9 Desain Rak Dapur Pelengkap Istana Masakmu. Ada yang Gabung dengan Lemari, juga Model Gantung

Rak dapur

Sering tak disadari, dapur merupakan salah satu area di dalam rumah yang punya perabot cukup banyak. Gimana nggak, di dapur, kita bisa menaruh beberapa barang elektronik maupun perkakas untuk keperluan memasak. Belum lagi jika kamu punya banyak koleksi alat makan menarik, seperti piring maupun cangkir. Kadang, karena saking banyaknya perkakas, dapur jadi tak pernah rapi. Padahal seharusnya nggak bisa dijadikan alasan. Sebab, meski punya perkakas dapur yang cukup banyak, kamu bisa membuat dapur tetap rapi. Caranya, ialah dengan menyimpan perkakas-perkakas tersebut di dalam rak dapur.

Advertisement

Selain membeli, sebenarnya kamu juga bisa merancang rak dapur sendiri lo! Tapi kalau memang nggak mau ribet, beli pun tak masalah toh sekarang banyak kok desain rak dapur menarik yang bisa disesuaikan dengan konsep dapurmu. Supaya fungsinya lebih efektif, beberapa inspirasi rak dapur dari Hipwee Tips berikut bisa jadi referensi. Setidaknya, dengan melihat desain rak dapur yang lucu-lucu ini, kamu jadi punya gambaran dan pertimbangan untuk memilih atau membuat sendiri rak dapur sesuai kebutuhanmu.

1. Jika kamu ingin menampilkan koleksi piring atau gelas cantikmu, maka rak dapur gantung dengan desain terbuka ini bisa jadi alternatif

rak dapur gantung kayu palet via www.jendelabaru.com

Rak gantung ini bisa kamu taruh di atas meja dapur yang tingginya sejajar denganmu agar mudah dijangkau. Untuk barang-barang yang ukurannya kecil, kamu bisa menaruhnya dalam satu kotak kemudian letakkan di rak dapur gantung paling atas. Nah, karena dibuat dengan desain terbuka, kamu mesti rajin-rajin membersihkan perkakas dan raknya agar nggak berdebu. Baiknya, gunakan rak rak dapur kayu palet agar lebih mudah dibersihkan dan nggak gampang berjamur.

2. Rak dapur sederhana yang diletakkan di bawah slicing area bisa jadi solusi untuk mereka yang tinggal di apartemen atau rumah yang tingginya kurang dari empat meter

rak dapur bawah via granitafurniture.blogspot.com

Karena berada di bawah meja dapur, rak dapur dengan model seperti ini nggak akan bikin ruangan kelihatan sempit. Di dalam rak dapur nanti kamu bisa menaruh storage atau pembatas piring-piring agar semua peralatan memasak maupun makanmu mudah dijangkau. Kunci perawatan rak dapur jenis ini ialah dengan membuatnya tetap kering agar baunya tetap sedap dan nggak ditinggali kecoak. Meski begitu, kamu tetap harus rutin membersihkan perkakas di dalamnya untuk memastikan kebersihannya.

Advertisement

3. Untuk dapur berkonsep industrialis, kamu bisa pakai rak dapur besi yang tahan karat

rak besi via www.ruparupa.com

Rak dapur minimalis dari besi ini bisa kamu gantung atau tempatkan di sudut dapur yang kosong. Baiknya, gunakan material baja agar kesan industrial makin terasa karena warna di permukaannya sedikit lebih kuat. Sebagai alternatif, kamu bisa beli rak dapur IKEA yang desainnya tak perlu diragukan lagi. Nanti soal besar kecilnya rak bisa disesuaikan dengan ukuran dapurmu. Tak perlu khawatir kotor, rak dapur besi ini cukup mudah dibersihkan kok. Jika berdebu, kamu tinggal mengelapnya dengan tisu atau sapu dengan kemoceng.

4. Kalau mau lebih ringkas, kamu bisa membuat rak dapur multifungsi yang digabung dengan lemari. Desainnya nanti bisa dibuat seperti kitchen set

rak dapur multifungsi via www.instagram.com

Rak dapur serbaguna ini cocok digunakan untuk menyimpan perkakas sekaligus jadi meja preparation. Beberapa dari kamu mungkin beranggapan kalau rak dapur jenis ini hanya bisa dipakai pada ruangan yang luas. Padahal tak selamanya begitu lo! Justru rak dapur multifungsi ini akan sangat aman digunakan untuk dapur kecil pada rumah minimalis. Sebab, kamu bisa memaksimalkan bagian atas dan bawah dapur untuk jadi rak serbaguna.

5. Rak dapur minimalis seperti ini bisa diaplikasikan pada dapur mungil di rumahmu. Materialnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan atau konsep dapur, ya!

rak dapur minimalis via today.line.me

Baiknya gunakan rak dapur berwarna putih dan polos agar kesan minimalisnya makin terasa. Meski begitu, kamu tetap bisa memilih model rak dapurnya, mau dibuat rak dapur terbuka atau tertutup seperti kitchen set. Bahkan, kamu pun boleh membuat rak dapur minimalis ini berbentuk L atau U. Tapi kembali lagi, ingat luas lahan yang kamu pakai, ya! Agar dapur nggak kelihatan sumpek dan malah kurang cahaya karena tertutup rak.

Advertisement

6. Carilah rak dapur kayu bermotif vertikal untuk ditempatkan pada dapur yang kecil

rak dapur kayu via www.desain.id

Motif vertikal ini mampu memberi ilusi pada ruangan agar tampak lebih tinggi dan luas. Tak perlu seluruhnya, motif vertikal pada pintu rak saja sudah cukup membantu kok. Tapi baiknya, perhatikan material kayu yang digunakan, apalagi jika kamu ingin membuat dapur kelihatan lebih modern. Terlepas dari desain rak yang dipakai, menambahkan pencahayaan di bagian atas meja preparation akan membuat dapur kelihatan lebih mewah dan elegan lo!

7. Untuk memudahkan upaya untuk membuat dapur tampak bersih, rak dapur kaca seperti ini bisa jadi pilihan yang tepat

rak dapur kaca via www.dekoruma.com

Umumnya, material kaca pada rak bisa bikin dapur kelihatan lebih elegan dan mewah. Apalagi jika kamu memilih kaca dengan kualitas bagus dan dibuat sliding seperti gambar di atas. Kamu bisa menggunakan rak dapur kaca ini untuk menyimpan koleksi gelas maupun piring keramik. Nah, dengan desain rak seperti ini, kamu tak perlu ragu jika nantinya dapur digabung dengan ruang makan berkonsep bar. Malah, bisa bikin tamu dan teman-temanmu betah berlama-lama di sana.

8. Gunakan konsep one wall kitchen untuk memudahkan akses masak di dapur mungilmu

konsep one wall kicthen via www.femina.co.id

Maksud konsep ini ialah menaruh rak dapur yang berseberangan dengan jendela atau bukaan lainnya. Biasanya, rak akan dibuat memanjang atau membentuk U yang disesuaikan dengan luas dapurnya. Pada konsep ini, rak dapur tertutup bermaterial kayu bisa jadi alternatif yang paling cocok. Selain bisa menyerap pantulan cahayanya, rak dapur tertutup juga bisa meminimalisir debu yang masuk dan mengotori perkakas.

9. Gunakan rak dapur serbaguna dua kabinet untuk mengisi dapur yang letaknya ada di sudut

rak dapur dua kabinet via www.casaindonesia.com

Barisan dua kabinet ini bisa membuat aktivitas memasak jadi lebih efektif. Sebab, dengan menggunakan rak jenis ini, kamu bisa melakukan dua aktivitas sekaligus hanya dengan membalikkan badan. Saat memasak, cobalah berdiri di satu titik tengah agar seluruh area dapur bisa dengan mudah kamu jangkau.

Selain desain di atas, kamu pun bisa menggunakan rak dapur plastik yang cenderung lebih murah. Biar nggak kelihatan murahan, pilihan rak dapur plastik berwarna netral seperti hitam atau abu-abu. Nantinya, rak plastik ini bisa kamu tempatkan di meja dapur dekat wastafel. Lumayan lo, bisa dipakai untuk menaruh bumbu-bumbu atau bahan masakan. Semoga desain-desain di atas bisa menginspirasimu untuk mendekorasi dapur, ya. Selamat bereksperimen!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE