Setelah Jalan Seharian, Redakan Kaki Lelah dengan 6 Cara ini. Nggak Sampai 15 Menit kok!

Meredakan kaki lelah

Liburan akhir tahun biasanya sering dimanfaatkan banyak orang untuk jalan-jalan bersama keluarga. Dari yang keluar kota ramai-ramai atau sekadar berputar-putar di pusat perbelanjaan, waktu tak terasa berjalan cepat jika dihabiskan bersama. Walaupun seru dan menyenangkan, kebanyakan orang pasti akan mengalami masalah klasik setelahnya: kaki pegal-pegal! 

Advertisement

Agar rasa sakit dan pegal ini nggak berlangsung terlalu lama dan menggangu aktivitas, kamu harus coba cara-cara berikut! Nggak perlu lama, bahkan 15 menit saja sudah bisa membuat kaki lebih rileks.

1. Selama 2 menit, lakukan penekanan pada titik tertentu di kakimu

tekan tumit dengan pensil via brightside.me

Tekanlah titik tulang pada jempol kaki dan jari manis secara bersamaan. Penekannya ini bisa melepaskan endorfin yang mampu meredakan rasa sakit. Atau, kamu juga bisa memanfaatkan pensil untuk menekan titik yang terletak pada tengah tumit. Usahakan untuk menarik napas dalam-dalam supaya lebih rileks.

2. Tinggikan kaki dengan menempelkannya ke tembok selama 10 menit

butterfly pose di tembok via www.emmiscott.com

Biar makin terasa, cobalah lakukan butterfly pose sambil rebahan di matras. Posisi ini bisa melancarkan peredaran darah dan membantu membersihkan kelenjar getah bening. Jika dirasa kesulitan kamu juga boleh kok mengganjal kakimu dengan bantal yang lebih tinggi. Nggak perlu khawatir, efeknya pada kaki pun sama saja kok.

Advertisement

3. Lakukanlah posisi yoga Virasana agar otot kaki nggak makin tegang

virasana pose via yogainternational.com

Pose ini bisa kamu lakukan setelah habis makan. Tempatkan bantalan peyangga di bawah pantatmu, kemudian cobalah lakukan posisi duduk sambil merenggangkan kedua kaki. Tekuk kaki ke belakang dan letakkan tangan di atas paha. Lakukan selama lima menit hingga kaki mulai terasa ditarik. Berhati-hatilah supaya bokong nggak sakit.

4. Kamu juga bisa merendam kaki menggunakan air hangat yang dicampur garam

merendam kaki via www.medicalnewstoday.com

Campuran air hangat dan garam bisa membuat otot kaki jadi lebih rileks. Kalau ingin lebih maksimal kamu bisa menambahkan daun pepermint beberapa lembar. Jangan lupa untuk menggulung kaki dengan handuk hangat selama lima menit agar peredaran darah lebih lancar.

5. Memakai kaus kaki katun atau stoking juga bisa meredakan kaki yang lelah

pakai kaus kaki via www.wellandgood.com

Banyak yang belum tahu bahwa kedua benda ini bisa meningkatkan aliran darah dari kaki ke jantung. Agar lebih efektif, kamu bisa memakainya ketika tidur semalaman. Kalau mau sekalian ingin merawat kaki, oleskan minyak essential di betis dan telapak kakimu juga.

Advertisement

6. Memijat kaki sendiri dengan gerakan perkusi juga bisa meredakan ketegangan

gerakan perkusi via brightside.me

Tekanan yang agak kuat bisa mengurangi ketegangan dan rasa pegal pada kaki. Sambil duduk di kursi, selonjorkan kakimu yang terasa pegal kemudian pukul otot-otot kaki dengan lembut menggunakan kepalan tangan. Ulangi gerakan ini sambil memutar-mutar telapak kaki. Pada area yang cukup tegang, cobalah tekan lebih kencang agar otot terasa lebih lemas. Lakukan hingga kaki mulai terasa lebih rileks.

Kalau masih nggak kunjung reda, kamu bisa menempelkan patches di area kaki yang tegang, bisa di betis atau bahkan telapak kaki. Mengolesi kaki dengan balsem juga bisa cukup membantu lo! Nah, jadi siap deh buat jalan-jalan lagi esok harinya.

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE