7 Trik Menghilangkan Noda Bekas Spidol Permanen di Berbagai Benda. Termasuk di Wajah Juga

Menghilangkan noda spidol permanen

“Adek, jangan coret meja pakai itu. Itu spidolnya permanen, nggak bisa hilang.”

Advertisement

Sama seperti ibu lainnya, Nindi Ayunda juga sempat bingung ketika mendapati wajah sang anak sudah penuh coretan spidol permanen. Tenang, nggak perlu sepanik itu kok. Ada beberapa cara yang bisa kamu pakai untuk menghilangkan noda bekas spidol permanen. Nggak cuma di badan, bahkan noda di sofa kulit pun bisa dihilangkan.

Lakukan beberapa cara ini supaya noda bekas spidol permanen bisa hilang. Agak effort memang, tapi mudah kok!

1. Untuk benda berbahan plastik, gunakan campuran soda kue dan pasta gigi

soda kue + pasta gigi via vexpresa.pe

Dua bahan aktif ini bisa digunakan untuk melunturkan tinta spidol permanen. Biar efektif, gambar ulang pola noda dengan menggunakan spidol biasa dulu. Kemudian, kamu bisa membersihkan sisanya dengan membuat pasta dari campuran soda kue dan pasta gigi.

Advertisement

2. Gunakan hand sanitizer untuk menghilangkan noda spidol permanen di kain

hand sanitizer via housewifehowtos.com

Cukup tuang beberapa tetes hand sanitizer ke kain, kemudian gosok pelan dengan menggunakan jari hingga nodanya hilang. Setelah itu rendam dan cuci pakain seperti biasa. Namun biar efektif, tambahkan lemon ketika di air rendamannya.

3. Dinding yang kena spidol bisa kamu bersihkan memakai  alkohol

Pakailah cairan pembersih berupa isopropyl alcohol atau rubbing alcohol. Dengan mengunakan kain kering atau sikat gigi, kamu bisa menggosok bagian bernoda secara perlahan. Jangan terlalu kuat karena bisa melunturkan catnya.

4. Pada benda tak berpori, kamu bisa membersihkannya dengan tabir surya atau aseton

Benda tak berpori ini misalnya besi dan alumunium. Kamu cukup mengoleskan sedikit krim tabir surya pada noda, kemudian gosok menggunakan kain bersih. Untuk aseton, baiknya gunakan kapas yang sudah dicelup lalu usap di bagian yang bernoda.

Advertisement

5. Nggak perlu pelitur, untuk perkakas kayu, bisa kamu bersihkan dengan selai kacang

selai kacang via www.eatthis.com

Sebelum dioles selai kacang, seka dulu menggunakan alkohol. Nah, baru deh tempatkan selai kacang dan diamkan dulu selama lima menit. Jika mulai kering, gosok pelan, maka bekas spidol akan hilang dan nggak membekas lagi. Wah, mudah, kan?

6. Di benda dengan bahan kulit gunakan aerosol hairspray dan cuka

hairspray via prelo.co.id

Noda spidol biasanya sering ada di sofa bahan kulit. Tapi jangan panik, dengan mengoleskan aerosol hairspray yang sudah dicampur cuka, kamu bisa kok pelan-pelan menghilangkan nodanya.

7. Untuk badan, bersihkan dengan benda yang aman saja. Biar nggak iritasi~

body lotion via www.bustle.com

Nah, karena area tubuh cukup sensitif hilangkan noda spidol menggunakan yang aman-aman saja. Misalnya, aseton, hand sanitizer, atau body lotion. Cukup oleskan salah satu bahan tersebut di area yang kena noda, kemudian gosok pelan dengan menggunakan cari. Jangan terlalu kencang karena bisa memicu kemerahan pada bagian tubuh lo!

Spidol permanen bisa kamu hilangkan sedikit demi sedikit kok bekasnya. Meski ada beberapa yang masih meninggalkan bekas, setidaknya itu pun nggak sebanyak noda sebelumnya. Nanti kalau sering dibuat mandi juga pasti hilang kok. Tenang!

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE