9 Manfaat Lain dari Kapur Barus yang Nggak Cuma Ditaruh di Lemari Baju

Aromanya yang kuat bikin hewan-hewan menyebalkan di rumahmu minggat

Kapur barus atau kamper merupakan zat padat berupa lilin berwarna putih dan agak transparan. Aroma yang dikeluarkan oleh kapur barus cenderung segar, kuat, dan khas. Maka dari itu, tidak sedikit dari kita yang menggunakan kapur barus untuk mengusir bau tidak sedap di kamar mandi serta mencegah jamur dan bau apek pada pakaian sehingga dapat disimpulkan bahwa kamar mandi dan lemari pakaian menjadi tempat tinggal paling umum dari kapur barus.

Namun, tidak hanya bermanfaat sebagai pengharum, pencegah jamur, dan bau apek pakaian saja. Kapur barus juga mempunyai manfaat lain yang mungkin jarang atau belum kamu ketahui sebelumnya. Ini dia!

ADVERTISEMENT

1. Membunuh serangga di tanaman pot

manfaat kapur barus

Tanaman pot di atas meja | Foto oleh Designecologist dari Pexels

Salah satu aroma yang tidak disukai oleh serangga adalah aroma kuat dari kapur barus. Untuk membunuh serangga yang mengganggu tanaman pot, kamu bisa memasukkan tanaman ke dalam kantong plastik bening yang telah diisi dengan kapur barus. Setelah itu tutup rapat selama satu minggu.

Ketika kamu mengeluarkan tenaman tersebut dari kantong, maka tanamanmu akan terbebas dari serangga. Sehingga tanaman pot-mu akan terlihat lebih cantik.

ADVERTISEMENT

2. Menjauhkan tikus dari garasi atau gudang

Tikus merupakan hewan pengerat yang menjijikkan. Selain mengganggu dan mengotori rumah, hewan ini juga bisa membawa penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan virus yang dibawa oleh kotoran tikus.

Terkadang pula, tikus juga kerap menggigit kabel listrik dan benda lainnya. Maka dari itu, jangan sampai hewan ini berkeliaran di garasi, gudang, atau bahkan rumahmu. Untuk menjauhkannya, kamu dapat meletakkan beberapa butir kapur barus di sekitar garasi, gudang, atau dapur rumahmu. Nantinya, tikus akan mencari tempat lain yang tidak tercium aroma kapur barus.

ADVERTISEMENT

3. Menjauhkan anjing dan kucing dari kebun

Kucing di atas pohon

Kucing di atas pohon | Creadit: Pixabay via www.pexels.com

Jika kamu mempunyai kapur barus yang sudah lama tidak digunakan, jangan dulu kamu buang. Kamu bisa memanfaatkan kapur barus tua tersebut untuk melindungi tanaman dan kebunmu dari kucing dan anjing sebab hewan tersebut sangat benci dengan aroma kapur barus yang menyengat.

ADVERTISEMENT

4. Mengusir kelelawar

Kehadiran hewan nokturnal ini terkadang dapat merusak loteng atau plafon rumahmu. Supaya tidak merusak bagian atap rumahmu, kamu bisa mengusirnya dengan menyebarkan beberapa kapur barus di loteng atau plafon rumahmu.

ADVERTISEMENT

5. Mengusir kecoak dan cicak

Kehadiran kecoak dan cicak tentu sangat menganggu, terlebih kecoak merupakan binatang yang penuh dengan kuman. Kecoak juga bisa membuat ruangan menjadi bau sekaligus dapat membawa bakteri yang berbahaya bagi kesehatan.

Nah, cara terbaik untuk mengusir kecoak dan cicak dari rumah adalah dengan menggunakan kapur barus. Aroma wangi yang kuat dari kapur barus akan membuat kecoak dan cicak kabur.

Kamu bisa meletakkan kapur barus dan menggantungkannya di area yang sering didatangi oleh kecoak dan cicak. Otomatis mereka akan menghindar dari daerah yang terpapar aroma kapur barus atau kamper.

ADVERTISEMENT

6. Mengusir lalat buah

Kapur barus juga bermanfaat bagi para petani buah, sebab salah satu penyebab gagal panen buah yang utama adalah serangan dari lalat buah atau bactrocera sp. Untuk mengusir lalat buah, sebagian besar petani masih menggunakan insektisida dan bionsektisida yang residunya dapat berbahaya jika dikonsumsi oleh manusia.

Tapi bagi petani buah yang sadar akan bahaya tersebut, mereka akan memilih menggunakan kapur barus sebagai cara untuk mengusir lalat buah. Selain lebih aman dan murah, cara penggunaannya pun juga mudah.

Cara penggunaan kapur barus untuk mengusir lalat buah:

  1. Masukkan kapur barus ke dalam kantong plastik.
  2. Kemudian hancurkan sampai halus.
  3. Setelah halus, beri lubang kecil di plastik tersebut.
  4. Tebarkan di buah-buahan yang ditanam.

7. Menyingkirkan dan membasmi kutu kasur

Kutu kasur atau kutu busuk merupakan hama yang cukup sulit terdeteksi secara kasat mata. Kehadirannya di kasur kita tentu membuat tidur menjadi tidak nyenyak. Kamu bisa menggunakan kapur barus yang dicampur minyak tanah untuk menyingkirkan dan membasmi kutu kasur. Kamu hanya perlu mengoleskan campuran minyak tanah dan kapur barus ke sela-sela kasur, ranjang, atau sudut kasur. Campuran ajaib itu dipercaya dapat mematikan kutu kasur hingga telur-telur kutu sekalipun.

8. Mengatasi bau sepatu

Tiga pasang sepatu

Tiga pasang sepatu | Foto oleh Lisa Fotios dari Pexels via www.pexels.com

Terkadang sepatu kita mengeluarkan bau yang tidak sedap. Bau tidak sedap tersebut dapat muncul sebab adanya kelembapan berlebih ketika sepatu terlalu lama dipakai.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa meletakkan kapur barus di dalam sepatu kesayanganmu selama 10-15 menit. Setelah itu, dijamin bau tak sedap di sepatumu akan hilang dan terserap oleh kapur barus.

9. Membilas pakaian berbahan wol

Sweater rajut berbahan wol

Sweater rajut berbahan wol | Foto oleh Karolina Ostrzolek dari Pexels via www.pexels.com

Seperti yang diketahui, kapur barus bermanfaat untuk mengusir serangga, begitu pula ngengat yang menempel pada pakaian berbahan wol.

Untuk mengatasi hal tersebut sekaligus memberikan perlindungan lebih kepada sweater berbahan wol favoritmu, cukup larutkan kapur barus pada bilasan terakhir ketika kamu mencucinya. Selain menghilangkan ngengat, sweater kesayanganmu juga tidak akan berbau apek.

Itu tadi adalah sembilan manfaat lain dari kapur barus yang ampuh untuk mengusir serangga, hewan pengerat, hingga membilas sweater kesayanganmu. Tertarik untuk mencoba manfaat lain dari kapur barus selain disebar di lemari pakaianmu saja?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world