8 Manfaat Baking Soda Selain Pengembang Roti, Bisa Putihkan Gigi!

manfaat baking soda

Untuk yang sering berurusan dengan makanan, kue, dan segala yang berhubungan dengan dapur, baking soda pasti tidak asing. Baik dilihat, didengar, atau pun dipegang, baking soda mempunyai beragam manfaat, salah satunya sebagai pengembang makanan dan kue.

Advertisement

Tidak melulu digunakan untuk makanan, ternyata ada beberapa fungsi ajaib lainnya dari baking soda yang bisa kamu pakai untuk keperluan sehari-hari. Mulai dari manfaat baking soda untuk perawatan tubuh dan perawatan barang-barang di sekitar kita. Daripada penasaran, langsung kita simak bersama rangkuman yang sudah Hipwee siapkan untuk kamu, yuk!

1. Mencuci buah dan sayur jangan cuma pakai air. Oles dan gosok-gosok baking soda di permukaan sebelum membilasnya secara bersih

manfaat baking soda untuk makanan

mencuci buah dan sayur | Niko-2/DepositPhotos

Manfaat baking soda untuk makanan antara lain untuk membersihkan sayur dan buah. Sebelum mencuci sayur dan buah, lumuri baking soda di permukaan kulit buah, supaya sisa-sisa kotoran dan pestisida bisa hilang. Setelah itu bilas dengan air dan keringkan. Cepat, mudah, dan kehigienisan tetap terjaga!

2. Agar bungamu lebih segar dan tahan lama mekarnya, beri sejumput bubuk baking soda di dalam vas yang berisi air. Tetap cantik walau didiamkan beberapa hari~

manfaat baking soda untuk tanaman

menyuburkan tanaman | credit: FotoHelin/DepositPhotos

Manfaat baking soda untuk tanaman ini adalah untuk memberikan kesegaran terhadap bunga. Supaya bungamu tetap fresh lebih lama, kamu bisa masukkan sedikit baking soda ke dalam vas yang berisi air. Bungamu nggak akan mudah layu, deh!

Advertisement

3. Agar baju lebih bersih dan bebas dari noda kuning di ketiak, taburkan baking soda sebelum mulai proses mencuci. Untuk baju warna putih pun, jadi nggak mudah menguning!

manfaat baking soda untuk ketiak

membersihkan pakaian | credit: Thamkc/DepositPhotos

Tak hanya manfaat baking soda untuk ketiak saja, supaya pakaianmu lebih bersih dan menghilangkan bekas keringat di bagian ketiak, kamu juga bisa mengandalkan baking soda. Sesaat sebelum menguceknya, kamu bisa bisa menaburkan di bagian ketiak, lalu rendam, dan cuci. Untuk baju warna putih, dengan baking soda, baju jadi nggak mudah menguning dan awat putihnya. Kamu bisa lihat hasilnya setelah kering.

4. Manjakan kakimu yang lelah bekerja seharian dengan air hangat dan baking soda. Kaki halus dan bebas daki bisa kamu wujudkan!

manfaat baking soda untuk kesehatan

mencuci kaki | credit: dariakulkova@gmail.com/DepositPhotos

Manfaat baking soda untuk tubuh dan kesehatan antara lain adalah memanjakan kakimu yang telah bekerja keras seharian. Dengan 4 sendok makan baking soda, dicampur dengan air hangat, kakimu akan terelaksasi. Gosok perlahan dan hilangkan daki yang mengotori kaki selama 10 menit. Kaki yang sehat dan bersih bisa kamu dapatkan dalam waktu singkat!

5. Mengurangi bau mulut dan memutihkan gigi bisa didapat dengan bubuk putih ajaib ini. Kumur dan sikat gigilah dengan rutin!

manfaat baking soda untuk gigi

putihkan gigi | credit: AllaSerebrina/DepositPhotos

Campuran air dan baking soda bisa kamu manfaatkan sebagai penghilang bau mulut dan memutihkan gigi. Kamu tinggal mencampurkan dua bahan tersebut dalam sebuah gelas, pakai untuk berkumur selama 30 detik! Untuk gigi lebih putih, kamu bisa ambil baking soda dengan sikat gigi, dan gosok seperti kamu menyikat gigi. Asalkan rutin, manfaat baking soda untuk gigi putih ini bisa kamu dapatkan!

Advertisement

6. Campuran baking soda dan jus lemon adalah ramuan ampuh sebagai pengganti lulur. Daki dan daerah yang gelap bisa diatasi dalam waktu singkat!

manfaat baking soda untuk kecantikan

dipakai luluran | credit: VikaKhalabuzar/DepositPhotos

Manfaat baking soda untuk kecantikan biasanya dimanfaatkan untuk menghilangkan daki dan sel kulit mati. Dengan baking soda,  sensasi scrub dan daki hilang bisa kamu dapat, guys! Sediakan satu sendok makan baking soda, campur dengan setengah cup jus lemon, dan air. Aduk, lalu gosok ke area yang ingin kamu bersihkan secara melingkar. Kamu bisa lihat hasilnya. Ini adalah salah satu manfaat besar dari baking soda yang bisa kamu maksimalkan untuk menjaga kesehatan kulit.

7. Manfaat baking soda untuk rambut lepek juga bisa kamu coba. Bubuk ajaib ini jadi pengganti dry shampo lo!

manfaat baking soda untuk rambut

sebagai dry shampo | credit: apid/DepositPhotos

Nggak cuma bedak bayi yang bisa kamu jadikan alternatif, ternyata baking soda juga memberikan manfaat untuk rambut lepekmu. Cara memakainya pun hampir sama dengan bedak bayi, kamu tinggal aplikasikan ke bagian kulit kepala dengan kuas. Tunggu beberapa saat, lalu kibaskan supaya tidak ada bekas putih yang menempel.

8. Saluran wastafelmu mampet? Campur baking soda, cuka, dan air panas agar air tidak tersendat lagi!

manfaat baking soda untuk membersihkan kamar mandi

Baking soda atasi saluran mampet | credit: Thamkc/DepositPhotos

Saluran airmu lagi mampet? Tenang, manfaat baking soda untuk membersihkan kamar mandi bisa kamu andalkan di saat-saat genting ini. Caranya pun mudah.

  • Masukkan 1/4 sendok makan baking soda di lubang saluran
  • Tuang campuran 1 cup cuka dengan air hangat di atas lubang yang telah dimasukkan baking soda.
  • Busa-busa putih akan muncul. Biarkan sejenak.
  • Setelah itu, siram dengan air panas selama 30 detik.

Saluran air mampet sudah bukan jadi masalah!

Nah, itu dia beberapa manfaat yang dihasilkan dari baking soda dalam kehidupan sehari-hari. Kira-kira mana nih yang bikin kamu makin tahu dan nggak sabar buat mencoba?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Ketika seduhan hangat teh bertemu dengan quotes yang menyayat kalbu, tunggu di tempat absurd itu.

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE