Ini Rahasia Bikin Tweet Viral di Twitter. Asal Tahu Caranya, Kamu Bisa Terkenal Juga

Membuat tweet viral

Meski Instagram makin banyak penggemarnya, hingga kini Twitter tetap berjaya. Sebagian orang lebih suka pakai media sosial ini karena kontennya lebih jujur dan mendekati realita. Kita bisa bercerita tentang apa pun, mulai dari pengalaman sehari-hari sampai sampai kritik tentang isu sosial. Apalagi sekarang muncul tren nulis thread di Twitter, yaitu gabungan beberapa tweet yang membentuk satu cerita. Jadi makin kreatif deh!

Advertisement

Namun, nggak semua cuitan di Twitter jadi viral. Hanya sebagian kecil yang bisa dapat like, retweet, dan reply bertubi-tubi. Apa sih rahasianya? Yuk simak strategi berikut ini.

Ceritakan hal-hal yang unik dan berbeda. Soalnya warganet nggak tertarik sama tweet yang biasa aja

Pikir dulu yang cermat~ via blog.livewell360.com

Setiap hari, ada banyak banget orang yang nge-tweet. Kalau kita bukan selebtwit, memang susah buat mencuri perhatian di tengah keramaian. Tapi sebetulnya ada cara ampuh lho! Biar jadi viral, ceritakan aja hal-hal yang unik dan berbeda. Misalnya suatu pengalaman yang jarang dialami orang lain. Kalau nggak, kamu bisa menceritakan hal yang sebetulnya udah umum, tapi ganti sudut pandang ceritanya.

“Dulu saya menulis thread tentang kesedihan yang pernah saya alami. Tentang ditinggalkan seseorang. Tapi saya ingin buat yang beda. Kalau biasanya laki-laki cenderung terlihat kuat selepas ditinggalkan, saya sebaliknya. Saya memasang image sebagai cowok yang lemah, yang hancur selepas ditinggal pergi seseorang. Dan pada saat itu, jarang banget ada lelaki yang speak up soal pengalaman sedihnya ditinggalin seseorang di media sosial,” jelas akun @nadzifalaqol.

Rajin-rajin cek isu yang sedang trending di Twitter. Padukan dengan pengalamanmu sendiri, biar inovatif dan menarik hati

Yuk pandai dalam bermain Twitter! via dailysocial.id

Setiap hari, hal-hal yang populer atau trending di Twitter pasti berubah. Sebaiknya, cek secara rutin buat menambah idemu. Padukan dengan pengalamanmu sendiri, biar terasa lebih unik dan segar. Siapa tahu tweet-mu bakal jadi trending yang selanjutnya!

“Liat di Twitter lagi trending apa. Terus gabungin sama obrolan di tongkrongan. Jadi, aku punya tempat nongkrong. Tempat nongkrongku itu, isinya anak anak gesrek semua kalo bercanda. Nah, aku mengombinasikan itu dengan isu yang lagi trending di Twitter,” jelas akun @Gyourdan.

Jangan lupa pilih waktu yang strategis, biar kamu makin di-notice!

Perhatikan waktu ya~ via manyfaces.armitron.com

Semenarik apa pun cuitanmu, kalau dipublikasikan pas tengah malam, ya bakal sedikit yang merespons. Itulah pentingnya memilih waktu yang tepat. Biasanya orang-orang sering membuka Twitter sekitar pukul 19.00 hingga 22.00. Manfaatkanlah momen itu buat nge-tweet. Jadi cuitanmu punya kemungkinan yang lebih tinggi buat direspons orang lain dan jadi viral.

Advertisement
Supaya makin ramai, tag akun-akun terkenal buat retweet cuitanmu. Jadi semakin banyak yang tahu~

Tag yang banyak yha~ via www.sheknows.com

Kalau punya cerita yang menarik, nggak perlu malu-malu buat mempromosikannya. Tag aja akun-akun terkenal supaya mereka membaca cuitanmu. Misalnya akun selebritas, akun official suatu media, dan sebagainya. Siapa tahu mereka bakal menyukai dan me-retweet cuitanmu. Dampaknya, para pengikut mereka bakal melihat cuitanmu juga dan menambah kesempatan buat jadi viral.

“Setelah saya yakin bahwa thread saya layak dibaca, dulu saya pakai base askmenfess buat nge-up cerita ini. Askmf sendiri akun yang punya followers lumayan banyak,” saran akun @nadzifalaqol.

Nggak ada salahnya ‘tebar jala’ duluan. Sering-sering deh like, retweet, dan reply cuitan orang lain biar mereka kasih perhatian

Menarik nih caranya! via www.freepik.com

Jangan hanya menunggu diperhatiin orang lain. Kita juga perlu ‘menebar jala’ duluan buat menarik perhatian mereka. Caranya adalah sering-sering like, retweet, dan reply cuitan orang lain. Siapa tahu dia bakal melakukan hal yang sama buatmu. ‘Kan lumayah tuh, apalagi kalau jumlah pengikutnya banyak.

Like, retweet, atau reply cuitan para selebtweet. Jadi, ini berguna untuk eksistensi akun aja. Sering melakukan itu bisa membuat akunmu menjadi di-notice orang. Biasanya, kalo udah di-notice kemudian orang kepo, maka banyak yang retweet balik tweet-mu,” jelas akun @Gyourdan.

Itulah berbagai cara buat jadi viral di Twitter. Yang penting tetap jaga etika ya, jangan sampai menyebar hoax atau aib pribadi hanya karena pengen tenar. Sebaiknya, jadilah terkenal karena hal-hal yang baik dan bermanfaat. Selamat mencoba!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Tinggal di hutan dan suka makan bambu

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE