8 Konsep Dapur Bersih yang Bukan Sekadar Licin di Lantai atau Kinclong Piring dan Gelasnya Saja

Dapur bersih

Saat mendesain ruang dapur, kamu mesti tahu pasti apa saja perkakas yang dibutuhkan. Sebab selain dipakai buat masak, umumnya dapur juga digunakan sebagai tempat penyimpanan. Bahkan ada beberapa dapur yang juga dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan lain, misalnya makan atau sekadar minum teh. Di Indonesia sendiri ada dua jenis dapur yang umum diterapkan, yakni dapur kotor dan dapur bersih. Bersih dan kotornya ini jangan diartikan secara denotatif, ya! Bukan soal lantai yang licin atau perkakas dapur yang kinclong. Dapur bersih dan dapur kotor termasuk istilah lain dalam dunia perdapuran.

Biar nggak bingung pilih konsepnya nanti, ketahui dulu perbedaan dapur bersih dan dapur kotor berikut ini

Advertisement

Dapur kotor

Letak dapur kotor biasanya ada di belakang dapur bersih karena umum digunakan untuk melakukan aktivitas memasak yang berat, misalnya mencuci bahan, mengolah masakan, hingga membersihkan perkakas. Di dapur kotor, kebanyakan barang-barangnya pun jauh lebih berat, contohnya saja kompor, kulkas, dan wastafel cuci piring. Makanya, disarankan untuk membuat bukaan yang cukup agar sirkulasi udara tetap lancar karena proses memasak lebih banyak  di area ini.

Dapur bersih

Advertisement

dapur bersih via www.dekoruma.com

Dapur bersih bisa ditempatkan pada bagian tengah rumah karena tak banyak dipakai untuk aktivitas memasak berat. Makanya, tak heran jika di dapur bersih, kamu bisa melihat alat masak yang lebih modern seperti microwave atau juicer karena fungsinya adalah lebih kepada penyajian makanan, memotong buah, atau membuat minuman. Di beberapa rumah, dapur bersih juga dimanfaatkan untuk menyimpan koleksi alat makan, misalnya piring keramik. Beberapa juga sering memakai dapur bersih sebagai tempat minum kopi atau teh. Dari segi ukuran, kedua konsep dapur ini tak punya perbedaan yang spesifik. Sebab, kamu bisa atur sesuai dengan kebutuhan.

Nah, setelah mengetahui perbedaan antara dapur bersih dan dapur kotor, cek inspirasi dapur bersih sederhana yang bisa diaplikasikan pada rumahmu berikut.

1. Sentuhan industrialis bisa diaplikasikan pada konsep dapur bersih minimalis modern

dapur bersih industrialis via id.pinterest.com

Ada tiga elemen penting yang mesti ada pada dapur bersih berkonsep industrialis, yaitu unsur besi yang terekspos, material kayu esensial, serta aksen tembok bata yang jelas. Tapi jika rumahmu tak begitu luas, aksen bata boleh disamarkan dengan cat putih. Baiknya, minimalisir penempatan barang pada meja agar dapur bersih tampak rapi dan kelihatan lebih menarik.

Advertisement

2. Jika kamu punya banyak perkakas, coba aplikasikan konsep walk in pantry untuk dapur bersihmu

dapur bersih walk in pantry via id.pinterest.com

Untuk mewujudkan konsep ini, coba buat meja yang punya banyak rak di bawahnya. Serta gunakan juga rak gantung terbuka untuk menaruh beberapa perkakas yang bisa jadi pajangan ruang dapur. Usahakan untuk menaruh perkakas kering atau bahan makanan yang sudah dikeringkan supaya tak merusak dan mengotori dapur bersihmu. Sayangnya, konsep dapur bersih yang ini tak cocok jika dijadikan sebagai focal point. Sebab, banyaknya perkakas justru bisa bikin ruangan lain tak kelihatan esensialnya.

3. Gunakan warna natural untuk mendekorasi dapur bersih minimalis sederhana di rumahmu

dapur bersih earth tone via bigchill.com

Coba gunakan warna dengan tone bumi untuk mendekorasi dapur bersih sederhana ini. Kamu bisa pakai warna hijau lumut, olive green, terracota, atau bahkan ochre. Pemilihan corak furnitur pun mesti dibuat senada antara lantai dan dinding agar tampilan dapur kelihatan lebih rapi. Pastikan kamu menambahkan lampu gantung tepat di tengah dapur agar nggak kerasa sumpek dan gelap.

4. Pada hunian lahan terbatas, buatlah dapur bersih ukuran kecil yang bisa digabung dengan ruang makan. Jadi kamu tak perlu lagi menyisihkan ruang khusus untuk bersantap

pilihan konsep dapur bersih dengan ruang makan via id.pinterest.com

Ada banyak konsep yang bisa kamu pakai untuk menyatukan dapur bersih dengan ruang makan. Seperti, konsep penataan rak dua kabinet atau dapur bersih terbuka dengan tambahan meja makan. Bahkan, tema ruang pun bisa kalian sesuaikan dengan minat dan kesukaan. Meski begitu, usahakan untuk menyeragamkan lantai, meja, kursi, dan lemari agar dapur bersih dan cantik. Sediakan juga jendela persegi berukuran besar yang penempatannya memungkinkan matahari untuk masuk.

5. Sekalipun pakai rak terbuka, kamu bisa mewujudkan dapur bersih dan rapi lo!

dapur bersih rak terbuka via www.bramblefurniture.com

Kitchen set dapur bersih boleh menggunakan rak terbuka atau rak dinding agar ruangan kelihatan lebih bersih dan luas. Untuk menambah nilai estetis, coba tempatkan koleksi mug atau gelas cantik milikmu di rak-rak dinding ini. Namun, jika kamu butuh tempat penyimpanan yang lebih privat, boleh coba pasang rak tertutup di bawah meja dapurnya. Usahakan untuk memilih warna yang sama dengan rak dinding atas agar tetap serasi dan nggak bertabrakan konsepnya.

6. Di dapur bersih simple, kamu bisa gunakan tema rustic dengan aksen kayu yang dominan

dapur bersih rustic via mebel-go.ru

Kayu merupakan material alami yang bisa menciptakan suasana ruangan jadi lebih hangat tanpa menghilangkan kesan mewahnya. Makanya, pada dapur bersih mini bergaya rustic ini, unsur kayu perlu ditonjolkan. Baik pada atap, lantai, meja, kursi, maupun rak penyimpanan. Agar suasana makin hangat, kamu bisa menambahkan beberapa lampu kecil di atap dengan yang nyalanya kuning namun tak redup. Meski begitu, usahakan juga untuk tetap membuat bukaan di area dapur bersih nan mungil ini.

7. Dengan menerapkan konsep semi tradisional ala Jepang, kamu bisa bikin dapur bersih yang cantik lo! Tak heran jika kebanyakan rumah mulai memakai konsep ini untuk mendekorasi dapur bersih mereka

dapur bersih ala Jepang via www.dekoruma.com

Karena konsepnya semi tradisional, maka kamu bisa membuat dapur bersih yang digabung dengan bar seperti ini. Unsur tradisonal Jepang tetap akan melekat pada ruangan ini. Selain menggunakan material perabot kayu dengan warna cokelat tua, kamu pun bisa menempatkan alat makan tradisional sebagai dekorasi ruangannya. Bahkan, pintunya pun sengaja menggunakan pintu geser agar unsur khas Jepang tetap ada.

8. Bentuk L bisa dipakai jika kamu mau bikin dapur bersih ukuran kecil

dapur bersih bentuk L via id.pinterest.com

Karena tak begitu luas dan umumnya ditempatkan di sudut, konsep ini cocok untuk kalian yang tinggal di apartemen atau paviliun standar studio. Biar tak memakan banyak tempat, coba buat desain dapur bersih minimalis serba putih dengan model rak yang digabung dengan lemari. Jika masih ada sudut kosong, bisa kamu tambahkan meja bulat kecil dengan dua kursi mini sebagai tempat makannya.

Jangan bingung, kadang ada juga beberapa orang yang bilang dapur bersih itu dapur kering. Hal ini wajar sebab di mayoritas dapur bersih tak ada wastafel. Kalau pun ada, kadang cuma dipakai buat cuci tangan. Gimana, tertarik untuk menata dapur bersih? Lumayan bisa dijadikan focal point dalam rumah juga kan~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE