6 Rekomendasi Menu Takjil Buka Puasa untuk Melepas Dahaga

Di Indonesia, takjil terkenal sebagai hidangan pembuka saat momen berbuka puasa. Biasanya, menu yang termasuk dalam golongan makanan takjil adalah makanan atau minuman ringan. Lalu, apa saja contoh menu takjil buka puasa tersebut?

6 Menu Takjil untuk Buka Puasa

Secara bahasa, takjil memiliki arti menyegerakan berbuka. Sesuai sunah Rasulullah saw., anjuran berbuka dengan yang manis bisa kamu laksanakan dengan mengonsumsi takjil. Simak beberapa daftar menu takjil yang cocok untuk momen buka puasa berikut ini!

Advertisement

Es Doger

menu takjil buka puasa

es doger

“Es dorong gerobak” adalah minuman manis dengan isian bermacam-macam, meliputi pacar cina, cincau hitam, tape, kelapa, hingga alpukat. Lalu, isian ini disiram dengan kuah susu serta sirup yang manis. Maka dari itu, minuman ini sungguh cocok untuk melepas dahaga kala berbuka puasa.

Jus Buah

menu takjil buka puasa

jus buah

Membuka momen buka puasa dengan jus buah adalah pilihan tepat karena jus buah memiliki kandungan nutrisi cukup sekaligus menyegarkan. Kamu bisa memilih buah apa pun sesukamu, misalnya mangga, buah naga, atau semangka. Namun, tetap imbangi kandungan asam pada jus buah dengan lanjut makan makanan berat, ya!

Advertisement

Es Alpukat Mutiara

menu takjil buka puasa

es alpukat mutiara

Potongan alpukat dengan kombinasi sagu mutiara yang empuk akan berubah menjadi minuman yang segar setelah mendapat guyuran kuah santan sekaligus es batu. Selain menyegarkan, menu takjil buka puasa kekinian ini juga lezat untuk kamu santap kala buka puasa.

Es Blewah

menu takjil buka puasa

es blewah

Buah yang seringkali musim panen saat bulan puasa ini memiliki kandungan air yang tinggi. Oleh karena itu, ketika ia disulap jadi minuman dingin, rasanya akan semakin segar. Minuman ini sungguh khas di bulan Ramadan sekaligus cocok untuk melepas dahaga.

Es Cendol

menu takjil buka puasa

es cendol

Es cendol juga terkenal dengan sebutan es dawet. Dengan siraman kuah santan sekaligus gula merah, cendol menjadi menu takjil buka puasa murah meriah yang pas di perut dan di kantong.

Advertisement

Es Shanghai

menu takjil buka puasa

es shanghai

 

Es shanghai memiliki isian buah nangka, cincau hitam, kacang merah, serutan kelapa, kolang-kaling, serta rumput laut. Kemudian, seluruh isiannya mendapat siraman dengan kuah dari sirup merah dan susu kental manis. Tak lupa, es serut turut dihidangkan di atasnya. 

Itulah beberapa rekomendasi menu takjil buka puasa yang menyegarkan sekaligus menghilangkan dahaga. Selamat berbuka puasa!

Cek aneka #ResepAndalanmu lain yang bisa kamu coba di sini.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE