Nggak Cuma Matiin Lampu, 8 Cara Mencegah Laron Biar Nggak Masuk Rumah ini Juga Cukup Ampuh

Mencegah laron masuk rumah

Menjelang dan sepanjang musim hujan, biasanya laron sering muncul dan menyerbu lampu teras. Meski nggak berbahaya, namun kerumunannya sering bikin kita risi, apalagi kalau sudah masuk ke dalam rumah. Mau naruh makanan atau minuman di meja saja khawatir kalau-kalau nanti ada laron masuk ke dalamnya.

Advertisement

Nah, sebelum benar-benar mengganggu, kamu bisa melakukan beberapa cara untuk mencegah laron masuk ke dalam rumah. Berikut solusi yang sudah Hipwee Tips rangkum dari banyak sumber.

1. Tutuplah semua akses yang memungkinkan laron masuk rumah

tutup akses via id.wikihow.com

Kalau teras mulai banyak laron, baiknya segera tutup pintu dan jendela rumahmu. Bahkan kalau bisa, kamu juga harus menutup ventilasi rumah. Meski nggak begitu efektif karena ujung-ujungnya kamu tetap membuka pintu, cara ini bisa meminimalisir laron yang masuk.

2. Matikan seluruh sumber cahaya yang ada di dalam rumah supaya laron nggak tertarik masuk

matikan lampu via hellosehat.com

Laron itu suka banget berkumpul di sumber cahaya. Untuk menghindarinya, kamu perlu mematikan lampu rumah. Tapi kalau laron sudah terlanjur masuk, kamu bisa memancingnya keluar dengan mematikan lampu di dalam rumah dan menyalakan lampu teras saja.

Advertisement

3. Buatlah jebakan dengan menggunakan baskom yang diisi air

jebakan baskom via www.infobaru.id

Jebakan ini dibuat supaya laron yang sudah jatuh nggak bisa terbang lagi. Meski nggak semua kena jebakan, setidaknya jumlah laron akan berkurang karena sebagian masuk di baskom air. Biar makin efektif, kamu bisa menaruh lampu atau lilin kecil di dekat area baskom yang diisi air ini.

4. Cabai merah yang digantung dekat lampu juga bisa bikin laron menjauh

gantung cabe via www.tokopedia.com

Aroma dan rasa pedas dari cabai merah sangat nggak disukai oleh laron. Agar aroma pedasnya makin kuat, kamu bisa membelah cabai merah ini menjadi dua bagian. Selain di dekat lampu, kamu bisa menaruh cabai merah di area dekat pintu atau jendela untuk mencegah laron masuk.

5. Bau harum rumput vetiver bisa bikin laron malas datang ke rumahmu

tanam rumput via www.dekoruma.com

Rumput ini mengandung zat nootkatone yang bisa mengusir laron dan rayap. Kamu bisa memotong rumput ini lalu menaruhnya ke dalam vas dan dekatkan ke sumber cahaya agar laron nggak mengerubunginya. Atau kamu juga menanam rumput ini di sekitar pekarangan rumah untuk menghalau laron.

Advertisement

6. Kamu juga bisa menggunakan lampu pengusir laron yang dijual di toko elektonik

lampu pengusir laron via okdogi.com

Sinar ultaraviolet dari lampu ini bisa membuat laron mendekat. Nah, ketika laron sudah menempel, lampu akan berubah suhu jadi lebih panas, akibatnya laron pun terpanggang dan mati seketika. Nggak perlu bingung, lampu anti laron ini bisa kamu beli di toko elektonik manapun kok.

7. Kalau rumahmu ber-AC, kamu bisa menyalakannya untuk membuat laron pergi

nyalakan AC via www.pzhgenggong.or.id

Selain mendekati cahaya untuk mencari jodoh, laron juga melakukannya agar tubuhnya tetap hangat. Makanya, kamu bisa menyalakan AC di rumah supaya laron keluar dan mencari udara yang lebih hangat di tempat lain.

8. Kalau benar-benar ingin bebas dari laron, kamu bisa menyemprotkan insektisida

semportan anti laron via www.dekoruma.com

Saat laron mulai berkerumun di dekat lampu, kamu bisa menyemprotkan insektisida ke arah bohlam lampunya. Setelah beberapa saat, biasanya laron akan berjatuhan ke lantai. Nah, supaya laron nggak balik lagi, kamu bisa menaruh baskom air di area bawah lampu.

Selain berbagai cara di atas, kamu juga bisa memanggil jasa pengusir laron. Kalau mau lebih manjur lagi, basmi laron ketika ia masih jadi rayap. Sebab, ketika masih dalam fase ini laron jadi lebih mudah dibasmi.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE