7 Trik Rumahan untuk Menghilangkan Bau Asap yang Nempel di Pakaian. Biar Nggak Menyengat~

Menghilangkan asap di pakaian

Residu asap dan polusi yang menempel di pakaian akan membawa dampak merugikan bagi kesehatan. Meski sudah menyiasatinya dengan menggunakan pakaian berlapis, namun karena tingkat polusi negara ini sudah gawat, apalagi belakangan ditambah kebakaran hutan yang memperburuk situasi, residu dan bau asap tetap saja melekat di pakaian.

Advertisement

Nggak usah murka dengan keadaan karena ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bau asap di pakaian, minimal menguranginya.

1. Mengangin-anginkan pakaian adalah cara sederhana yang ampuh untuk menghilangkan bau asap

angin-anginkan pakaian via basementgurus.com

Cara paling sederhana yang bisa kamu lakukan adalah mengangin-anginkan pakaian. Gantung pakaian di tempat dengan sirkulasi udara yang cukup baik dan biarkan semalaman. Atau, kamu juga bisa menjemurnya di bawah terik matahari. Meski efektif, tapi cara ini nggak direkomendasikan karena bisa merusak serat pakaian.

2. Menggunakan semprotan penghilang bau asap yang bisa kamu buat sendiri

pakai semprotan via www.acehardware.co.id

Kalau mengangin-anginkan pakaian masih menyisakan bau asap, kamu bisa menyemprotkan cairan penghilang bau yang bahkan bisa kamu buat sendiri. Kamu cukup mencampurkan kombinasi cuka, air dan essential oil atau pewangi pakaian lalu simpan di botol spray. Tinggal semprot deh~

3. Baking soda yang multifungsi ini juga bisa kamu gunakan untuk menghilangkan bau asap

Gunakan baking soda via www.angieslist.com

Nggak hanya terkenal bisa nyembuhin sariawan, baking soda pun bisa digunakan untuk menghilangkan bau asap yang menempel. Cukup sediakan plastik zip lock, kemudian masukkan baju dan baking soda secukupnya. Gunakan plastik zip lock yang berukuran besar, lalu pastikan baking soda tercampur merata pada pakaian dan diamkan semalam agar baunya terserap dengan optimal.

4. Bedak bayi juga bisa dimaksimalkan untuk menghilangkan bau asap dalam keadaan darurat

bedak bayi juga bisa digunakan dalam keadaan darurat via id.pinterest.com

Nggak enak kan, kalau lagi mau ke acara penting tapi pakaian bau asap jalanan? Untuk keadaan darurat ini, kamu bisa menaburkan bedak bayi ke pakaianmu. Diamkan sejenak lalu kibaskan untuk menghilangkan sisa bedak. Selain bisa menghilangkan bau asap, bedak bayi juga akan memberikan aroma segar pada pakaian.

Cara ini direkomendasikan untuk pakaian berwarna putih ya, biar nggak kentara kalau ada sisa bedaknya gitu.

Advertisement

5. Cuka terbukti sangat ampuh dalam menyerap berbagai aroma tidak sedap, termasuk bau asap pada pakaian

Jemur baju di bawah uap air panas yang telah dicampur cuka via thekrazycouponlady.com

Selain bisa menjadi komposisi semprotan penghilang bau, kamu juga bisa memanfaatkan cuka dengan campuran air hangat untuk menghilangkan bau asap di pakaian. Kamu hanya butuh melarutkan cuka ke dalam air hangat, lalu meletakkan pakaianmu di dekat uap yang dihasilkan.

6. Selain bisa mencerahkan warna kain, lemon juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau asap

tambahkan air perasan lemon ke dalam cucian via www.thekitchn.com

Buah yang satu ini terkenal untuk urusan bersih-bersih. Untuk menghilangkan bau asap di pakaian, kamu hanya butuh menambahkan setengah gelas air perasan lemon ke dalam cucianmu, lalu lakukan metode cuci seperti biasa.

7. Semprotkan atau rendam pakaian dengan larutan alkohol

rendam pakaian dengan air yang telah dicampur alkohol via smartlifetricks.com

Alkohol adalah zat yang paling kuat dalam menyerap bau asap di pakaian. Kamu cukup menuangkan setengah gelas alkohol ke dalam rendaman pakaian, diamkan lalu cuci seperti biasa. Nggak perlu khawatir karena penggunaan alkohol cukup aman untuk serat dan material pakaian.

Selain bikin penampilan kurang maksimal, asap yang menempel di pakaian nyatanya bisa membawa dampak buruk bagi pernafasan dan kesehatan lo. Nah, dengan memaksimalkan cara menghilangkan bau asap di pakaian, setidaknya kamu bisa sedikit terbebas dari dua masalah, yaitu tampilan dan kesehatan. Yuk, coba!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

colour my life with the chaos of trouble

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE