7 Makanan untuk Paru-Paru, Mampu Tingkatkan Fungsi dan Menjaga Tetap Sehat

Makanan untuk paru-paru

Gangguan kesehatan akibat menghirup gas dan partikel berbahaya dari kabut asap tentu berdampak bagi paru-paru. Supaya kesehatan paru-paru tetap terjaga, ada beberapa makanan untuk paru-paru sehat yang bisa jadi asupanmu. Makanan-makanan ini bisa bantu mencegah peradangan yang terjadi di paru-paru akibat polusi maupun serangan virus.

Advertisement

Melansir dari beberapa sumber, berikut makanan-makanan untuk paru-paru kotorĀ  maupun berkuman.

1. Apel

makanan untuk paru-paru

apel/healthline

Kandungan asam fenolik dan flavonoid pada apel bisa mencegah penyakit yang terjadi di saluran pernapasan. Selain untuk mereka yang terpapar kabut asap, apel juga bagus untukmu penderita asma lo!

2. Kacang

Makanan untuk paru-paru

kacang-kacangan/studioM via depositphotos

Selain itu, kandungan vitamin E dari kacang juga bisa mengatasi peradangan pada paru-paru. Kacang juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh menghirup oksigen lebih banyak.

Advertisement

3. Bawang putih

Makanan untuk paru-paru

bawang putih via www.medicalnewstoday.com

Sifat antiinflamasi bawang putih terbukti ampuh untuk meredakan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Kandungan antioksidannya pun mampu menekan racun yang muncul akibat kabut asap.

4. Salmon

Kandungan asam lemak omega-3 bisa mengurangi risiko asma akibat kabut asap. Selain salmon, kamu juga bisa mengonsumsi ikan lain seperti sarden dan tuna.

5. Jahe

Kandungan zat antiseptik serta antibakteri pada jahe mampu melancarkan saluran bronchial pada paru-paru. Manfaat yang paling cepat dirasakan ketika mengonsumsi jahe ialah rongga pernapasan jadi lebih lega dan plong.

Advertisement

6. Bayam

Bayam dan sayuran berdaun hijau lain kaya akan vitamin dan mineral yang bagus untuk memelihara kesehatan tubuh. Kandungan fitokimia pada bayam bisa bisa mengurangi peradangan dan melawan kanker paru-paru.

7. Buah yang kaya vitamin C

Makanan untuk paru-paru

buah bervitamin C via www.organicfacts.net

Kandungan vitamin C ini mampu menghambat kinerja enzim tubuh yang mengaktifkan sel kanker pada paru-paru. Buah-buahan ini juga mengandung antioksidan yang dapat melawan paparan gas berbahaya dari kabut asap lo!

Selain mengonsumi beberapa makanan di atas, kamu juga perlu memperbanyak air putih agar racun-racun dalam tubuh dapat larut dan hilang. Menjaga asupan nutrisi di hari-hari ini memang penting, terutama di daerah yang terpapar polusi dan kabut asap. Jadi, selalu jaga kesehatan, ya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

CLOSE