5 Bocoran dari Pakar Hama untuk Atasi Tikus yang Selalu Lolos dari Perangkap. Hmm, Jadi Gini?

Mengusir tikus efektif

Meski populer sebagai salah satu tokoh kartun terkenal, di kehidupan nyata, keberadaan tikus kerap dihindari. Hal tersebut karena sang pengerat ini suka mengunyah pelbagai barang di rumah dan membawa kuman penyakit. Bahkan kata ‘tikus’ sering diidentikan dengan segala hal yang kotor seperti praktik maling para koruptor~

Advertisement

Walau begitu, membasmi keberadaan tikus di rumah nggak selalu mudah, apalagi ketika musim penghujan. Nah, agar efektif menumpas invasi tikus di rumahmu, berikut 5 saran pakar hama yang bisa kamu lakukan.

1. Menggunakan lada bubuk, irisan bawang, atau benda dapur lainnya enggak cukup efektif untuk mengusir tikus lo!

menggunakan bahan dapur enggak efektif buat basmi tikus via californiagermans.com

Cara-cara alami menggunakan pepermin, lada bubuk, dan irisan bawang memang bisa mengusir tikus. Tapi hal kurang efektif. Juru bicara National Pest Management Association AS, Cindy Mannes, menjelaskan kalau tikus selalu tinggal dekat manusia, jadi bau-bauan tersebut sudah akrab di hidung mereka. Ia menyarankan untuk kamu pakai racun tikus karena jelas efektif.

2. Gunakan jebakan tikus jika racun tikus dirasa kurang aman buat kesehatan

tikus selalu curiga dengan benda baru di sekitarnya via delovoydonbass.ru

Kamu bisa gunakan jebakan tikus karena lebih aman. Tapi karena tikus ini hewan pintar, ia kerap curiga sama sesuatu yang baru di lingkungannya. Triknya, tempatkan jebakan di tempat yang sama selama beberapa waktu. Biar si tikus merasa akrab dan terjebak~

Advertisement

3. Gunakan umpan yang berbeda-beda setiap harinya di jebakan

gunakan umpan yang berbeda-beda via www.themoscowtimes.com

Selain pertahankan lokasi jebakan, kamu harus variatif dengan umpan. Pakar hama tikus, Robert Corrigan, menyarankan kamu untuk gunakan beberapa jenis umpan berbeda selama tiga hari tanpa maksud menangkap si tikus. Setelah tiga hari, si tikus biasanya bakal akrab dan nggak curiga sama umpan yang kamu kasih. Baru di hari keempat, kamu pasang jebakannya deh!

4. Perhatikan tempat meletakkan jebakan. Jangan ngasal~

pilih tempat yang sering dilalui tikus untuk menempatkan jebakan via www.buzzfeed.com

Kamu harus letakkan jebakan di tempat di mana si tikus sering terlihat berkeliaran. Perhatikan lubang keluar masuk mereka, atau tempat yang kamu curigai jadi sarangnya. Ingat, tikus itu bisa lewat dari lubang yang hanya sebesar kepalanya.

5. Rutin bersihkan rumah, terutama pojok-pojok tersembunyi

Advertisement

rutin membersihkan rumah adalah kunci via www.t-online.de

Tikus adalah hewan survival. Ia hanya butuh sekitar 3-4 gram makanan sehari untuk bertahan hidup. Jadi remah-remah roti yang enggak kamu bersihkan bisa jadi camilan enak bagi mereka. Selain memastikan meja makan dan lantai bersih dari remah makanan, pojok-pojok tersembunyi juga mesti kamu bersihkan. Siapa tahu si tikus udah nyimpen stok makanannya di sana~

Membasmi tikus di rumah memang susah-susah gampang. Yang penting, kamu harus selalu menjaga kebersihan rumah dan pekarangan, ya. Semoga berhasil!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

colour my life with the chaos of trouble

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE