Minyak goreng merupakan salah satu bahan dapur yang sering digunakan untuk memasak. Namun, kamu nggak dianjurkan untuk menggunakan minyak yang sama secara berulang, ya maksimal 2-3 kali pemakaian saja. Minyak goreng yang dipakai terus-menerus disinyalir berbahaya dan dapat menimbulkan beberapa gangguan.

Tapi, jika kamu memang mau berhemat, cobalah untuk menyimpan dan menjernihkan minyak goreng bekasmu dengan cara-cara ini, supaya nggak risi pas dipakai lagi 🙂

1. Setelah digunakan, simpan minyak goreng dalam keadaan yang sudah bersih

minyak disaring via keepo.me

Advertisement

Kamu bisa membersihkan minyak goreng dengan menyaringnya agar ampas yang ditinggalkan nggak ikut tersimpan ke dalam wadah yang sama. Sebab, ampas dan sisa makanan dalam minyak goreng bekas bisa membuat bakteri berbahaya berkembang di dalamnya.

2. Selain itu, kamu juga harus memisahkan minyak goreng sesuai penggunaannya

pisahkan via bandung.merdeka.com

Minyak goreng akan memiliki bau seperti apa yang telah digorengnya. Agar bau nggak tercampur dan minyak gorengmu tetap bisa digunakan, baiknya pisahkan minyak goreng sesuai penggunaannya, ya! Kan nggak enak kalau minyak goreng bekas ikan kamu campur dengan minyak bekas goreng donat.

3. Gunakan wadah yang kering dan bersih untuk menyimpan minyak goreng bekasmu

simpan di tempat bersih dan kering via www.bukalapak.com

Wadah yang kotor dan basah bisa menimbulkan penyakit yang nantinya berkembang di minyak goreng bekas milikmu. Gunakan wadah yang bersih, kering, dan tertutup supaya minyak goreng nggak tercemar bakteri saat disimpan. Selain itu, kamu juga perlu memastikan minyak goreng dalam keadaan dingin sebelum dituang ke wadah.

4. Minyak goreng bekas tepung harus kamu endapkan lebih dulu supaya bisa dipakai lagi

diendapkan via sajiansedap.grid.id

Advertisement

Tepung bisa meninggalkan bekas pada minyak yang membuatnya jadi lebih keruh. Untuk membersihkannya, biarkan minyak selama kurang lebih satu malam sampai tepungnya mengendap di bawahnya. Dengan begitu, kamu bisa menggunakan kembali minyak jernih yang ada di permukaan.

5. Kamu bisa memanfaatkan serai untuk menghilangkan bau pada minyak goreng

pakai serai via www.wanista.com

Memarkan batang serai dengan pisau agar bisa digunakan untuk menghilangkan bau pada minyak goreng. Setelah serai memar, masukkan ke dalam minyak bekas yang telah dipanaskan, lalu diamkan selama beberapa saat. Bau minyak goreng akan makin hilang seiring layunya batang serai.

6. Nasi juga bisa digunakan untuk menjernihkan minyak goreng bekasmu

pakai nasi via lifestyle.okezone.com

Setelah selesai menggoreng dengan minyak, ambil segenggam nasi lalu bulat-bulatkan menjadi satu kepalan. Kemudian masukkan nasi pada penggorengan yang masih panas. Bolak-balik dan tekan nasi hingga semua remah dan kotoran pada minyak menempel di nasi.

7. Kamu juga nggak diperbolehkan untuk menyimpan minyak gorengmu ke dalam kulkas

jangan simpan di kulkas via hellosehat.com

Menyimpan minyak goreng bekas dalam kulkas akan mengendapkan zatnya. Jika sudah mengendap minyak goreng nggak boleh dipakai lagi karena dapat membahayakan tubuh.

8. Baiknya, simpan minyak goreng di tempat yang dingin, tertutup, dan memiliki suhu ruangan

rak dapur via furnizing.com

Supaya kualitas minyak goreng tetap terjaga, kamu perlu menjauhkannya dari sumber panas dan cahaya. Kamu bisa menyimpannya di tempat yang dingin dan tertutup seperti pada lemari dapur. Jika perlu, kamu disarankan untuk menggunakan wadah yang nggak tembus cahaya supaya lebih aman digunakan.

Cara di atas memang efektif jika kamu ingin memaksimalkan penggunaan minyak goreng. Asalkan minyak gorengmu nggak terlalu kotor dan keruh, ya. Selamat mencoba!

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya