Serba-serbi Tepung Mocaf yang Perlu Kamu Tahu. Tepung Lokal ini Banyak Banget Manfaatnya!

Manfaat tepung mocaf

Hayo, siapa yang belum tahu soal tepung mocaf?

Advertisement

Tepung mocaf atau modified cassava flour adalah inovasi tepung keren dari bahan dasar singkong. Umbi-umbian ini termasuk tanaman lokal yang dapat ditemukan di hampir seluruh wilayah di Indonesia. Namun sayangnya, banyak orang tampaknya belum kenal baik deh dengan tepung mocaf. Padahal tepung yang satu ini diharapkan mampu jadi inovasi diversifikasi pangan lokal supaya akhirnya kita bisa mengurangi impor gandum atau terigu.

Yuk kenali ragam manfaat tepung mocaf mulai dari sebagai bahan pangan alternatif. Nah, semoga setelah membaca artikel ini kamu jadi terinspirasi mencoba bikin kue, cookies, atau kreasi makanan lain dari tepung mocaf~

Advertisement

1. Beda dari tepung-tepung dari singkong biasa, tepung ini cita rasanya cukup netral dan mudah dilarutkan sehingga cocok jadi pengganti terigu

Semua itu karena pembuatannya lewat proses fermentasi | Credit: T.K. Naliaka, CC BY-SA 4.0 via commons.wikimedia.org

Dilansir dari laman Detikfood, proses fermentasi ini menyebabkan perubahan karakteristik tepung berupa naiknya viskositas, kemampuan gelasi, daya rehidrasi dan kemudahan melarut. Alhasil, mocaf memiliki cita rasa dan tekstur yang netral dengan menutupi cita rasa singkong hingga 70%. Inilah yang membedakan tepung mocaf dengan tepung singkong lainnya, seperti tepung tapioka atau tepung kanji.

2. Bukan cuma bisa jadi pengganti terigu yang nyaris sempurna, tepung mocaf juga oke banget untuk kamu yang ingin beralih ke gaya hidup sehat. Kandungan gizinya tuh lo~

Kandungan gizinya relatif lebih tinggi daripada tepung kebanyakan | Sumber data dari database Kemenkes 2018 yang dilansir dari laman NilaiGizi via hipwee.com

Berdasarkan tabel informasi nilai gizi di atas yang dilansir dari situs database bahan pangan (Kemenkes, 2018) NilaiGizi.Com, tepung mocaf memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap mulai dari berbagai vitamin, kalium, dan fosfor. Selain itu, kandungan gizi terpung mocaf yang menjadi unggulan dibanding tepung lainnya adalah kandungan zat besi, karbohidrat dan serat pangan yang cukup tinggi. Inilah yang membuat tepung mocaf memiliki ragam manfaat sebagai bahan pangan yang sehat dan bergizi tinggi.

Advertisement

3. Selain kandungan gizi yang berlimpah, tepung mocaf merupakan tepung rendah lemak. Bisa banget nih buat yang pengin menurunkan beberapa kilogram!

Sumber karbohidrat yang kandungan lemaknya rendah | | Kreator: CUNDO via id.depositphotos.com

Dibanding tepung lain seperti tapioka, gandum, terigu, serta tepung berbahan kentang dan jagung, tepung mocaf merupakan tebung dengan kandungan lemak yang paling rendah; yaitu hanya 0,60 gram / 100 gram atau hanya 0,90% saja. Sebagai tepung rendah lemak, mocaf sering dimanfaatkan sebagai bahan pangan pokok pengganti sumber karbohidrat lain pada program diet sehat. Biasanya tepung mocaf diolah menjadi roti, mi, bubur dan berbagai kudapan.

4. Rendah gula dan kaya serat, tepung mocaf pun sangat cocok dimasukan dalam rangkaian diet penderita diabetes

Singkong atau tepung mocaf adalah sumber karbohidrat yang lebih tidak berisiko bagi penderita diabetes | Photo by Annie Spratt via unsplash.com

Tepung mocaf sering dijadikan bahan alternatif pengganti terigu dan gandum pada produk makanan khusus penderita diabetes. Menurut para ahli, kandungan zat skopoletin yang dihasilkan dari proses fermentasi dan efek farmakologi singkong pada tepung mocaf bermanfaat sebagai anti kanker dan anti tumor. Selain itu, kandungan serat yang cukup tinggi yaitu mencapai 20% sangat baik untuk memelihara kesehatan pencernaan.

5. Tepung mocaf juga memiliki kandungan gluten yang rendah lo. Jadi cocok banget untuk mereka yang alergi gluten atau menjalani diet rendah gluten seperti kebanyakan penderita autis

Ilustrasi makanan rendah gluten | Photo by Katerina Holmes via www.pexels.com

Kandungan protein yang sangat rendah pada tepung mocaf membuat kandungan gluten juga sangat rendah atau pada batas yang sangat aman dikonsumsi penderita autis, bahkan pada beberapa merek berlabel khusus, tepung mocaf benar-benar bebas dari kandungan gluten.

Penderita autis memiliki keistimewaan tersendiri salah satunya tidak memiliki enzim pencerna gluten, sehingga mereka sangat menghindari makanan mengandung gluten yang biasanya terkandung dalam olahan tepung terigu. Hal ini karena mengonsumsi gluten di atas ambang toleransi akan mengakibatkan gluten mengendap dalam tubuh, sehingga mengganggu fungsi kerja organ tubuh yang memicu gangguan perilaku. Berkat adanya tepung mocaf, penderita autis dan orang-orang yang memiliki keistimewaan enzim pada tubuh mereka bisa menikmati makanan yang sehat dan lezat.

6. Tersedia dalam berbagai pilihan merek dagang, tepung mocaf jadi mudah dikreasikan menjadi berbagai macam hidangan lezat

Berbeagai macam merek tepung mocaf yang ada di pasaran  via www.blibli.com

Seperti tepung lainnya, saat ini tepung mocaf tersedia dalam berbagai merek dagang mulai dari yang premium dan organik hingga tersedia dalam kemasan curah. Tepung mocaf memiliki kualitas yang lebih bagus dibanding tepung terigu karena warnanya yang lebih putih dan sama sekali tidak memiliki aroma seperti tepung singkong lainnya.

Hal ini membuat tepung mocaf mudah diolah menjadi berbagai macam makanan mulai dari gorengan misalnya udang goreng tepung, pastel, lumpia; hingga cake dan cookies misalnya brownies, bolu pandan dan crapes cakes. Selain itu, tepung mocaf juga dijadikan bahan dasar di industri mi, bihun dan krupuk.

Nah, ada satu hal yang mungkin harus diperhatikan ketika mengolah tepung mocaf atau menggunakannya sebagai pengganti tepung terigu. Meski rasanya mirip dan bahkan punya serentetan keunggulan, tekstur tepung mocaf memang tidak seelastis tepung terigu karena rendahnya kandungan gluten. Teksturnya pada adonan akan cenderung ‘ambyar’ dan memiliki karakter yang kurang pulen. Ini membuat pengolahan tepung mocaf bisa dibilang tidak mudah untuk diolah menjadi beberapa makanan yang mengandalkan adonan kalis. Tapi jangan khawatir, tepung mocaf tetap mudah diolah menjadi makanan yang biasanya berbahan tepung terigu protein rendah.

Tertarik untuk mencoba tepung mocaf? Jangan ragu ya, karena selain memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, tepung ini juga memiliki harga yang relatif lebih murah dibanding tepung gandum dan miliki harga yang sama dengan tepung terigu dan tepung singkong lainnya. Cocok banget, kan untuk program diet dan menu sehat yang lezat dan hemat.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE