Kebanyakan dari kita cenderung menyukai buah pepaya karena rasanya yang manis dan menyegarkan. Sayangnya, banyak dari kita yang belum tahu bahwa biji pepaya juga aman untuk dikonsumsi. Nggak heran, saat mengupas pepaya, biji-bijinya langsung dibuang begitu saja.

Meski pahit rasanya, biji pepaya punya banyak manfaat yang berguna untuk kesehatan tubuh. Kali ini Hipwee Tips akan berbagi informasi mengenai manfaat yang bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi biji pepaya. Langsung saja yuk kita simak ulasannya!

1. Biji pepaya mengandung antioksidan yang dipercaya dapat melindungi dan menjaga kesehatan ginjal

Mengandung anti oksidan via gayahidup.republika.co.id

Advertisement

Dilansir dari lama Hello Sehat, sebuah penelitian dari African Health Sciences menyebut bahwa tikus yang mengonsumsi biji pepaya memiliki ginjal yang baik dan terhindar dari kerusakan akibat parasetamol. Hasil penelitian ini juga didukung oleh penelitian dari Journal Molecules, yang menyebutkan bahwa antioksidan dalam biji pepaya dapat menghambat kerusakan sel-sel pada ginjal.

2. Selain buahnya, biji pepaya juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaanmu lo

Untuk pencernaan via www.centroone.com

Sama seperti buahnya, biji buah pepaya juga merupakan sumber serat yang baik yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaanmu. Kandungan serat yang cukup akan membuatmu mudah buang air besar dan terhindar dari sembelit. Makanan kaya serat seperti biji pepaya ini dipercaya dapat menghindari penyakit radang usus, mencegah luka usus, hingga menurunkan gejala wasir.

3. Jika kamu jerawatan, pasta dari biji pepaya dipercaya dapat membantu jerawatmu kempes lebih cepat lo

Untuk mengobati jerawat via nakita.grid.id

Dengan membuat pasta dari biji pepaya kamu nggak perlu lagi lo memakai obat-obatan kimia untuk mengobati jerawatmu yang merang. Oleskan pasta pepaya pada jerawat, biarkan selama kurang lebih 15 menit dan bilas. Dalam beberapa kali pemakaian, jerawatmu akan kempes dan khasiat dari biji pepaya ini akan terasa.

4. Biji pepaya mengandung komponen antibakteri yang bermanfaat untuk memperlancar proses detokfikasi dalam tubuh

Detox tubuh via www.sialangpalas.com

Advertisement

Detoksifikasi merupakan proses pembersihan toksin atau racun yang dilakukan dalam tubuh kita secara alami. Sayangnya, detoksifikasi juga membutuhkan bantuan dari beberapa asupan dalam tubuh untuk memperlancarnya. Nah, biji pepaya mengandung komponen antibakteri, anthelmintiv dan antioksidan yang mengusir racun-racun dari dalam tubuh.

5. Satu butir biji pepaya dipercaya dapat membunuh bakteri jahat yang ada dalam tubuh yang berguna untuk menyembuhkan penyakit tifus

Mengobati tifus via www.merdeka.com

Ekstrak biji pepaya dipercaya dapat mengurangi bakteri jahat dalam sistem pencernaanmu. Kandungan gizi pada biji pepaya ini manjut untuk menangkal berbagai infeksi yang disebabkan oleh virus. Bahkan, biji pepaya juga dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti demam berdarah dan tifus lo.

6. Peradangan dalam tubuh seperti kemerahan, pembengkakan, atau nyeri sendi juga bisa disembuhkan dengan biji pepaya lo!

Mencegah nyeri sendi via kaltim.tribunnews.com

Biji pepaya mengandung agen antiinflamasi yang ampuh untuk mengobati penyakit di atas. Setelah mengonsumsi biji pepaya dijamin peradangan yang kamu alami akan berangsur-angsur membaik lo.

7. Selain bermanfaat untuk ginjal, biji pepaya juga dapat membersihkan racun yang terdapat dalam hati

Menghilangkan racun di hati via jakapukesta.wordpress.com

Sebuah penelitian membuktikan bahwa dengan mengonsumsi biji pepaya yang dihaluskan dan dicampur dengan jus lemon penyakit sirosis yang hati atau kerusakan hati dapat disembuhkan secara perlahan. Sirosis hati merupakan  penyusutan hati yang terjadi akibat mengonsumsi alkohol yang berlebihan.

8. Biji pepaya mengandung komponen antioksidan dan nutrisi yang bisa dijadikan sebagai antikanker

Anti kanker via nakita.grid.id

Studi pada tahun 2014 yang diterbitkan dalam Nutrition and Cancer menemukan bahwa biji pepaya yang berwarna hitam dapat menurunkan inflamasi yang berguna untuk melawan pertumbuhan sel kanker, seperti dilansir dari laman Hello Sehat. Pada tes berbeda, ditemukan fakta yang menyatakan bahwa biji pepaya efektif mengurangi pertumbuhan sel kanker prostat.

Meski memiliki banyak manfaat, kamu nggak boleh mengonsumsi biji pepaya ini secara berlebihan. Bisa-bisa nanti malah jadi bumerang sendiri untuk kesehatanmu. Semoga artikel ini membantu!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya