4 Cara Menghapus File Sampah yang Bikin Memori HP Kepenuhan. Dijamin Performa Lancar Jaya!

Menghapus file sampah pada HP

Kalian pasti pernah merasakan momen di mana kinerja HP semakin menurun dan muncul peringatan bahwa memori internal hampir penuh. Padahal setelah dilihat-lihat kembali, aplikasi yang terinstal di dalamnya nggak seberapa banyak apalagi berukuran berat. Hal itu tentu mengganggu banget, terlebih bagi kalian yang kesehariannya memang nggak bisa lepas dari HP.

Advertisement

Keberadaan file nggak penting namun lokasinya tersembunyi jadi salah satu penyebab kondisi HP jadi seperti ini. Dengan menghapus file tersebut, performa HP-mu dipastikan akan segera normal kembali. Berikut beberapa caranya, simak sampai habis ya!

1. Coba cek kembali data kamera yang tersimpan, kalau dirasa nggak penting, mending langsung dihapus aja

Menghapus data kamera melalui File Manager via c.mi.com

Coba cek data kamera melalui aplikasi File Manager. Caranya cukup mudah, tinggal masuk ke aplikasi File Manager – Internal – DCIM dan kamera. Lihat kembali foto atau video, kalau dirasa nggak penting, langsung hapus saja. Ingat, berkembangnya teknologi kamera HP membuat file-file yang dihasilkan juga semakin besar.

2. Jika masih kurang, cobalah untuk menghapus cache aplikasi

Menghapus cache jadi salah satu langkah yang jitu /  Foto via Dailysocial via dailysocial.id

File cache berasal dari aplikasi yang terinstal. Untuk menghapusnya, buka menu Setting pada HP kemudian menuju ke menu aplikasi. Setelah melihat aplikasi apa yang kira-kira memiliki cache besar, langsung menuju ke bagian penyimpanan untuk menghapusnya.

3. Perhatikan juga data penyimpanan dari aplikasi chatting, biasanya banyak file besar yang perlu dihapus

Menghapus data aplikasi chatting / Foto: leskompi via www.leskompi.com

Masih melalui File Manager, kali ini yang dibutuhkan adalah menghapus data-data usang yang berasal dari aplikasi chatting. Biasanya, yang memiliki junk file terbesar adalah berasal dari aplikasi chat Whatsapp dan juga Line. Terlebih jika kamu mengizinkan aplikasi Whatsapp untuk melakukan auto download.

Caranya juga tak jauh berbeda, cukup masuk melalui File Manager, cari folder bagian Whatsapp maupun Line dan pilih data yang akan dihapus.

4. Langkah pamungkas, instal aplikasi cleaner untuk mendeteksi keberadaan junk files secara otomatis

Advertisement

Salah satu pilihan aplikasi cleaner via inspiration.design

Jika kamu malas untuk membersihkan secara manual, coba deh pakai cara andalan satu ini. Kamu bisa mengunduh aplikasi cleaner dengan mudah pada Appstore yang tersedia. Aplikasi tersebut nantinya akan bekerja secara otomatis mencari file-file yang dianggap memberatkan dan tak perlu disimpan.

Mudah banget kan? Kini jelas nggak perlu khawatir kalau HP-mu tiba-tiba lemot. Pokoknya tinggal gunakan aja cara-cara di atas tadi. Beres dan nggak perlu beli HP baru~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE