Minyak Goreng dengan 6 Ciri-ciri ini Artinya Nggak Layak Pakai Lagi. Mending Buang Saja Deh!

Minyak goreng nggak layak pakai

Meski baru sekali dipakai, minyak goreng yang nggak disimpan dengan benar bisa mengalami penurunan kualitas. Apalagi jika sudah dipakai berulang kali. Memang nggak langsung berdampak, tapi terus-menerus memakai minyak goreng yang nggak layak pakai bisa menyebabkan masalah kesehatan yang cukup serius lo! Terutama bagi anak-anak.

Advertisement

Untuk itu, kamu perlu mengetahui beberapa tanda bahwa minyak goreng yang kamu punya sudah nggak layak pakai. Demi kesehatan, mending cek lebih teliti, yuk!

1. Jika sudah berubah warna, minyak goreng sisa nggak boleh kamu pakai lagi

warnanya hitam via fadhelachmad.blogspot.com

Minyak goreng akan berubah menjadi kehitaman karena mengalami kerusakan akibat oksidasi. Kalau masih maksa dipakai, nggak lama setelah itu kamu akan batuk bahkan radang tenggorokan. Duh, mending buang aja deh!

2. Minyak nggak layak pakai biasanya juga berbau tengik

bau tengik via www.wowkeren.com

Karena dipakai untuk menggoreng, minyak akan terkontaminasi bau bahan makanan. Jika baunya belum banyak berubah, berarti minyak masih boleh kamu pakai. Tapi, kalau minyak goreng mulai berbau tengik, pikir ulang deh sebelum memakainya lagi.

Advertisement

3. Adanya serpihan hangus juga jadi tanda kalau minyak gorengmu nggak boleh dipakai lagi

serpihan hangus via paulangusss.blogspot.com

Kalau sering dipanaskan, minyak akan meninggalkan serpihan hangus berwarna hitam. Jika serpihan ini mulai banyak dan nggak bisa disaring lagi, mending jangan dipakai. Sebab, serpihan inilah yang menjadi salah satu penyebab penyakit.

4. Sangat disarankan untuk nggak pakai minyak jika sudah berbuih atau berbusa

minyak berbuih via bolakeluarga.com

Busa atau buih ini biasanya muncul ketika minyak dipakai untuk menggoreng makanan tertentu, misalnya masakan yang menggandung telur. Meski baru sekali digunakan, minyak tetap nggak boleh kamu pakai lagi meski untuk memanaskan makanan yang sama sekalipun.

5. Coba panaskan minyak bekasmu, kalau lebih cepat berasap mending jangan dipakai deh!

gampang berasap via www.healthhub.sg

Minyak goreng yang dipakai terlalu sering akan menurunkan titik didihnya. Nah, hal ini bisa membuat minyak cepat panas dan mudah sekali berasap. Kalau minyak goreng menunjukkan tanda seperti ini ketika dipanaskan, mending segera ganti dengan yang baru.

6. Minyak goreng yang bertekstur kental menandakan bahwa sudah terlalu lama disimpan

tekstur kental via chudesa.site

Padahal, minyak goreng yang sudah dibuka harus segera digunakan. Jika sudah sampai kental dan bahkan lengket, berarti minyak goreng ini nggak layak dipakai lagi. Minyak goreng sehat dan layak konsumsi ialah yang teksturnya menyerupai air.

Ketimbang akhirnya minyak jadi dibuang dan mubazir, mending gunakan minyak secukupnya saja agar nggak tersisa. Selain lebih hemat, kamu pun jadi lebih sehat karena meminimalisir penggunaan minyak goreng bekas nggak layak pakai.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE