Wajah adalah citra pertama dari diri yang dinilai oleh orang lain secara langsung. Kamu sering dengar istilah face to face, ‘kan, daripada body to body? Ya, karena wajah adalah bagian tubuh seseorang yang sangat sakral. Tapi bukan berarti bagian yang lain nggak penting loh, ya!

Nah, berbicara soal wajah, Hipwee sudah pernah bahas tentang wajah baby face sebelumnya. Kali ini Hipwee akan mengulas alasan tentang kenapa wajah bisa tampak lebih tua daripada umur yang sebenarnya. Eits, tenang aja, ini bisa dihindari kok…

1. Ternyata sinar matahari di siang hari itu nggak bersahabat dengan wajahmu. Jadi, hindari panas-panasan yang cuma bikin wajah terlihat kuyu.

Panas banget, Kak. 🙁 via www.vancitybuzz.com

Hal pertama yang perlu kamu hindari adalah jangan kluyuran di siang hari bolong. Selain karena panas yang menyengat kulit, sinar matahari siang juga bisa mempercepat penuaan di muka karena paparan sinar ultraviolet (UV). Kamu tentu nggak mau ‘kan kulitmu terlihat lebih hitam, kering, dan tua? Makanya, selalu pakai lotion tabir surya setiap mau keluar rumah, ya!

2. Air putih bisa membuat wajah tampak mempsona. Kalau jarang minum air, bisa juga bikin kamu kelihatan tua.

Ya ampun. Jangan cuma disenyumin! Diminum, Dik! via www.popsugar.com.au

Advertisement

Tubuh manusia itu terdiri dari 80% air. Kalau kamu jarang minum air putih, tentu badanmu akan kekurangan cairan, yang berakibat pada dehidrasi. Seketika itu juga, kamu merasa lemas dan kurang gairah. Karena pencernaanmu terganggu, metabolisme tubuh yang menurun, dan sirkulasi darah yang kurang baik.

Menyangkut sirkulasi darah yang kurang baik, kebutuhan sel-sel darah di wajah akan menurun. Itulah sebabnya jika kurang minum air putih dapat mengerutkan kulit-kulit wajah, dan terlihat lebih tua di usia muda. Ngeri ‘kan? Makanya banyakin minum air putih dong…

3. Masalah pasti ada, tapi jangan kamu pikirkan saja. Stres terbukti bisa meningkatkan jumlah kerutan di muka.

Jangan cuma dipikir, Mbak. Dikerjain. via www.partyprintables.com.au

Mungkin terlalu banyak masalah yang kamu hadapi. Namun, sebaiknya jangan cuma dipikirkan dan segeralaj mencari solusi. Pasalnya hanya memikirkan masalah tanpa mencari solusi penyelesaian malah akan berakibat fatal.

Nah, beberapa penelitian mengatakan bahwa banyaknya masalah yang kamu pikirin bisa memicu stres, dan stres bisa mempercepat penuaan pada sel-sel dalam tubuh. Mungkin kamu bisa segera bercermin untuk memastikannya. Oh iya, jangan mengerjakan beberapa pekerjaan dalam satu waktu. Hal itu juga bisa bikin stres ternyata.

4. Cucilah muka sebelum tidur atau wajahmu akan dipadati debu dan polusi yang menyebabkan penuaan dini!

Cuci muka dulu, Mas… via www.hbo.com

Kegiatan sehari-hari membuatmu sungguh letih? Dan kamu pengin buru-buru tidur? Eits! Ingat, jangan langsung tidur, ya! Tanpa mencuci muka terlebih sebelum tidur, bisa memicu penuaan dini di wajah loh. Karena toksin dari debu dan polusi bisa numpuk di kulit wajah dan itu menyumbat pori-pori. Belum lagi mukamu bisa dipenuhi jerawat! Duh, bahaya ‘kan?

5. Sering mengonsumsi gula ternyata bisa menimbulkan berbagai hal yang nggak baik. Muka berkerut adalah salah satu akibatnya.

Gunungan gula. via www.huffingtonpost.com

Mengonsumsi gula terlalu banyak dapat menyebabkan wajah mudah terkena iritasi dan keriput. Selain itu, dilansir dari jurnal kesehatan ini, kebanyakan gula juga bisa mempengaruhi proses glikasi, yakni proses penggumpalan protein atau lemak dengan glukosa. Kalau sudah terjadi penggumpalan seperti ini, jaringan di seluruh tubuh bisa menjadi kaku dan mengakibatkan pengerutan. Itulah sebabnya kenapa mulai sekarang kamu harus mengurangi daya konsumsimu terhadap gula!

6. Selain karena alkohol mahal harganya, minuman ini ternyata bisa mempengaruhi kondisi wajahmu.

Bahaya laten! via www.mycity-web.com

Buat kamu yang masih suka minum minuman beralkohol, saatnya kamu berpikir ulang demi penampilanmu yang menawan. Alkohol dapat menyebabkan dehidrasi dan bisa mempengaruhi kandungan garam dalam tubuh. Selain itu juga bisa menyumbat reproduksi sel-sel baru yang seharusnya menggantikan sel-sel yang telah mati. Nah, itulah sebabnya, kebanyakan mengonsumsi alkohol bisa bikin wajahmu nggak berseri lagi.

7. Jangankan alkohol, kamu yang kebanyakan minum kopi setiap hari juga terancam kena masalah penuaan di muka!

Mantap! Eh. via tumblr.com

Ya, selain minuman beralkohol, kopi juga bisa memicu penuaan dini. Kalau kamu minum kopi sehari satu sampai dua gelas, masih bisa ditolelir. Tapi kalau lebih dari dua gelas, itu bahaya laten! Kenapa? Karena kopi bisa bikin kamu dehidrasi dan kulitmu kekurangan air. Apalagi kalau kamu minum kopi di pagi hari, sebelum sarapan. Nggak cuma mempercepat penuaan, tapi bisa bikin kamu bermasalah dengan perutmu. Sebaiknya kamu tahan panggilan jiwamu untuk banyak-banyak menenggak kopi.

8. Biasanya, minum kopi kurang lengkap kalo nggak ada rokok. Please guys, itu bukan kebutuhan pokok!

X: “Duh, ngopi kok nggak ada rokoknya!”

Y: “Wah, iya. Bentar, aku beli dulu, ya.”

Aduh! Ini persepsi yang kurang, eh, sangat nggak tepat nih! ‘Ngopi nggak lengkap kalo nggak ada rokok’ itu sebenarnya cuma sugesti. Justru, malah bikin wajahmu yang berseri itu menjadi tampak lebih kusam dan kurang bergairah. Sesapan rokok di mulutmu itu malah bikin otot-otot di wajah, lebih tepatnya mulut, menjadi tertarik (melar). Dan semakin sering kamu merokok, semakin sering pula otot di wajah tertarik. Oh iya, konon minum dengan menggunakan sedotan juga akan sama dampaknya. Sebaiknya mulai berhati-hati, ya…

9. Mahasiswa dan anak muda harus tahu. Begadang terlalu sering emang nggak baik buat kulit wajahmu.

Yaelah, stalking mantan sampe begadang. -_- via wordpress.com

Begadang bisa mempercepat penuaan di wajah? Kalau begadang ngerjain tugas? Skripsi? Sama aja! Apalagi stalking mantan di jejaring sosial. Kurang kerjaan banget itu sih. Tahu nggak, sering begadang itu menyebabkan kantung mata menjadi tebal dan wajah akan tampak sedang murung. Bisa lebih murung lagi kalau kamu abis kepoin akun media sosial dia, dan ternyata dia udah punya penggantimu. Dijamin esok hari kamu tampak lebih murung dan makin tua. Hihihihi.

Guys, kalau kamu ingin tampil lebih segar dan berseri, buang kebiasaan burukmu di atas, ya! Jangan sampai kamu terlihat tua di usia muda. Hidup sehat itu bikin bahagia. 🙂