10 Kegunaan Sabun Batang yang Tersembunyi, Solusi Pintu Seret Sampai Bikin Cermin Kinclong Lagi

Manfaat sabun batang

Siapa yang masih pakai sabun batangan?

Advertisement

Di zaman sekarang, sabun batangan memang sudah kalah populer dibandingkan dengan produk-produk sabun cair atau sabun busa. Kurang praktis dan kurang higienis, mungkin jadi dua alasan utama kenapa sabun berbentuk batangan semakin jarang dipilih untuk sabun mandi atau sabun tangan sehari-hari. Bahkan sabun batangan seringkali dicap sebagai sabunnya orang tua atau orang zaman dulu.

Nah meskipun kurang praktis atau mungkin sebagian orang menganggapnya kurang higienis, sabun batangan itu punya beragam manfaat yang perlu kamu tahu. Bahkan bukan untuk urusan membersihkan bagian tubuh aja, sabun batangan pun bisa jadi barang multifungsi yang mungkin kamu butuhkan di sekitar rumah.  Apa saja kegunaannya, ya?

1. Habis bersih-bersih, kuku jadi kotor? Coba bersihkan pakai sabun batang, jaminan kotoran lenyap dalam sekejap

Tancapkan kuku ke sabun batangan | Photo by Pxhere via pxhere.com

Manfaat sabun batang untuk membersihkan bagian tubuh seperti kuku, sebenarnya terdengar nggak asing alias udah biasa. Namun, sabun batang lebih mudah mencegah kotoran bandel yang berdiam di sela-sela kuku. Sebelum memulai aktivitas yang rentan bikin kuku kotor, sebaiknya kamu lakukan trik ini. Ambil sabun batang dan tancapkan kuku ke dalamnya. Cara ini berfungsi menghalau kotoran yang bisa saja menempel di bawah kuku.

Advertisement

2. Sekarang, cermin buram karena kabut dan kering bukan lagi masalah. Solusinya pakai sabun  batang. Tenang~

Cermin kamar mandi | Photo by Michal Jarmoluk via pixabay.com

Cermin dalam kamar mandi biasanya paling sering berkabut. Apalagi kalau kamu habis mandi air panas. Untuk mengatasinya, gunakan sabun batang aja. Mudah dan nggak ribet, kamu hanya perlu menggosokkan sabun batang ke kaca cermin. Lalu bersihkan dengan kain kering tanpa tambahan air. Cermin pun jadi kinclong kembali. Cara ini bisa diterapkan pula untuk cermin yang terlihat kering dan kusam. Bukan cuma cermin, kacamata terutama yang berwarna hitam bisa dibersihkan dengan sabun batang.

3. Alih-alih pakai pengharum ruangan, coba pakai sabun batang sebagai pengganti

Sabun batang sebagai pengharum ruangan | Photo by Pxhere via pxhere.com

Ruangan sempit seperti lemari, laci, koper, sampai mobil kerap menjadi sarang bakteri yang bikin bau apek. Selain itu, sepatu menjadi barang yang sering menguarkan bau tak sedap. Nah, untuk menyegarkan dan mengharumkan aromanya, gunakan sabun batang yang wangi sepanjang hari. Tak perlu repot beli pengharum ruangan, kamu bisa memanfaatkan stok sabun batang yang ada di rumah. Pertama, buka sabun batang dan buang bungkusnya. Ambil kain bersih dan balutkan ke atas sabun batang. Kemudian simpan kain berisi sabun batang di beberapa tempat.

4. Tak banyak orang yang menduga, rawat tanaman ternyata bisa dengan sabun batang aja. Tanaman sehat tanpa hama

Ilustrai sabun batang di tanah | Photo by Nadja Donauer via pixabay.com

Sepertinya belum banyak orang yang tahu, sabun batang menjadi penusir hama yang efektif. Kalau kamu punya tanaman di rumah, gantung sabun batangan untuk mencegah hama datang. Caranya, gantung sabun batang dengan tas jaring atau stoking di antara semak-semak. Selain itu, parut sabun dan letakkan di atas tanah.

5. Sabun batang adalah solusi tepat untuk pintu geser yang sering tersendat-sendat

Pintu geser | Photo by shannonrphillips via pixabay.com

Selain pintu dorong, pintu geser cukup diminati. Namun, pintu geser punya kekurangan karena kotoran bisa masuk ke jalur pintu. Agar pintu dapat dibuka dengan mulus, gosokkan sabun batang di jalur pintu. Jika kamu punya laci dengan masalah yang sama, maka gosokkan sabun ke tepi laci. Tunggu sebentar dan pintu/laci bisa digeser dengan lancar.

6. Kunci pintu seret pasti bikin kesal. Daripada dibiarkan aja, mending pakai sabun batang untuk mengatasinya

Kunci pintu seret | Photo by Ann San via pixabay.com

Lantaran udah tua dan usang, kunci pintu bisa sangat sulit dibuka. Penyebab lainnya,  kotoran menyumbat lubang pintu, pegas kunci yang mulai rusak. Terlepas dari apa pun penyebabnya, ada baiknya malah ini nggak dibiarkan terlalu lama. Sebelum memanggil tukang kunci, coba gunakan trik simpel ini gara kunci pintu nggak seret lagi. Gosokkan kunci pintu di atas sabun batang. Pastikan sabun melapisi permukaan kunci. Kemudian masukkan kunci ke dalam pintu. Operasikan kunci dan pastikan tak kaku seperti sebelumnya.

7. Lindungi perabotan rumah dari hewan atau serangga dengan sabun batang

Ilustrasi perabotan rumah tangga | Photo by Pxhere via pxhere.com

Beberapa serangga suka menggigit perobatan rumah, apalagi yang terbuat dari kayu. Hewan peliharaan seperti kelinci, kucing, atau anjing pun biasanya sering menggigitnya. Demi perabotan rumah tetap aman dan bagus, lapisi kaki dan tepi perabotan dengan sabun. Cara ini bisa diaplikasikan agar kerusakan yang lebih parah tak terjadi.

8. Nggak mudah merakit furnitur sendiri. Supaya lebih gampang, pakai sabun batang. Begini caranya!

Merakit furnitur | Photo by Mylene2401 via pixabay.com

Beberapa furnitur atau perobatan rumah tangga harus dirakit sendiri oleh pembeli. Namun, merakit funrnitur sendiri cukup menyusahkan. Misalnya memasukkan sekrup ke kayu. Bila kamu menghadapi kesulitan semacam itu, lapisi ulir sekrup dengan sabun batang. Setelah itu, kamu bisa masukkan sekrup dengan gampang tanpa hambatan.

9. Dinding terlihat nggak bersih karena dipenuhi lubang bekas paku, meski udah berkali-kali dicat ulang lagi. Saatnya, gunakan sabun batang untuk mengakalinya

Paku di dinding | Photo by Paulo Diniz diniz via pixabay.com

Lubang bekas paku di dinding memang kurang enak dipandang. Bahkan dapat mengurangi keindahan. Walaupun dicat ulang, noda-noda bekas paku itu tetap tampak. Untuk mengatasinya, gosokkan aja sabun batang di atas permukaan lubang bekas paku. Pastikan lubang tertutup dengan serpihan sabun. Biar nggak kontras, pilih warna sabun yang senada dengan warna  dinding, ya.

10. Hanya dengan satu sabun batang, bunyi derit engsel pintu yang mengganggu bakal teratasi dengan mudah

Buka pintu | Photo by Pixnio via pixnio.com

Jangan buru-buru mengundang jasa tukang untuk menyelesaikan masalah engsel pintu berderit. Pasalnya, sebatang sabun aja sudah bisa mengatasinya. Cukup gosokkan sabun batang pada tepi engsel pintu yang berderit selama ini. Lalu, coba gerakkan pintu untuk memastikan deritnya telah hilang. Gosokkan sabun lagi bila bunyi derit dirasa masih menganggu.

Itu dia 10 kegunaan sabun batang yang nggak kamu sadari selama ini. Punya segudang manfaat sabun batang bisa jadi solusi untuk masalah perabotan rumah tangga. Jadi, sabun batang nggak cuma bikin tubuh bersih aja.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE