Minum Segelas Rebusan Daun Salam Setiap Hari, Tubuhmu Bakal Rasakan 8 Khasiat Istimewa ini

Manfaat daun salam

Daun salam dikenal sebagai salah satu bumbu dapur yang sering digunakan untuk memberi aroma harum pada masakan. Namun, di samping kegunaannya sebagai campuran masakan, daun salam juga bisa dibuat rebusan. Meski rasa yang dihasilkannya sedikit getir, namun kamu bisa mendapatkan beberapa manfaat dari rebusan daun salam.

Advertisement

Cukup rebus 3 gelas air bersama 10 lembar daun salam hingga air menguap dan menyisakan segelas air rebusan. Minumlah air rebusan daun salam sebelum makan siang atau makan malam.

Berikut Hipwee Tips rangkum beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh setelah mengonsumsi rebusan daun salam. Beri tahu orang-orang terdekatm, ya!

1. Daun salam bisa kamu manfaatkan sebagai salah satu bahan alami untuk menurunkan berat badan

menurunkan berat badan via beritagar.id

Mengonsumsi rebusan daun salam secara rutin setiap pagi dipercaya mampu menurunkan badan hingga 5 kg seminggu lo! Namun, cara ini juga mesti kamu imbangi dengan aktivitas lain yang mendukung program dietmu.

Advertisement

2. Rutin mengonsumsi rebusan daun salam bisa bantu mengendalikan tekanan darah

tekanan darah via www.honestdocs.id

Daun salam mengandung flavonoid yang dipercaya mampu menetralkan tekanan darah tinggi. Dengan rutin mengonsumsinya, kamu nggak akan lagi sering-sering mengeluh pusing akibat tekanan darahmu yang cenderung naik.

3. Batuk dan flu yang nggak kunjung sembuh juga bisa kamu obati dengan rebusan daun salam

batuk dan flu via www.haber7.com

Uap yang dihasilkan dari rebusan daun salam bisa kamu hirup agar hidungmu nggak mampet lagi. Selain itu, dahak yang ada dalam tenggorokanmu juga jadi lebih encer jika kamu mengusap-usapkan rebusan daun salam hangat di dada lo!

4. Daun salam juga bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi masalah pada lambung. Pas nih buat kalian penderita asam lambung

asam lambung via www.honestdocs.id

Senyawa organik yang ditemukan dalam daun salam dipercaya efektif untuk mengendapkan asam lambung. Saat kamu mulai merasakan ada gangguan pada lambung yang membuatmu mual dan muntah, cobalah konsumsi air rebusan daun salam.

Advertisement

5. Gangguan batu ginjal juga bisa kamu cegah dengan rajin mengonsumsi rebusan daun salam

batu ginjal via www.klikdokter.com

Daun salam memiliki ekstrak yang mampu mengurangi urease dalam tubuh. Urease sendiri merupakan salah satu enzim dalam tubuh yang mana jika diproduksi berlebihan dapat menimbulkan beberapa penyakit seperti batu ginjal.

6. Konsumsi rebusan daun salam secara rutin juga bisa bantu cegah diabetes lo!

Hal ini terjadi karena kandungan antioksidan dalam daun salam dipercaya mampu membantu proses produksi insulin. Padahal, insulin merupakan salah satu zat dalam tubuh yang berguna untuk mengatur kadar gula darah.

7. Bahkan, rebusan daun salam pun bisa kamu gunakan untuk mencegah tumbuhnya sel kanker

sel kanker via www.cancertodaymag.org

Kombinasi unik antioksidan dan senyawa organik seperti fitonutrien, katekin, linalool, dan parthenolide pada daun salam dipercaya mampu melindungi tubuh dari efek radikal bebas. Radikal bebas inilah yang nantinya dapat menyebabkan sel-sel sehat bermutasi menjadi sel kanker.

8. Agar senantiasa merasa lebih tenang, kamu bisa menghirup aroma dari rebusan daun salam. Biar nggak mudah stres gitu~

Daun salam mengandung linalool yang mampu membuat hormon dalam tubuh jadi lebih tenang. Saat sedang merasa panik dan gelisah, manfaatkan air rebusan daun salam untuk membuatmu lebih rileks, ya!

Selain direbus, daun salam juga bisa kamu peroleh manfaatnya dengan cara ditumbuk. Namun, jika masalah yang ingin kamu selesaikan berada di dalam tubuh, merebus daun salam bisa jadi salah satu alternatif yang lebih baik. Selamat mencoba!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE