Bagi kamu yang sudah menikah, punya bayi adalah berkah. Kehadirannya dinanti-nanti sebagai penerus silsilah. Bahkan manusia kecil yang sudah tinggal 9 bulan dalam rahim bisa membawa warna yang berbeda dalam rumah tangga.

Selain melakukan syukuran dan memberinya sebuah nama, mengabadikan momen-momen lucu bayi tercinta juga bisa bikin anakmu merasa terkesan saat sudah besar. Apalagi jika kamu menyimpannya dengan cara -cara unik dan menyentuh. Mau tahu bagaimana caranya? Berikut ini Hipwee berikan rekomendasinya.

1. Demi mengabadikan betapa mungilnya bayi kecilmu yang baru melihat dunia, bikin saja footprint sekeluarga di atas meja kayu sederhana.

Bikin footprint bayi

Bikin footprint bayi via simplykierste.com

Advertisement

Kamu ingin membuat kenang-kenangan betapa lucunya bayimu yang baru lahir? Bikin saja footprint  di atas meja kayu. Tak hanya bayimu saja, ajak juga pasanganmu untuk membuatnya.

Siapkan meja atau papan kayu berwarna hitam. Lalu warnai telapak kaki si bayi dengan cat yang mudah hilang saat menempel di kuilt, misalnya cat akrilik. Kemudian lekas tempelkan pada meja agar membentuk footprint. Lakukan hal yang sama pada anggota keluargamu. Jangan lupa kamu tambahkan informasi waktu pembuatan dan namanya ya. Selain menggunakan meja sebagai media, kamu juga bisa membuat footprint pada clay atau kertas. Dengan cara seperti ini, kenangan masa lahiran tak kan mudah menguap begitu saja. Footprint ini juga bisa menjadi hiasan rumah.

2. Pertumbuhan bayi yang cepat adalah kebahagiaan tersendiri bagi setiap orangtuanya. Jadi bikin saja tanda tinggi badan di tembok rumah agar momen itu tak kan pernah terlupa.

Bikinchar tinggi badan anak untuk kenang-kenangan

Bikinchar tinggi badan anak untuk kenang-kenangan via popmn.org

Anak-anak adalah masa pertumbuhan yang paling pesat. Nah, agar pertumbuhannya terlihan sekalit jelas, buatlah chart tinggi badannya di tembok rumah dari mulau dia kecil. Mungkin 5 bulan atau setahun sekali, suruhlah anakmu untuk berdiri di salah satu spot  rumah. Tandai dengan spidol setiap kali tinggi badannya bertambah. Dan jangan lupa tulis bulan dan tahunnya ya. Jika dia sudah besar nanti, chart ini pasti bikin kamu heran betapa bayimu cepat tumbuh besar. Selain itu, dia pasti juga bisa teringat masa kecilnya dulu.

3. Agar momen kelahiran dan wujud bayi saat keluar tak terlupakan, buat potret foto bayi yang informatif dengan tambahan beberapa properti.

Foto bayi yang unik untuk kenang-kenangan

Foto bayi yang unik untuk kenang-kenangan via www.pinterest.com

Advertisement

Foto adalah satu cara paling praktis untuk menyimpan ingaatan, tak terkecuali saat buah hatimu lahir ke dunia. Sebelumnya, Hipwee pernah memberikan beberapa pose bayi unik di sini. Tak hanya itu, foto kenangan bayi kesayangan justru bisa makin informatif jika kamu menambahkan beberapa properti.

Tambahkan penggaris dan beri kode tinggi badannya. Letakkan kalender dan jam weker yang sudah di set tepat saat bayi keluar dari rahim. Barbel sebagai penunjuk berat badannya. Selain itu jangan lupa tulisan nama buah hatimu di bagian bawah. Dengan potret seperti ini, kamu tak kan pernah lupa kapan dia lahir. Menarik ‘kan?

4. Tak hanya telapak kaki saja yang bisa dibikin pajangan, telapak tanggannya yang halus dan mungil bisa juga dibuat kenangan dan dramatis.

Hand print untuk menyimpan kenangan bayi

Hand print untuk menyimpan kenangan bayi via memoriesinclayshop.com

Selain membuat cetakan telapak kaki, hiasan atau pajangan kenangan bayi juga bisa dibuat dari telapak tangan. Selain membuatnya pada kayu, media kertas, clay, batu atau keramik juga bisa jadi pilihan. Gunakan cat yang aman untuk membuat cap pada keramik. Namun, pastikan kamu buat pola cetakan dari tanganmu dan pasanganmu dulu ya. Pastikan kamu membuatnya dengan sedikit tekanan. Lalu tumpuk cap tangan buah hatimu dengan warna cat yang berbeda. Jangan lupa pula tulis nama kalian dan tahun pembuatan. Pajang sebagai hiasan, maka kenangan masa kecil tak kan terlupakan.

5. Jantung yang berdetak adalah hadiah dari Tuhan kalau buah hatimu selamat. Sebagai rasa syukur, gak ada salahnya kamu buat lukisan dari hasil pemeriksaan rumah sakit.

Detak jantung bayi dijadikan kenang-kenangan

Detak jantung bayi dijadikan kenang-kenangan via www.etsy.com

Kamu ingin membuat kenang-kenangan yang unik atas bayi kecilmu yang sudah lahir? Bikin saja pajangan atau gambar detak jantung si kecil saat sudah lahir. Grafik hasil pemeriksaan electrocardiography yang tertera di layar rumah sakit bisa kamu jiplak jadi lukisan. Selain itu, tambahkan pula beberap gambar USG dalam satu figura. Lalu berikan kata-kata mutiara dan ucapan syukur. Selain bikin rumahmu jadi terlihat lebih unik, hiasan seperti ini juga bisa menyimpan kenangan bayi yang kamu cintai.

6. Bagi sebagian orang, tato dibuat sebagai bentuk cinta pada orang-orang terdekat. Namun, tak melulu dalam pola nama atau istilah, tapak kaki sang buah hati justru lebih menarik.

Tato bayi untuk kenang-kenangan

Tato bayi untuk kenang-kenangan via www.tattooshunt.com

Kamu suka bikin tato? Tak melulu menggunakan bunga, naga, atau lainnya sebagi pola gambar. Tapak kaki bayi kecilmu juga bisa menjadi pola yang menarik lho. Tempelkan telapak kaki bayi pada punggung atau bagian yang kamu pilih, lalu buat pola kasar. Kamu bisa membuat sepasang tato kaki atau satu saja. Setelah itu, barulah bikin pola detailnya. Jika pecinta tato lain sering membuat tato dari nama orang kesayangan, bentuk seperti ini justru lebih unik.

7. Video dokumenter sejak masih bayi hingga remaja bisa jadi hadiah istimewa buat buah hati tercinta dan masa tuamu kelak.

Membuat kenang-kenangan besama anak tercinta itu bisa menggunakan berbagai cara kok. Selain menggunakan foto, kamu juga bisa gunakan rekaman video. Buatlah video dokumenter si kecil sejak masih bayi hingga remaja nanti. Setiap satu, dua bulan atau setahun sekali buat rekaman di tempat yang sama. Kalau kalian hidup berpindah-pindah, gunakan saja latar putih agar mudah dibuat dimana saja. Hingga usia tertentu, gabungkan semua video rekaman jadi satu film seperti pada video diatas. Lalu jadikan ini sebagai hadiah ulangtahunya kelak. Dijamin si kecil nanti pasti akan terharu dan bangga mendapat hadiah seindah ini. Menarik ‘kan?

Anak adalah titipan Tuhan yang sudah selayaknya kamu jaga dan disyukuri karena telah memberikan warna yang berbeda. Tak hanya menyimpan foto studio saja, 7 kenang-kenangan ini justru bisa membuat kenangan melahirkan anak jadi lebih berkesan.
Selamat mencoba.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya