Jangan Langsung Dibuang, 11 Makanan ini Aman Dikonsumsi Meski Sudah Lewat Tanggal Kedaluwarsa

Makanan lewat tanggal kedaluwarsa

Sebelum mengonsumsi makanan khususnya yang kemasan, ada baiknya jika kamu memperhatikan tanggal kedaluwarsanya seperti misalnya Best Before (BB) atau Use By (UB). Sebab, jika melewati tanggal konsumsi yang dianjurkan, makanan ini bisa berpotensi menimbulkan masalah kesehatan jika sampai ke perutmu.

Terlepas dari bahaya yang mengintai, sebenarnya ada beberapa makanan yang masih boleh kamu konsumsi meski sudah masuk atau bahkan lewat tanggal kedaluwarsa lo. Nggak perlu khawatir sakit perut, makanan ini masih aman kok untuk beberapa waktu ke depan.

1. Selama belum tumbuh jamur, roti masih boleh kamu makan hingga tiga hari setelah tanggal kedaluwarsa. Melansir laman Food Network, roti yang disimpan dalam kulkas atau freezer bisa bertahan hingga dua minggu lo!

2. Keju yang masih dalam kemasan utuh masih boleh kamu makan meski sudah lewat dua bulan setelah tanggal kedaluwarsa. Kalau terlanjur dibuka, keju baiknya disimpan dalam wadah kedap udara dan ditaruh di kulkas. Ini aman dikonsumsi selama seminggu kok!

3. Asal nggak kena air, pasta kering bisa bertahan hingga dua tahun, melansir laman Bustle. Apalagi jika kamu simpan dalam tempat kedap udara bersuhu ruangan

4. Jika disimpan dalam kulkas bersuhu lima derajat Celcius, susu boleh kamu pakai hingga dua hari setelah tanggal kedaluwarsa, mengutip laman Detik. Tapi kalau sudah berubah kental dan asam baunya, segera buang saja, ya!

5. Yoghurt yang utuh dalam kemasan aman dikonsumsi setelah satu sampai tiga minggu setelah tanggal kedaluwarsa. Bahkan, kalau dibekukan, yoghurt bisa bertahan hingga dua bulan lo!

yoghurt via gaya.tempo.co

6. Selai bahkan bisa bertahan hingga 100 tahun kalau kemasannya nggak dibuka lo! Tapi, kalau sudah dibuka, baiknya patuhi tanggal kedaluwarsa yang ada di kemasan. Kalau mau lebih awet, simpan selai dalam kulkas, ya!

selai via id.rbth.com

7. Suhu rendah freezer bisa membuat makanan beku bertahan lebih lama daripada tanggal kedaluwarsanya. Apalagi, jika kamu nggak sering membuka dan menutup pintu freezer-nya

frozen food via www.tokopedia.com

8. Karena sudah melalui proses pengeringan yang cukup tinggi, biskuit masih boleh kamu pakai meski sudah lewat dua bulan tanggal kedaluwarsa. Kalau mulai sedikit lembek, kamu bisa memanaskannya kembali dengan oven

9. Cokelat yang disimpan dalam freezer bisa bertahan hingga dua sampai tiga tahun. Tapi kalau di kulkas biasa, cokelat akan awet hingga 6 bulan saja. Namun, kamu disarankan untuk menyimpannya dalam wadah tertutup

10. Kalau ayam bekumu masih disimpan dalam plastik, ini bisa dipakai hingga dua hari setelah tanggal kedaluwarsanya. Tapi, pastikan ayam nggak berlendir dan mengeluarkan bau amonia, ya!

ayam beku via www.goodeggs.com

11. Sereal boleh dimakan hingga enam bulan setelah tanggal kedaluwarsa lo. Namun, usahakan kemasannya nggak terbuka supaya tetap renyah dan lezat ketika dimakan

sereal via www.idntimes.com

Advertisement

Meski aman, namun baiknya jangan beli produk yang sudah mendekati masa kedaluwarsanya. Baiknya selalu cek Best Before (BB) atau expired date setiap kali membeli makanan di swalayan. Apalagi jika makanan yang kamu beli merupakan produk diskon cuci gudang.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE