Termasuk Pura-Pura Menguap, ini 7 Trik Psikologi yang Bantu Kamu Membaca Pikiran Orang Lain

Membaca pikiran orang

Menurut psikologi, gerak tubuh memiliki arti tertentu yang bisa menentukan sikap atau ketertarikan diri seseorang. Makanya, nggak heran, banyak orang yang gemar membaca buku atau literatur lain terkait psikologi untuk mengatahui minat seseorang terhadapnya. Nggak hanya mengetahui minat seseorang saja, melalui kacamata psikologi, kamu pun bisa membaca isi pikiran orang lain lo!

Advertisement

Nah, jika kamu berniat ingin mengetahui isi pikiran seseorang terhadapmu, beberapa cara berikut bisa dilakukan.

1.  Perhatikan nada bicaranya, termasuk intonasi dan pemilihan kata saat dirinya menjeda pembicaraan

nada bicara via unsplash.com

Nada bicara itu nggak sama dengan volume, ya! Nada bicara lebih mengarah ke intonasi dari kalimat yang diucapkan. Nah, jika lawan bicaramu berbicara dengan nada yang lebih cepat atau keras, bisa jadi ada hal lain yang dipikirkan olehnya.

Kamu juga bisa membaca pikiran seseorang dengan memperhatikan apakah dia sering menjeda perbincangan dengan kata ‘hmm’ atau ‘uh’. Jika iya, bisa jadi ia sedang dalam kondisi gugup atau gelisah lo!

Advertisement

2. Melalui bahasa tubuh, kamu juga dapat mengetahui hal-hal tertentu yang dirahasiakan oleh seseorang

bahasa tubuh via www.freepik.com

Bahasa tubuh merupakan refleksi jujur seseorang atas apa yang ia rasakan. Nah, berikut beberapa bahasa tubuh yang bisa digunakan untuk mengindikasi seseorang sedang merasa nyaman atau nggak.

Bahasa tubuh positif:

Advertisement
  • Mencondongkan tubuhnya ke arahmu
  • Duduk dengan santai
  • Melakukan kontak mata
  • Senyumnya lepas, bukan dipaksakan

Bahasa tubuh negatif:

  • Tubuhnya diarahkan menjauh
  • Menyilangkan tangan atau kaki
  • Menggerakkan jari atau kaki
  • Memalingkan wajah ketika berbicara

3. Jarak ketika mengobrol pun bisa jadi salah satu cara untuk mengetahui isi pikiran seseorang

jarak saat ngobrol via headtopics.com

Jarak bisa digunakan untuk menentukan kedekatan emosional seseorang terhadapmu. Biasanya jika seseorang merasa nggak nyaman atau sedang malu dan takut, mereka akan menjaga jarak denganmu. Nggak hanya jarak, untuk dapat mengetahui isi pikiran seseorang, kamu juga perlu memperhatikan ekspresi wajahnya, ya!

4. Meski seseorang terlihat tertarik dengan obrolanmu, namun dengan memperhatikan ekspresi wajah secara detail, kamu bisa mengetahui isi pikiran mereka sebenarnya lo!

ekspresi wajah via unsplash.com

Ekspresi wajah seseorang diatur saraf otak yang berhubungan dengan psikologinya.  Meski hanya terjadi selama beberapa detik, lekuk di ujung bibir bisa menunjukkan bahwa seseorang tersebut nggak setuju terhadapmu lo!

5. Bahkan, cara berjalan juga jadi salah satu hal yang menunjukkan isi pikiran seseorang secara psikologis

cara jalan via unsplash.com

Seorang yang memiliki kepercayaan diri akan berjalan dengan mengayunkan tubuh dengan pasti. Namun, mereka yang minder cenderung berjalan dengan menundukkan kepala. Nah, jika salah seorang temanmu sering berjalan dengan menundukkan kepala baiknya lakukan pendekatan terhadapnya supaya ia jadi lebih percaya diri.

6. Nah, jika kalian sudah cukup dekat, kamu bisa mengetahui isi pikirannya dari caranya menyentuhmu

jabat tangan via www.pexels.com

Saat bertemu seorang baru, biasanya kita akan saling bersalaman untuk menunjukkan kesopanan. Nah, cara ini bisa kamu gunakan untuk membaca isi pikiran seseorang lo! Jika saat bersalaman genggamannya lebih kuat, bisa jadi ia memang tertarik kepadamu. Hal ini juga berlaku sebaliknya, ya!

7. Jika ingin menguji apakah dia tertarik dengan obrolanmu, cobalah untuk menguap

menguap via unsplash.com

Meski terkesan mustahil, namun kamu bisa melihat isi pikiran seseorang meski posisinya jauh denganmu. Caranya ialah dengan mencoba pura-pura menguap. Nah, jika seorang yang kamu curigai sedang memperhatikanmu, ia akan mengikutimu menguap lo! Wah, boleh dicoba nih!

Nah, mulai sekarang coba deh perhatikan orang-orang di sekelilingmu. Apakah mereka melakukan beberapa hal yang sudah disebutkan di atas?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE