Kerja delapan jam sehari, jalanan macet, ditambah sering lembur lama-lama membuat kesehatan menurun. Apalagi dengan aktivitas tambahan pada akhir pekan seperti jalan-jalan sama keluarga tersayang atau ada kuliah. Tubuh yang semula fit, bisa gampang drop. Tandanya kamu butuh penambah energi, nih.

Mungkin, selama ini kamu pikir kalau penambah energi adalah minuman atau suplemen yang iklannya sering muncul di televisi. Padahal, ada penambah energi alami yang nggak kalah khasiatnya bisa bikin tubuhmu strong terus. Apa saja ya? Yuk, simak delapan penambah energi alami berikut ini.

1. Minum kopi supaya bisa tetap terjaga bukan dari berapa banyaknya kamu konsumsi, tapi hanya segelas saja sudah bisa bikin segar

ngopi segelas saja via unsplash.com

Advertisement

Biasanya saat aktivitas padat kamu akan pilih kopi sebagai minuman wajib. Karena diyakini kopi mampu membuat tubuh terjaga, sehingga walau kerja lembur kamu tetap segar bergerak. Namun, seperti yang dilansir dari Reader’s Digest sebuah penelitian Brigham and Women’s Hospital, Harvard Medical School, dan institusi lain menemukan bahwa dosis rendah kafein seperti dalam jumlah seperempat cangkir kopi ternyata lebih efektif daripada dosis kafein yang lebih besar untuk membuat orang terjaga. Jadi, kalau kamu ingin tubuh segar dan nggak ngantuk dengan cara minum banyak kopi justru malah membuat tubuhmu makin rendah energi. Karena sebaiknya yaitu minum secukupnya saja.

2. Konsumsi makanan seperti kacang-kacangan, beras merah, dan roti gandum untuk menjaga gula darah tetap stabil. Ini penting sekali

konsumsi beras merah via divinehealthfromtheinsideout.com

Seringkali saat waktu makan tiba, kamu konsumsi makanan sesuai keinginan. Padahal, sebaiknya kamu harus pikirkan kandungannya – apakah dibutuhkan tubuh atau tidak. Untuk itu, kamu bisa perbanyak konsumsi kacang-kacangan atau beras merah dan roti gandum dibanding nasi putih, kentang, dan cornflakes. Karena dapat menjaga gula darah tetap stabil, sehingga diri pun menjadi semangat terus.

3. Perkaya tubuh dengan zat besi seperti daging merah dan sayuran berdaun hijau

makan daging merah dan sayuran berdaun hijau via unsplash.com

Selain kacang-kacangan, tubuhmu perlu diperkaya dengan zat besi. Karena itu, kamu nggak boleh malas konsumsi daging merah dan sayuran berdaun hijau karena kayak akan zat besi. Zat besi sangat sangat penting untuk memproduksi hemoglobin, yang membawa oksigen ke sel-sel tubuh Anda, di mana ia digunakan untuk menghasilkan energi.

4. Penambah energi alami itu bisa dari rutin berjalan kaki selama 10 menit

jalan kaki 10 menit sehari via unsplash.com

Advertisement

Kamu tentu tahu kalau jalan kaki punya manfaat yang baik bagi kesehatan. Dengan rutin berjalan kaki sekali sehari selama 10 menit akan membuat tubuhmu terasa bugar. Terlebih, selama berjalan disertai dengan perasaan syukur atas segala hal yang kamu miliki sampai sekarang. Cara simpel seperti gabungkan rasa syukur dan efek positif dari berjalan dan olahraga akan membanjiri otakmu dengan neurotransmitter dan endorfin yang bahagia.

5. Sadar nggak kalau pikiran negatif bisa menurunkan semangat? Untuk itu, hadapi dengan mengingat gambar tanda “berhenti”

stop via unsplash.com

Dirimu nggak jarang diganggu dengan berbagai pikiran negatif. Kalau sudah begini, kamu yang semula semangat jadi bete atau sedih seketika. Supaya energi tetap ada, nggak ada salahnya kamu arahkan otak untuk mengingat gambar tanda “berhenti”. Karena secara nggak langsung akan bantu berhentikan pikiran hal-hal buruk an jadi lebih berenergi.

6. Konsumsi air mineral secukupnya agar tidak dehidrasi dan tetap berenergi

cukup minum air mineral via www.shared.com

Penambah energi alami itu bisa berupa air mineral. Kegiatan yang tiada henti membuatmu kerap bergerak, sehingga mengeluarkan banyak keringat. Tentunya tubuhmu perlu air mineral yang cukup, maka kamu tidak boleh melewatkan menonsumsinya ya. Minumlah secukupnya agar tidak dehidrasi dan tetap berenergi.

7. Sangat sederhana, namun mujarab. Rendam kain lap dalam air dingin dan letakkan di atas wajah bisa bangkitkan semangat seketika

gunakan kain lap dingin via www.bustle.com

Kamu butuh penambah energi dari luar? Bisa coba gunakan kain lap ke atas wajah. Caranya yaitu rendam kain lap dalam air dingin dan letakkan di atas wajah. Cara ini bisa bangkitkan semangat seketika. Kamu yang semula ngatuk atau lemas, bisa langsung semangat, lho.

8. Usahakan 30 menit sebelum tidur tidak berinteraksi dengan ponsel, tv, dan pekerjaan. Santaikanlah pikiran sejenak agar esok hari bisa mulai hari dengan lebih berenergi

matikan televisi via unsplash.com

Banyak orang sukses dunia yang menjauhi segala perangkat elektronik sebelum tidur. Kamu bisa contoh kebiasaan satu ini dan menggantinya dengan mengobrol bersama keluarga atau baca buku favorit. Apalagi sambil diiringi dengan musik yang menenangkan pikiran. Ritual ini akan bantu kamu tertidur lebih cepat dan nyenyak, sehingga menghasilkan lebih banyak energi pada hari berikutnya.

Cara lainnya yang gampang kamu lakukan yaitu makan permen yang menyegarkan seperti permen peppermint. Karena kamu akan mendapatkan semburan energi dari rasa dan aroma yang menyegarkan, lho. Selamat mencoba.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya