Meski ada beberapa orang yang terganggu dengan baunya yang menyengat, buah durian jadi salah satu yang fenomenal dan cukup banyak penggemarnya. Diklaim punya kadar gula yang tinggi, buah ini baiknya dihindari bagi para penderita diabetes. Mengonsumsinya berlebihan juga bikin perut jadi nggak nyaman, seperti kembung, muntah, dan bahkan diare.

Selain itu, ada beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa menimbulkan efek berbahaya bagi tubuh saat dikonsumsi bersamaan dengan durian. Agar kamu lebih waspada lagi, simak ulasan Hipwee Tips berikut.

1. Setelah makan daging sapi, kambing, maupun domba, baiknya jangan langsung makan durian

daging sapi, kambing, atau domba via blog.airyrooms.com

Advertisement

Durian merupakan buah yang memberikan efek hangat atau panas setelah memakannya. Begitu pun daging sapi, kambing, atau pun domba. Jika keduanya dikonsumsi dalam waktu yang berdekatan, maka akan meningkatkan risiko terjadinya inflamasi atau peradangan pada tubuh.

Menjadi berbahaya juga memakan daging-dagingan ini berdekatan dengan durian ketika kamu punya gangguan pencernaan pada lambung, darah tinggi, ataupun kolesterol.

2. Makanan atau minuman yang mengandung kafein sebaiknya nggak dikonsumsi bersamaan dengan durian

minuman bekafein via www.healthline.com

Zat aktif kafein di dalam kopi berpotensi meningkatkan detak jantung sekaligus meningkatkan temperatur tubuh. Nah, mengonsumsi kopi dan durian secara bersamaan menyebabkan jantung bekerja lebih keras. Hal ini tentu berdampak buruk bagi orang-orang yang menderita insomnia berat, mengidap penyakit tiroid, serta memiliki riwayat serangan jantung.

3. Durian yang kalorinya super tinggi jika dimakan berdekatan waktu dengan kepiting yang kolesterolnya tinggi, apa jadinya?

kepiting via ranselkecil.com

Advertisement

Kamu yang punya risiko kolesterol, hindari memakan kepiting berdekatan waktunya dengan konsumsi durian. Keduanya memicu peningkatan kadar kolesterol dalam darah, risiko serangan jantung, serangan stroke, hingga kenaikan kadar gula darah secara drastis. Kondisi-kondisi ini tentu berbahaya dan bisa berakibat fatal jika nggak dikendalikan.

4. Ketika mengonsumsi durian ditambah susu, tubuh justru tak lagi bisa berfungsi maksimal dalam mengeluarkan toksin

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh John Manginang dan Hiroshi Gemma dari Tsukuba University, Jepang menghasilkan fakta bahwa kandungan tinggi sulfur yang ada dalam durian mampu menurunkan kinerja Aldehida dehydrogenase, yakni enzim yang berfungsi mengeluarkan berbagai racun dalam tubuh, seperti dilansir dari Dokter Sehat.

Ketika mengonsumsi durian ditambah susu — yang juga tinggi sulfur, tubuh jadi tak maksimal lagi dalam mengeluarkan serta menghancurkan toksin.

5. Terong juga termasuk ‘makanan panas’ yang baiknya jangan dimakan bersamaan atau berdekatan dengan durian

Sama seperti kopi, terong juga bisa menaikkan suhu tubuh ketika dikonsumsi. Jika dimakan bersama-sama dengan durian, maka suhu bakal meningkat drastis dan nggak baik efeknya buat kesehatanmu, terutama yang mengidap sakit jantung.

6. Jika durian dikonsumsi bersamaan dengan alkohol maka berpotensi menimbulkan mual, muntah, dan jantung berdebar

minuman beralkohol via www.history.com

Durian mengandung zat yang bisa menghambat kinerja enzim di saluran cerna dalam mencerna alkohol. Jika mengonsumsi durian dalam jumlah yang banyak bisa memicu efek perut kembung dan asam lambung naik, ketika ditambah minum alkohol, masalah kesehatan ini tentu akan menjadi jauh lebih parah.

Daftar makanan dan minuman yang nggak boleh dimakan bersamaan dengan durian memang belum diteliti betul efek buruknya bagi kesehatan jika dikonsumsi bersamaan dengan durian. Tapi daripada coba-coba, baiknya dihindari saja deh, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya