6 Ide Menu Buka Puasa Berkuah, Hangat dan Segar!

Makanan berkuah adalah pilihan yang tepat untuk disantap saat buka puasa. Selain mengenyangkan, kuah hangat dapat membuat perut yang seharian kosong jadi tidak kaget saat terisi makanan. Oleh karena itu, banyak orang yang memilih menu buka puasa berkuah selama bulan Ramadan.

6 Menu Makanan Berkuah untuk Buka Puasa

Penasaran apa saja menu buka puasa yang berkuah? Simak daftar di bawah ini.

Advertisement

Bakso

menu buka puasa berkuah

bakso

Bakso merupakan salah satu makanan andalan saat cuaca dingin karena kuahnya dapat menghangatkan tubuh. Nah, karena kuahnya bening, menu ini cocok jika kamu santap saat berbuka puasa, karena cenderung light. Tambahkan kecap, saus, atau bahkan sambal sesuai seleramu agar lebih nikmat.

Soto Daging

menu buka puasa berkuah

soto daging

Jika umumnya soto menggunakan daging ayam, kali ini cobalah jenis soto lainnya yang tak kalah lezat, yaitu soto daging. Lalu, kamu juga bisa menambahkan telur asin dan kucuran jeruk nipis sebagai pelengkap rasanya, agar menu berkuah untuk buka puasa ini makin sedap.

Advertisement

Pangsit Rebus Kuah

menu buka puasa berkuah

pangsit rebus kuah

Jika biasanya pangsit kukus hanya tersaji secara polosan saja, kali ini kamu bisa menambahkan kuah agar rasanya makin gurih. Selain itu, penambahan kuah pada pangsit rebus dapat menghangatkan badan di penghujung hari saat berbuka puasa. Tambahkan isian seperti sayur untuk menambah gizinya.

Tekwan

menu buka puasa berkuah

tekwan

 

Kuliner khas Palembang ini terdiri atas bola ikan yang dibentuk bulat kecil dengan siraman kuah bening yang gurih nan segar. Biasanya, menu ini tersaji lengkap dengan tambahan irisan bengkuang, jamur kuping, suun, dan bunga sedap malam kering atau kimchan.

Advertisement

Sop Iga

menu buka puasa berkuah

sop iga

Sebenarnya, kuliner yang satu ini tak jauh beda dengan sop buntut. Hanya saja, penggunaan iga memberikan cita rasa yang berbeda. Pasalnya, bagian iga sapi terkenal memiliki rasa yang sedap dan juicy. Saat dipadukan dengan kuah kaldu, rasanya akan makin mantap.

Rawon

menu buka puasa berkuah

rawon

Satu lagi olahan daging sapi berkuah yang cocok untuk kamu jadikan santapan kala berbuka puasa. Biasanya, ciri rawon yang enak adalah yang menggunakan daging sandung lamur dengan tambahan kluwek yang pas agar kuahnya makin pekat. Jika dimakan saat cuaca dingin di kala berbuka, rasanya pasti akan makin lezat!

Nah, itu dia rekomendasi menu buka puasa berkuah untukmu. Menu di atas juga termasuk gampang dibuat sendiri di rumah, lo! Selamat mencoba!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE