7 Trik Unik Mengupas Bawang Putih yang Belum Banyak Orang Tahu. Nggak Bikin Tangan Bau!

Mengupas bawang putih

Salah satu bumbu dapur yang sering dipakai ialah bawang putih. Nggak cuma makanan Indonesia saja, bawang putih juga sering dipakai untuk membumbui masakan Jepang, Tiongkok, bahkan Korea. Meski nggak selama mengupas bawang merah, mengupas bawang putih cukup memakan waktu. Pasalnya, bawang putih punya banyak siung dalam satu gerombolannya. Belum lagi bawang putih punya ujung cukup tebal yang bikin kulitnya sulit dikupas.

Advertisement

Tahu nggak sih, ada beberapa trik cepat untuk mengupas bawang putih. Bahkan, tanganmu bakal terbebas dari bau bawang yang lumayan sulit hilang lo!

1. Memotong bagian ujung tebal bawang putih salah satu trik yang sering dilakukan

potong ujung via www.wikihow.life

Pakai pisau yang cukup tajam, lalu potong ujungnya. Jika ujung sudah terpotong, kamu bisa dengan mudah mengupas kulit bawang meski cuma pakai tangan saja. Tapi ini tetap bisa bikin telapak tangan bau, ya!

2. Menggeprek juga bisa bantu mempercepat proses pengupasan

Kamu bisa memakai gagang atau sisi mata pisau untuk menggeprek bawang putih supaya bisa sedikit hancur. Nah, kalau ujungnya sudah pecah, kulit jadi mudah terkelupas. Tapi cara ini nggak dianjurkan kalau kamu mau pakai bawang putih utuh.

Advertisement

3. Lap katun juga bisa kamu gunakan untuk mengupas bawang putih

pakai lap via theindianspot.com

Ikat bagian atas kain, lalu taruh satu siung bawang putih di dalamnya. Setelah itu, kamu bisa mengosok-gosokkan kain yang sudah diisi bawang dengan tangan selama beberapa menit. Pakai kain yang masih bersih, ya!

4. Merendam bawang putih di air hangat juga bisa jadi alternatif

rendam di air via filotecnologa.wordpress.com

Suhu panas air bisa bikin kulit bawang putih jadi mudah terkelupas. Biar nggak mudah busuk, cukup rendam selama lima menit saja. Tapi, kalau bawang putihnya mau kamu simpan lama, mending jangan gunakan cara ini.

5. Nggak perlu pisau, kamu bisa kok mengupas bawang putih menggunakan stoples

pakai stoples via www.dailymail.co.uk

Advertisement

Kalau bawang putihnya cukup banyak, mending pakai cara ini saja. Masukkan beberapa bawang putih (tapi jangan sampai penuh) ke dalam stoples, kemudian tutup rapat dan kocok dengan kuat selama 15 hingga 30 detik. Buka tutup stoplesnya lalu pisahkan bawang dengan kulit yang sudah terkelupas. Kalau masih ada kulit yang nempel, tinggal kocok lagi saja kok.

6. Kalau mau lebih praktis, cungkil saja tiap siung bawang putih menggunakan pisau

Biarkan bawang putih masih dalam bonggolnya, kemudian cungkil satu per satu menggunakan pisau yang ujungnya runcing. Tanpa effort lebih, kamu bisa mengupas kulit bawang putih dengan mudah. Plusnya, tanganmu juga jadi nggak bau.

7. Microwave juga bisa kamu manfaatkan buat mengupas bawang putih dengan mudah

pakai microwave via shareably.net

Biar efektif, pisahkan dulu bawang putih dari tangkainya, lalu taruh di dalam wadah dan masukkan ke microwave. Nggak perlu terlalu lama, 15 hingga 30 detik saja sudah bisa bikin kulit bawang rontok kok. Nah, tinggal kamu bersihkan saja deh sisa-sisanya.

Beberapa trik di atas biar mengupas bawang putih lebih cepat, masaknya pun nggak perlu nunggu lama. Silakan coba di rumah, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE