8 Manfaat Bunga Telang yang Nggak Cuma Cantik Warnanya Saat Diseduh. Bagus untuk Kesehatanmu!

Manfaat bunga telang

Kalau kamu penggemar tanaman hias atau herbal, pasti udah nggak asing sama bunga telang. Kembang yang masuk dalam kategori tanaman perdu ini punya tampilan cantik dengan tinggi bisa mencapai lima meter. Komposisi warna biru keunguan dengan semburat putih di bagian tengah kelopaknya berhasil bikin bunga telang populer sebagai tanaman hias.

Advertisement

Tapi selain populer sebagai tanaman hias, bunga telang juga terkenal kaya manfaat kesehatan lo. Menurut penelitian, hampir semua bagian tanaman bunga telang bisa dimanfaatkan sebagai tanaman obat, karena mengandung berbagai senyawa yang baik bagi tubuh. Penasaran apa saja manfaat bunga telang yang awalnya tumbuh liar namun kerap diseduh menjadi teh yang warnanya secantik bunganya ini? Yuk, simak!

1. Mengatasi penyakit kulit

mengobati penyakit kulit via medium.com

Kalau kamu punya masalah kulit seperti bisul atau jerawat, maka bunga telang bisa mengatasinya. Untuk mengobati bisul, tumbuk bunga telang dengan campuran gula jawa. Komposisinya sesuaikan dengan jumlah ramuan yang kamu butuhkan. Setelah ditumbuk, bisa langsung dibalur ke kulit yang bermasalah.

Sementara untuk masalah jerawat, kamu bisa memanfaatkan bagian daun, akar, dan juga bunganya. Caranya, tinggal tumbuk ketiga bagian tersebut menjadi satu, lalu balurkan kepada kulit yang berjerawat. lakukan secara rutin untuk hasil maksimal.

Advertisement

2. Menyamarkan garis dan kerut halus di kulit

menyamarkan kerutan halus via hellosehat.com

Bunga telang punya kandungan antioksidan yang tinggi. Zat tersebut terkenal baik untuk menyamarkan kerut halus pada kulit, terutama bagian wajah. Kamu bisa memanfaatkan kandungan tersebut dengan menyeduh bunga telang menjadi secangkir teh. Selain itu, iritasi kulit juga bisa teratasi lo!

3. Melancarkan buang air kecil

lancarkan buang air kecil via hellosehat.com

Akar dari bunga telang punya sifat diuretik yang mampu membantu melancarkan buang air kecil. Kamu bisa merebus sekitar 0,3 gram akar bunga telang dengan empat gelas air lalu tunggu mendidih. Setelah air rebusan menguap setengahnya, saring ke dalam gelas dan minum. Direkomendasikan untuk mengonsumsi sebanyak dua kali sehari untuk mendapat khasiatnya.

4. Bisa jadi obat tetes mata

bisa digunakan sebagai obat tetes mata via www.thaihealth.or.th

Menurut penelitian, khasiat bunga telang untuk mata sudah digunakan sejak zaman dahulu. Kamu bisa mengobati mata merah hanya dengan ramuan bunga telang. Cara membuatnya cukup gampang, yaitu rebus sekitar lima bunga telang di dalam 50 ml air. Setelah itu, rebus hingga airnya berubah warna menjadi biru pekat. Setelah itu, diamkan air di suhu normal untuk kemudian digunakan.

Advertisement

5. Bisa untuk detoks pencernaan

Bisa detoks pencernaan via health.detik.com

Teh bunga telang bisa jadi pilihan minuman herbal menyehatkan. Selain bisa menyamarkan kerut halus di wajah, teh bunga telang juga bermanfaat menyingkirkan racun di pencernaan. Untuk membuat teh bunga telang caranya mudah, yakni bunga telang cukup diseduh dengan air panas. Kemudian diamkan selama 10 menit sebelum diminum. Kamu juga bisa menyajikan dingin dengan tambahan perasan jeruk nipis.

6. Menjaga kesehatan rambut

bisa jaga kesehatan rambut via www.ouidad.com

Ramuan bunga telang dipercaya juga bisa memperkuat dan menghitamkan rambut. Cara membuat ramuannya cukup dengan menumbuk beberapa bunga telang hingga halus, lalu balurkan ke kulit kepala dan rambut. Diamkan beberapa saat lalu bilas dengan air bersih.

7. Bisa menyehatkan jantung

bunga telang kering via food.detik.com

Menurut pakar, kandungan yang dimiliki bunga telang bisa menyehatkan jantung dengan menekan kolesterol dan kadar lemak dalam darah. Jika mau mendapatkan hasil yang lebih efektif, beberapa penelitian menyarankan konsumsi bunga telang dengan kombinasi tanaman herbal vigna mungo.

8. Bisa mencegah diabetes

kreasi menu nasi menggunakan bunga telang via nova.grid.id

Rutin mengonsumsi bunga telang nyatanya juga bisa menghindarimu dari risiko diabetes. Hal tersebut karena kandungan yang dimiliki bunga telang mampu menyerap glukosa, sehingga gula darah jadi stabil. Kalau bosan sama olahan teh, kamu bisa mengolah bunga telang jadi berbagai hidangan juga lo!

Nah, itu dia 8 manfaat kesehatan dari bunga telang, kembang liar cantik yang populer jadi tanaman hias rumah. Berminat tanam bunga telang dan menggunakan manfaat kesehatannya?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

get me away from here I'm dying

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE