Rahasia Ibu Saat Mencuci dan Menjemur Baju, Dijamin Nggak Gampang Molor dan Pudar Warnanya~

Mencuci baju ala ibu

Peran seorang ibu dalam keberlangsungan rumah tangga ternyata begitu besar. Ada banyak hal-hal ‘sepele’ yang diterapkan oleh mereka namun rupanya memiliki dampak begitu besar. Beberapa di antaranya bahkan tak disadari oleh banyak orang. Salah satunya adalah bagaimana rahasia mereka dalam mencuci dan juga menjemur pakaian.

Advertisement

Seperti yang kita tahu, mencuci dan menjemur pakaian jika dilihat secara sepintas nampak begitu mudah. Namun, jika salah perlakuan sedikit saja bisa membuat rusak pakaian tersebut. Mulai dari molor hingga warnanya pudar. Nah, ternyata ada tips rahasia ala ibu untuk menghindari hal semacam itu lo. Simak yuk!

1. Satu hal yang kerap jadi kebiasaan banyak orang sebelum mencuci pakaian adalah merendamnya terlalu lama. Jangan dilakukan lagi ya!

Tidak dianjurkan merendam terlalu lama / Foto: Harapan Rakyat via www.harapanrakyat.com

Rahasia mencuci ala ibu pertama yang harus diperhatikan adalah bagaimana kita harus memperlakukan pakaian kotor sebelum benar-benar dicuci. Biasanya, banyak orang yang merendam pakaian dengan alasan agar wangi dan kotorannya terangkat. Namun, jika hal tersebut dilakukan terlalu lama, bukannya mengangkat kotoran namun malah membuat kain menjadi rusak dan warna berangsur pudar.

Idealnya, rendam pakaian kotor maksimal 15 menit saja. Jangan lebih dari itu jika ingin pakaianmu juga tetap terawat. Selain itu, hindari menggunakan detergen secara berlebihan.

Advertisement

2. Jika sudah dicuci dan berniat menjemurnya, jangan terlalu sering memeras pakaian untuk mengeringkannya!

Hindari memeras pakaian terlalu sering / Foto: Dekoruma via www.dekoruma.com

Memeras pakaian sebelum menjemur memang menjadi salah satu cara yang ampuh untuk mengeringkannya. Namun, ternyata ada dampak buruk yang dihasilkan lo. Apalagi jika kamu melakukannya terlalu sering. Pakaian yang kerap diperas dalam kondisi basah akan berdampak pada elastisitas kainnya. Akibatnya, kerah akan menjadi lebih molor.

Untuk menggantinya, kamu bisa mengibaskan pakaian tersebut secara berulang-ulang hingga dirasa cukup. Atau jika tidak, bisa juga menekannya tanpa harus memeras untuk mengeluarkan kandungan airnya.

3. Bagian paling fatal namun kerap diabaikan, usahakan untuk membalik pakaian ketika hendak menjemurnya

Advertisement

Menjemur pakaian dengan baik via www.consumerreports.org

Bagi yang tak biasa menjemur pakaian, mungkin langkah ini bakal mengundang banyak pertanyaan. Ya, menjemur pakaian dengan benar adalah dalam kondisi terbalik. Dalam hal ini, bagian dalam pakaian dibalik menjadi berada di luar. Dengan demikian, yang terkena matahari secara langsung adalah bagian dalamnya.

Hal tersebut dilakukan bukan tanpa alasan lo. Sinar matahari akan mempengaruhi warna pada pakaian yang baru dijemur. Dengan membaliknya, langkah itu dimaksudkan agar warna pada bagian luar tak cepat pudar.

4. Terakhir, jangan lupa menjemur dengan gantungan baju atau dengan penjepit

Menjemur pakaian dengan gantungan via www.instructables.com

Bagian yang satu ini juga kerap tak dihiraukan oleh banyak orang. Hindari menjemur pakaian langsung pada tali karena akan merusak tekstur kain, terlebih jika yang dijemur adalah pakaian bayi. Sebaliknya, sangat disarankan untuk menggunakan gantungan atau penjepit baju sebagai alat bantu saat menjemur.

Dengan begitu, pakaian yang dijemur tetap bagus dan kelembutan kainnya tetap terjaga. Selain itu, menjemur dengan gantungan dan juga penjepit akan membuatnya tetap rapi jika sudah kering, bahkan sekalipun kamu belum sempat menyetrikanya.

Kedengarannya memang sepele dan mudah, tapi kalau nggak dilakukan bakal membuat pakaian menjadi kusut, luntur, molor, hingga rusak. Nggak ada salahnya kok mempelajari rahasia-rahasia ala ibu rumah tangga~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE