Daripada ‘Nggerundel’ di Belakang, ini 5 Cara Sopan Menegur Teman yang Bau Badan

Menegur teman bau badan

Produksi keringat berlebih bisa memicu bau badan seseorang. Selain membuat nggak percaya diri, bau badan ini terkadang mengganggu orang-orang di sekitar. Sayangnya, nggak semua orang sadar bahwa ia memiliki bau badan dan jadi masalah buat sekelilingnya. Hal ini biasanya bikin kamu yang jadi korban lantas bingung dan serba salah dalam bersikap — antara pengen menegur tapi nggak enak.

Advertisement

Nggak perlu khawatir, jika cara menegurmu sopan, mereka yang punya bau badan nggak akan tersinggung dan marah kok. Nah, berikut beberapa cara sopan yang bisa kamu coba untuk menegur teman yang bau badan. Patut dicoba demi kenyamanan bersama.

1. Jangan gunakan sindiran untuk membuat temanmu sadar bahwa ia memiliki bau badan

jangan disindir via infinityrimapts.com

Menyindir temanmu nggak dianjurkan sebab dapat dimaknai berbeda dan pesanmu malah jadi nggak tersampaikan. Selain itu, menyindir juga bisa memicu perasaan nggak enak dari teman bicara lain saat sedang berkumpul bersama.

2. Cobalah berikan rekomendasi parfum secara terselubung saat kalian sedang ngobrol santai

kasih rekomendasi parfum via whispered

“Eh parfum itu enak, lo! Wanginya lumayan. Cobain deh!”

Advertisement

Cara tersirat ini bisa kamu coba jika kalian sedang ngobrol berdua dengannya. Memberi rekomendasi produk jauh lebih dianjurkan daripada cuma menyindir saja.

3. Taruh parfum atau deodoran di atas meja kerjanya dan tulis surat agar dia nggak tersinggung

taruh parfum dan surat di atas meja via www.etsy.com

“Maaf, ya! Aku nggak enakan mau bilang langsung, jadi aku tulis di surat saja.”

Cukup dengan menuliskan kalimat tersebut, maka temanmu akan tahu jika selama ini kamu nggak nyaman dengan bau badannya. Jangan lupa untuk menuliskan kata ‘maaf’ agar temanmu ini nggak tersinggung.

Advertisement

4. Manfaatkan momen ngobrol berdua dengannya untuk berkata jujur bahwa ia bau badan

ngobrol berdua via www.healthline.com

Menegur di depan banyak orang akan membuatnya malu dan marah. Untuk itu, cobalah bicarakan dengan baik-baik saat kalian sedang ngobrol berdua. Terus terang sajalah jika memang bau badannya mengganggu. Agar terkesan lebih sopan, pilih kata yang nggak membuatnya tersinggung, ya! Jangan lupa juga beri solusi kepadanya.

5. Jika kalian memang teman akrab, kamu bisa menegurnya dengan menyelipkan di candaan kalian

“Sini aku bisikin. Maaf nih, kamu kok agak bau badan, ya!”

Meski diperbolehkan, tapi usahakan jangan terlalu frontal. Meskipun akrab, bisa jadi ia akan tetap marah kalau kamu keterlaluan ngomongnya. Kalau kamu dan dia sedang ngobrol dengan banyak teman, coba bisikan saja teguranmu.

Karena sudah memberanikan diri menegur, kamu juga harus siap dengan risikonya nanti. Barangkali temanmu malah jadi nggak enakan, kan bisa saja tuh. Tapi, setidaknya kamu sudah mencoba menegur dengan cara yang sopan.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE