Sepertinya, anggapan yang mengatakan bahwa orang  yang bisa masak belum tentu bisa bikin kue ada benarnya. Sebab, kadang kita masih sering menemui kue yang punya rasa enak tapi baunya amis karena telur. Biasanya ini disebabkan karena cara pengolahanya yang keliru.

Agar bau amisnya nggak mengganggu, kamu perlu melakukan beberapa cara berikut, niscaya rasa dan aroma kuemu bakal lebih lezat.

1. Sebelum memasukkan telur dalam adonan kue, cek dulu kesegarannya

cek kesegaran via www.idntimes.com

Advertisement

Untuk mengeceknya, masukkan butir telur yang masih mentah ke dalam wadah yang berisi air. Telur yang segar akan berada pada posisi miring. Selain itu, lebih baik buka telur di wadah lain terlebih dulu untuk mengecek kesegarannya.

2. Kalau bisa, kurangi jumlah kuning telur untuk meminimalisir bau amisnya

kurangi jumlahnya via doktersehat.com

Jika jumlah yang dikurangi nggak terlalu banyak, kue akan tetap memiliki rasa yang lezat kok. Tapi ini hanya berlaku untuk mereka yang sudah bisa memodifikasi resep, ya!

3. Tambahkan vanili agar bau kue nggak begitu amis karena tercampur telur

pakai vanili via www.tokopedia.com

Meski bisa menghilangkan bau, namun bukan berarti kamu bisa menggunakan vanili sebanyak-banyaknya. Cukup gunakan secukupnya, sebab kalau kebanyakan, kue akan pecah karena terlalu mengembang.

4. Selain vanili, kamu juga bisa menambahkan bubuk kayu manis

bubuk kayu manis via www.tokopedia.com

Advertisement

Kayu manis dapat menambah cita rasa masakan dan memberi aroma harum pada kue. Namun, kamu cukup menggunakannya sebanyak satu sendok makan saja, ya!

5. Tambahkan juga perasan air jeruk lemon ke dalam adonan kuemu

air perasan jeruk via bangka.tribunnews.com

Jika kebetulan kehabisan vanili dan ada air jeruk lemon yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan bau amis. Tapi gunakan secukupnya agar nggak merusak rasa kue.

Yuk, patahkan anggapan yang bilang bahwa bikin kue itu susah. Dengan cara di atas, kamu bisa kok sukses membuat kue yang nggak bau amis telur.

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya