6 Manfaat Garam untuk Wajah, Atasi Kulit Berminyak dan Jadi Toner Alami

Manfaat garam untuk wajah

Garam merupakan salah satu bumbu dapur paling penting dan wajib ada untuk setiap masakan. Namun, garam juga sering dimanfaatkan untuk berbagai keperluan seperti membantu membersihkan kotoran membandel pada barang, menghilangkan bau dan dijadikan bahan antibakteri. Selain bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari semacam itu, garam juga bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kulit, lo.

Advertisement

Tidak hanya untuk sekadar berendam, bahkan kamu bisa mengaplikasikan garam pada kulit wajah dengan beberapa cara yang aman. Manfaat garam untuk wajah bahkan bisa lebih efektif daripada bahan kimia, lo. Tapi kamu tetap harus berhati-hati dalam penggunannya, ya. Nah, supaya bisa memahami manfaat garam untuk wajah yang mungkin kamu perlukan dan cara penggunaannya yang aman, simak yuk ulasan Hipwee Tips berikut!

1. Membasuh wajah dengan air hangat dan garam bisa membantu mengontrol minyak berlebih yang bisa menyebabkan jerawat

Manfaat garam untuk wajah

Membasuh wajah dengan air garam | Credit by Pvproductions on Freepik

Mengatasi kulit berminyak kadang nggak bisa bersih hanya dengan menggunakan facial foam biasa. Maka dari itu, kamu bisa mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan garam, lo. Kandungan mineral pada garam bisa meresap ke dalam kulit untuk mengurangi produksi minyak berlebihan atau sebum. Sementara kandungan antibakterinya bisa mencegah timbulnya jerawat akibat kotoran yang menumpuk pada pori-pori. Manfaat garam untuk wajah ini bisa kamu dapatkan dengan cara berikut:

  1. Bersihkan wajah dulu menggunakan facial foam seperti biasa.
  2. Larutkan 1/2 sendok makan garam ke dalam satu gayung air hangat.
  3. Basuh wajah menggunakan larutan air garam tersebut, kemudian diamkan 5-10 menit.
  4. Basuh lagi menggunakan air garam sambil dipijat-pijat selama 1 menit.
  5. Bilas wajah menggunakan air bersih sambil dipijat-pijat lagi, lalu keringkan menggunakan handuk bersih.
Advertisement

2. Mengompres wajah menggunakan kapas yang telah dicelupkan pada air garam himalaya bisa meredakan jerawat

Manfaat garam untuk wajah

Mengatasi kulit berjerawat | Credit by Freepik on Freepik

Jika kamu memiliki masalah jerawat pada kulit wajah, coba manfaatkan garam untuk mengatasi masalah tersebut. Kandungan natrium pada garam bisa meredakan jerawat pada wajah dengan efektif. Manfaat garam untuk jerawat bisa kamu dapatkan dengan cara membuat kompres wajah. Manfaat garam himalaya untuk wajah lebih efektif karena kandungan magnesiumnya cukup tinggi dan berfungsi sebagai antiseptik alami yang bisa mencegah jerawat mengalami peradangan. Berikut langkah-langkah penggunaannya yang aman:

  1. Larutkan 1/4 sendok teh garam himalaya pada 100 ml air hangat.
  2. Pastikan wajahmu sudah bersih sebelum melakukan kompres ini, ya!
  3. Celupkan kapas bersih ke dalam larutan garam, peras sedikit lalu tempelkan pada bagian yang berjerawat.
  4. Diamkan selama 2 menit lalu ulangi sekali lagi.
  5. Setelah itu bersihkan wajah menggunakan air bersih dan keringkan menggunakan handuk bersih.

3. Campuran madu dan garam untuk masker wajah bisa meredakan iritasi kulit akibat polusi udara dan paparan sinar matahari

Advertisement
Manfaat garam untuk wajah

Madu dan garam | Credit by Rayoloo_studio on Freepik

Manfaat garam untuk wajah juga bisa digunakan sebagai masker alami, lo. Kamu bisa mencampurkan madu dan garam untuk dijadikan masker. BaikĀ  garam maupun madu memiliki sifat antiradang yang bisa membantu meredakan iritasi kulit yang disebabkan oleh polusi udara dan paparan sinar matahari. Manfaat madu dan garam untuk wajah bisa kamu dapatkan dengan cara berikut:

  1. Campurkan 2 sendok teh garam halus dengan 4 sendok teh madu hingga teksturnya sepeti pasta.
  2. Bersihkan wajah menggunakan facial foam, lalu keringkan.
  3. Oleskan campuran garam dan madu ke seluruh wajah kecuali bagian mata, diamkan 10-15 menit.
  4. Rendam handuk ke dalam air hangat, lalu peras dan letakkan di atas wajah selama 30 detik sambil digosok-gosok perlahan untuk membantu mengelupas masker yang mengering.
  5. Lanjutkan pembersihan dengan membasuh wajah menggunakan air hangat.

4. Garam bisa dijadikan scrub wajah dan seluruh tubuh untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati

Manfaat garam untuk wajah

Garam himalaya dan minyak zaitun untuk scrub | Credit by Pvproductions on Freepik

Butiran garam bisa berfungsi untuk eksfoliasi kulit atau pengangkatan sel-sel kulit mati di atas pori-pori. Namun, pastikan kamu menggunakan garam yang butirannya halus ya, supaya nggak melukai kulit. Cara ini juga bisa membuatmu mendapat manfaat garam untuk wajah yang lebih glowing dan menghilangkan beruntusan lo, apalagi garam juga bisa membantu memperlancar peredaran darah. Manfaat scrub garam untuk wajah ini bisa kamu dapat dengan cara:

  1. Membuat campuran garam dengan minyak zaitun dengan perbandingan 2:1 hingga membentuk seperti pasta.
  2. Gunakan pada wajah atau bagian tubuh lain yang akan dieksfoliasi. Pastikan kulit sudah bersih, ya.
  3. Lakukan pijatan memutar dengan lembut untuk membantu butiran garam membersihkan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori.
  4. Lakukan pemijatan selama 10 menit, lalu bersihkan menggunakan facial foam dan keringkan.

5. Manfaat garam Inggris untuk wajah bisa digunakan sebagai toner alami untuk double cleanser

Manfaat garam untuk wajah

Digunakan sebagai toner | Credit by Freepik on Freepik

Garam Inggris atau garam epsom merupakan jenis garam kesehatan yang biasanya digunakan untuk berendam. Garam ini memiliki kandungan mineral yang paling lengkap sehingga bisa menjaga kesehatan kulit dan sangat baik sebagai antibakteri. Supaya bisa mendapatkan manfaat garam Inggris untuk wajah, kamu bisa menggunakannya sebagai toner wajah yang digunakan menggunakan kapas sebagai double cleanser. Caranya, cukup larutkan 1 sendok teh garam dengan air 200 ml. Masukkan ke dalam botol, lalu gunakan seperti toner.

6. Kandungan natrium pada garam secara bertahap bisa meningkatkan produksi kolagen

Manfaat garam untuk wajah

meningkatkan kolagen | Credit by KamranAydinov on Freepik

Penggunaan garam pada wajah secara rutin mampu meningkatkan kolagen yang berfungsi untuk mengurangi garis halus dan menyamarkan warna kulit yang nggak merata. Sehingga manfaat garam untuk wajah bisa mengatasi flek hitam bahkan bopeng, lo. Manfaat ini bisa kamu dapat dengan menggunakan air garam untuk membersihkan wajah secara teratur.

Penggunakaan garam untuk kulit wajah meski memiliki beberapa manfaat yang cukup baik tapi tetap harus hati-hati. Sebab, nggak semua kulit cocok dengan kandungan natrium yang tinggi pada garam. Jika dalam sekali pemakaian muncul reaksi alergi maka jangan diulangi lagi. Selain itu, efek samping air garam pada wajah bisa menimbulkan iritasi dan kulit kering. Sehingga kamuĀ  harus membilas wajah sampai bersih setelah mengaplikasikan garam. Waktu pemakaiannya pun nggak boleh terlalu lama, maksimal 15 menit dan harus segera dibersihkan.

Nah, itulah sederet manfaat garam untuk wajah yang bisa kamu dapatkan. Dengan memperhatikan cara yang tepat dan peka terhadap reaksi yang ditimbulkan, penggunaan garam untuk wajah cukup aman, kok. Bahkan bisa jadi solusi perawatan wajah buat kamu yang alergi dengan bahan-bahan kimia. Cobain dulu yuk, dan rasakan manfaatnya.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE