9 Desain Dapur Terbuka di Halaman Belakang Rumah. Bebas Asap, Hawa Segar, dan Lega Saat Masak!

Desain dapur terbuka

Desain dapur terbuka tak selalu dianggap membuang biaya. Saat ini sudah mulai banyak rumah-rumah mungil yang menerapkan konsep dapur terbuka pada huniannya. Konon katanya, konsep ini justru bisa bikin rumah terlihat lebih lega karena bukaannya dibuat lebar dan digunakan untuk menyimpan banyak perkakas. Lagipula, dengan desain dapur terbuka, maka tak perlu lagi memasang exhaust fan atau cooker hood untuk meminimalisir asap kompor yang menyengat saat proses memasak.

Advertisement

Tak perlu bingung bagaimana penataannya, dapur terbuka bisa didesain meski hanya dengan lahan sempit, sekalipun di sudut belakang rumah. Sebagai gambaran, berikut beberapa desain dapur terbuka yang telah Hipwee Tips rangkum.

1. Desain dapur terbuka dengan taman seperti ini bisa diaplikasikan pada rumah yang punya halaman belakang. Nggak melulu harus luas, di lahan kecil juga oke kok

dapur terbuka dengan taman via www.instagram.com

Konsep dapurnya bisa dibuat semi outdoor dengan desain full kayu supaya lebih menyatu dengan unsur alam di taman rumah. Kalau di area dapur masih ada sedikit lahan, manfaatkan untuk jadi ruang makan kecil dengan tema yang sama. Alih-alih menaruh banyak kursi, lebih baik tempatkan satu kursi panjang dan dua kursi kecil agar dapur terbuka mungil ini nggak terkesan penuh dan sumpek.

2. Desain dapur terbuka belakang rumah ini kelihatan lebih luas berkat penggunaan sliding door dari material kacanya

dapur terbuka belakang rumah via www.instagram.com

Meski terdapat mini bar, dapur mungil ini tetap kelihatan luas karena dibuat dengan konsep terbuka dengan pembatas sliding door kaca. Penggunaan sliding door seperti ini memang direkomendasikan karena bisa mempermudah akses dapurmu. Lagipula cahaya matahari juga bisa langsung masuk ke dapur dan membuat ruangan tampak lebih terang. Lumayan irit lampu, kan?

Advertisement

3. Buat yang nggak mau neko-neko, desain dapur terbuka minimalis dengan tone warna bumi ini sepertinya cocok dijadikan sontekan

dapur terbuka minimalis via id.pinterest.com

Karena langsung menghadap ke taman belakang rumah, dapur jadi kelihatan lebih lega dan terang. Desain dapur minimalis terbuka di belakang rumah seperti ini memang rentan debu, makanya gunakan tirai bambu di bagian samping dapur untuk menghalaunya. Selain debu, penggunaan tirai bambu juga dapat dimanfaatkan untuk menghalau angin supaya api kompor tetap stabil saat dipakai memasak.

4. Meski letaknya di sudut belakang rumah yang tak terlihat, desain dapur terbuka mungil tetap bisa dibuat lebih estetis

dapur terbuka kecil via id.pinterest.com

Caranya dengan menambahkan tanaman hias serta mendekorasi perabot rumah tangganya. Tak perlu khawatir meski desain dapur terbuka di belakang rumah sederhana ini luasnya nggak lebih dari tiga meter. Toh yang penting kamu bisa memasak dengan nyaman dan peralatan dapur bisa tertata rapi, kan?

5. Desain dapur terbuka tipe 36 yang menyatu dengan ruang keluarga ini akan membuat mereka yang memasak nggak merasa terasing

dapur terbuka rumah tipe 36 via baliinterio.co.id

Dengan desain seperti ini, kamu bisa melihat seluruh anggota keluarga secara lebih leluasa. Tak cuma enak dipandang, konsep dapur seperti ini jelas lebih hemat energi karena pintu bukaan di sampingnya dapat dimanfaatkan lebih maksimal untuk menyinari ruang di sekitar dapur. Juga menjadi agen sirkulasi udara yang cukup nyaman dan mencegah asap dapur mengepul di ruangan. Meski cukup solusitf, sayangnya desain dapur terbuka rumah type 36 ini belum banyak diaplikasikan. Padahal lumayan menguntungkan lo!

Advertisement

6. Tak melulu harus utuh di satu ruangan, desain dapur terbuka sederhana seperti ini bisa dimaksimalkan pada rumah yang hanya punya sepetak sudut kosong

desain dapur terbuka sederhana via www.jual-apartemen.com

Desain dapur mungil terbuka berbentuk vertikal ini nggak akan makan banyak lahan. Bahkan area belakang rumah berukuran 2×1 pun bisa dimanfaatkan. Tapi untuk memaksimalkan ruang penyimpanan dan agar barang tak mudah berdebu, baiknya gunakan kabinet tertutup di atas dan bawah meja dapur.

Hindari menaruh barang di meja dapur jika tak mau mudah kotor apalagi kalau belakang rumahmu belum diberi penutup maupun cor tanah. Walau mungil dan sederhana, nyatanya dapur terbuka seperti ini sering dijadikan alternatif desain pada rumah-rumah bersubsidi yang belum tersedia lahan khusus untuk dapur.

7. Pasti kamu belum pernah kepikiran membuat desain dapur terbuka di halaman belakang seperti ini, kan? Meski jarang dan belum banyak diterapkan, ternyata konsepnya oke juga lo!

dapur terbuka di halaman belakang rumah via id.pinterest.com

Desain dapur terbuka halaman belakang ini digabung dengan ruang santai yang bisa digunakan untuk mengobrol atau sekadar minum kopi di sore hari. Atap kanopi untuk dapur terbuka ini bisa menggunakan material PVC bening agar ruangan kelihatan lebih terang dan luas. Usahakan untuk menambahkan tanaman hijau baik di pot atau model taman vertikal untuk menghidupkan suasana sekitar dapur. Padahal cuma memanfaatkan sepetak lahan belakang rumah, tapi jadi kelihatan keren, kan?

8. Buatmu yang sering nongkrong, sepertinya desain dapur terbuka berkonsep mini bar akan cocok untuk kalian. Tak melulu dapur bersih, konsep mini bar ini juga dapat diaplikasikan pada dapur kotor

dapur terbuka dengan mini bar via rupawon.com

Coba bayangkan betapa asyiknya menghabiskan sore di dapur terbuka dengan pemandangan yang langsung menghadap ke taman? Wah, pasti menyenangkan sekali, kan? Ternyata konsep dapur seperti ini juga dapat diwujudkan pada rumah minimalis yang lahannya terbatas. Ukuran bar dapur nggak harus besar, bisa disesuaikan dengan luas ruangannya. Sekalipun bar cuma muat untuk dua kursi saja, tetap akan menyenangkan selama penataannya pas dan jauh dari kata berantakan.

9. Ternyata desain dapur terbuka sederhana berkonsep industrialis bisa kelihatan mewah berkat pemilihan warna material yang digunakannya

dapur sederhana konsep industrialis via www.pinterest.co.uk

Beda dengan konsep industrialis lainnya, karena lebih sederhana, maka material yang digunakan pun lebih dominan dengan kayu. Tapi tetap ada akses dinding terbuka tanpa cat serta penggunaan material besi berwarna gelap yang jadi ciri khas konsep industrialisnya. Bahkan, di penerangan pun tetap menggunakan lampu gantung dengan pencahayaan minim sesuai tema industrialis yang dipilihnya. Kelihatannya dapur yang digabung dengan ruang makan ini memang mirip warung. Tapi jelas lebih menarik berkat pemilihan material perkakas dan penataannya yang estetis.

Dibanding dapur tertutup atau dapur yang letaknya di dalam rumah, sebenarnya konsep dapur terbuka jauh lebih unggul karena hemat energi dan minim asap hasil proses memasak. Walau terbilang cukup mudah penataannya, belum banyak orang yang tertarik membuat dapur terbuka karena minimnya lahan, belum lagi pertimbangan ‘kengerian’ di saat malam. Padahal sebenarnya bisa diakali dengan membuat dapur semi outdoor yang bisa ditambahkan pintu kaca atau tirai yang  bisa dimanfaatkan sebagai penutupnya. Lagipula, desain dapur terbuka ini cocok sebagai alternatif lain untuk menjamu tamu saat diundang makan.

Jadi, bagaimana, apakah kamu cukup tertarik untuk mengaplikasikan desain dapur terbuka ini di rumahmu?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE