juga bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

8. Terakhir, madu hitam juga berkhasiat untuk regenerasi kulit lo. Dijadikan masker secara rutin bahkan efektif untuk hilangkan flek hitam dan bekas luka

pembuatan masker I Photo by belchonock via id.depositphotos.com

Madu hitam mengandung antioksidan dan antibakteri yang berfungsi mempercepat regenerasi kulit baru dan membuat kulit menjadi lebih tenang. Kandungan tersebut nyatanya bisa memudarkan bekas flek hitam pada wajah. Cukup aplikasikan madu hitam di area yang diinginkan, kemudian dibiarkan mengering dan bilas setelahnya.

Nah, itulah 8 manfaat kesehatan dari madu hitam yang belum banyak orang tahu. Perlu diperhatikan juga efek samping madu hitam yang bisa menimbulkan alergi atau keracunan jika dikonsumsi secara berlebihan. Semoga bermanfaat!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE