Manfaat Essential Oil Akan Optimal Kalau Caranya Tepat, Diaplikasikan ke Kulit atau Pakai Diffuser

Manfaat essenstial oil

Essential oil adalah minyak alami hasil ekstraksi yang terbuat dari tanaman tertentu. Berbagai bagian tanaman seperti akar, batang, bunga, buah, maupun daun di-press dan disuling menjadi minyak terkonsentrasi. Disebut juga minyak atsiri, essential oil kerap dijadikan aromaterapi karena memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Misalnya, manfaat essential oil lavender untuk menurunkan kadar stres, manfaat essential oil lemon untuk memperbaiki suasana hati. Selain itu manfaat essential oil untuk untuk wajah adalah mengurangi iritasi kulit dan mengatasi jerawat.

Advertisement

Saking bermanfaatnya, ada banyak produk essential oil yang direkomendasikan akhir-akhir. Supaya manjur, kamu harus memakai essential oil sesuai dengan manfaat kandungannya. Nah, biar nggak salah pilih, perhatikan dulu manfaat esssential oil berdasarkan bahan nih.

1. Karena berasal dari berbagai bahan tanaman, manfaat essential oil pun bermacam-macam bagi kesehatan

Manfaat essential oil sesuai dengan tanaman asalnya | Photo by Jill Wellington via pixabay.com

Saat ini cukup mudah menemukan berbagai merek essential oil yang berkualitas. Namun semua merek bagus tersebut akan sia-sia kalau kamu nggak tahu manfaatnya. Apalagi setiap essential oil mengandung bahan yang berbeda seperti lavender, lemongrass, peppermint, green tea, dan sebagainya. Setiap kandungan menawarkan khasiat tertentu yang nggak sama.

Manfaat essential oil green tea adalah mengatasi kulit kering, menghilangkan lingkar hitam pada mata, dan menghilangkan jerawat. Sebagai pengharum dan aromaterapi, minyak tersebut memberikan efek menenangkan. Sedangkan manfaat essential oil peppermint untuk meredakan gangguan pencernaan. Kemudian manfaat essential oil lemongrass untuk meredakan demam, sakit kepala, dan nyeri otot.

Advertisement

2. Banyak beredar di pasaran, kamu harus mengenali essential oil asli dan palsu agar nggak tertipu

Cara mengenali essential oil | Photo by asyouwish6 via pixabay.com

Kamu nggak bakal merasakan manfaat essential oil kalau ternyata minyak tersebut palsu. Misalnya kamu pengin merasakan manfaat essential oil untuk meningkatkan energi atau manfaat essential oil eucalyptus untuk  melancarkan pernapasan. Alih-alih mendapatkan manfaat tersebut, kamu justru tidak merasakan apa pun lantaran essential oil-nya palsu.

Semakin disukai dan diburu, essential oil memang makin mudah ditemukan sekarang. Tapi bila tak hati-hati , kamu bisa keliru memilihnya lo. Agar nggak salah pilih, gunakan trik untuk mengenali essential  oil asli atau bukan. Paling mudah, kamu oleskan sedikit essential oil di kulit luar telapak tangan. Apabila wanginya bertahan lama dan tidak cepat menguap, maka essential oil tersebut asli.

Kalau pengin menguji essential oil untuk aromaterapi, perhatikan kemasan botolnya. Minyak esensial dengan botol warna gelap dan pekat, biasanya memiliki kandungan yang murni. Selain itu, pastikan ada nama latin di kemasannya. Paling penting, minyak esensial yang terbuat dari 100 % bahan alami hrus memiliki sertifikasi organik dari lembaga yang berwenang.

Advertisement

3. Agar manfaatnya makin optimal, gunakan essential oil dengan tepat. Begini caranya!

Salah satu cara aplikasinya ya pakai diffuser | Photo by Anke Sundermeier via pixabay.com

Nggak boleh asal, ada beberapa cara menggunakan essential oil. Bila cara penggunaanya tepat, kamu bakal mendapatkan manfaat essetial oil dengan optimal. Cara pertama adalah menggunakan diffuser. Manfaat diffuser sebagai alat untuk menyebarkan minyak esensial ke udara. Sehingga aroma minyak tersebut bisa mengharumkan satu ruangan. Manfaat essential oil diffuser diantaranya adalah meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan fungsi kognitif, mengusir nyamuk dan serangga berbahaya.

Ada banyak jenis diffuser yang bisa dipakai. Apalagi bentuknya pun beragam dan cocok untuk dekorasi. Mulai dari diffuser yang berbentuk keramik, elektrik, lilin, reed, sampai ultrasonic. Kamu bisa memasukkan beberapa tes minyak ke dalam diffuser. Nantinya alat tersebut akan menguarkan aroma relaksasi yang bagus untuk kesehatan tubuh.

Meski sebenarnya aman dipakai untuk anak-anak, ibu hamil, dan bahkan hewan piaraan, tapi kamu perlu perhatikan pemilihan essential oil yang cocok dan tidak membuat alergi keluarga atau teman sekamarmu ya. Bisa jadi ‘kan ada anggota keluarga atau temanmu yang alergi dengan essential oil lavender yang kamu pasang sebelum tidur.

4. Manfaat essential oil langsung terasa, caranya dengan mengaplikasikan ke kulit secara langsung

Oleskan essential oil | Photo by Shiny Diamond via www.pexels.com

Selain menggunakan diffuser, essential oil juga bisa dipakai secara langsung. Cara ini tergolong populer dan sering dipilih oleh pengguna essential oil. Caranya dengan mengaplikasikan langsung minyak esensial ke kulit. Agar khasiatnya makin maksimal, oleskan minyak tersebut sambil dipijat. Untuk mengurangi rasa nyeri, pijatkan minyak esensial di sekitar otot. Selain itu, essential oil bisa dipijatkan ke area seperti pelipis, pergelangan tangan, kaki, hidung, dan lainnya. Namun pastikan terlebih dahulu, ya, sebab tidak semua minyak esensial aman digunakan langsung ke kulit tanpa carrier oil.

5. Mau udara ruangan lebih lembab? Gunakan humidifier untuk menyebarkan aroma essential oil

Humidifier sedikit berbeda dari diffuser | Photo by Pixy via pixy.org

Alat penyebar minyak esensial selain diffuser adalah humidifier. Memberikan efek yang berbeda dengan diffuser, humidifier membuat udara lebih lembap. Namun kamu harus hati-hati lantaran tidak semua humidfier bisa digunkan untuk essential oil. Sama seperti diffuser, cara menggunakannya cukup dengan meneteskan essential oil ke dalam humidifer. Secara otomatis, minyak esensial akan tersebar ke seluruh ruangan.

Kalau sedikit berbeda, kamu bissa menambahkan essential oil ke produk perawatan kulit seperti sabun, sampo, atau kosmetik. Saat mandi pun, kamu bisa mengoleskannya ke tubuh dengan kain lembap. Bila dicampurkan dengan produk lain, manfaat essential oil akan bertambah. Apa pun cara yang digunakan, kamu perhatikan  dulu panduan dan keamanannya, ya. Semoga bermanfaat! 

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE